Anda ingin Sukses dalam Karir, Tindakan Berbeda jawabannya

anda ingin sukses dalam karir, lakukan hal berbedaSukses dalam karir tentunya impian bagi setiap profesional.  Kompensasi dan Benefit yang diatas rata-rata, posisi dan jabatan strategis, wewenang yang tinggi adalah salah satu dari impian yang ingin diraih seorang profesional ketika berkarir.  Career Path Anda tentunya hanya Anda seorang yang dapat menentukan dan membangunnya.  Terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi, seperti kesempatan, perubahan organisasi, atasan atau regulasi bisnis, namun kompetensi (kemampuan dan pengetahuan) Anda menjadi faktor utama bagi pengembangan karir.

Seorang yang sukses dalam karir profesionalnya selalu berlaku berbeda dengan kebanyakan orang.  Cara pikir, sudut pandang bahkan cara bertindak dan tingkah lakunya selalu mempunyai model yang identik dan berlainan dengan cara umum.  Melihat banyaknya cerita sukses tersebut, dikutip dari entrepreneur.com, berikut ini adalah cara Anda menggapai sukses melalui tindakan yang berbeda.

1.  Hindari Strategi Sempurna

Jangan terjebak dengan kesempurnaan, baik strategi sempurna, proses sempurna ataupun hasil sempurna.  Tidak ada waktu yang tepat untuk membangun performa, yang ada hanyalah segera bertindak dan lakukan apa yang harus Anda lakukan saat ini juga.  Jangan menunggu kesempurnaan, karena akan menghabiskan tenaga dan waktu Anda.  Strategi tidak ada yang sempurna, begitu Anda membuat langkah pertama, maka wujudkan segera dengan tindakan nyata.  Sambil berjalan Anda akan menemukan banyak perubahan dan perbaikan.

2.  Hentikan melihat Masalah, fokus pada Peluang

Masalah akan selalu timbul dan berulang, sehingga tidak selayaknya Anda menyiksa diri sendiri dengan pikiran negatif dan mencegah pencapaian sukses.  Jadikan masalah sebagai tantangan menggapai keberhasilan, meski terkadang sulit menemukan peluang, namun usaha keras Anda akan berbuah hasil positif dalam masalah tersulit sekalipun.

3.  Kurangi Informasi Berlebih

Informasi adalah dasar tindakan Anda menyelesaikan masalah.  Namun dengan jumlah informasi yang berlebihan, pikiran Anda akan mengambang dan bingung memutuskan tindakan apa yang harus dilakukan.  Informasi yang berlebihan hanya membuat Anda terjebak dengan analisa yang disebut dengan Paralisis Analisis.  Tidak ada yang lebih kuat daripada bertindak dan melangkah.

4.  Kurangi Hiburan dan Kesenangan

Menikmati pencapaian dengan sebuah hiburan memang cukup menyegarkan pikiran Anda.  Banyak orang menghabiskan waktunya dengan kesenangan dan melupakan tujuan jangka panjangnya.  Cobalah Anda lebih menggunakan waktu untuk pengembangan diri, seperti membaca, mengikuti seminar, pelatihan dan lainnya. Nikmati kesenangan Anda dengan mengisi waktu pada kegiatan edukatif dan produktif.

5.  Hindari pencapaian Jangka Pendek

Meski prestasi jangka pendek cukup penting diraih, karena dapat membangkitkan semangat dan antusias Anda meraih impian, namun berfokus hanya pada pencapaian jangka pendek akan melupakan visi misi masa depan Anda.  Mengejar gaji besar mungkin penting, namun mengakhiri karir sebagai top manajemen jauh lebih bernilai bagi karir Anda.  Anda harus berfokus pada membangun fundamental masa depan yang kokoh, sehingga mengurangi daya tarik Anda terhadap pencapaian instan.

Leave a Reply