Anda ingin menjadi Pribadi yang Lebih Percaya Diri, inilah caranya

cara untuk lebih percaya diriAnda tidak perlu menjalani terapi bertahun-tahun untuk belajar percaya diri maupun meningkatkan harga diri. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengubah pola pikir Anda, sebagaimana dilansir dari inc.com.

Bagi kebanyakan orang, Percaya Diri (Confidence) adalah sebuah hal yang krusial untuk memperoleh kesuksesan.  Tanpa rasa percaya diri yang baik, sulit rasanya Anda menggunakan dan memberdayakan talenta dan kekuatan yang dimiliki.  Rasa percaya diri yang kurang akan membuat Anda menahan diri tidak berbicara, akan mencegah Anda tampil dimuka umum, dan membuat bisnis hanya dalam mimpi atau angan-angan.  Bagaimanapun Anda dapat memperbaikinya untuk tampil dengan rasa percaya diri lebih tinggi.

1.  Perhatikan Anda Berbicara Diri Sendiri

Cobalah bicara pada diri sendiri,  seperti dimuka cermin atau tengah merenung sendiri.  Anda dapat memperbaiki percaya diri dengan belajar berbicara pada diri sendiri.  Seolah tengah berkomunikasi dengan orang lain, berbicara pada diri sendiri akan mengajari Anda menjadi pribadi yang lebih siap menghadapi berbagai kemungkinan, dan itulah bagian dari percaya diri.

2.  Hindari Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Percaya diri adalah cerminan diri Anda, bukan orang lain.  Sehingga jangan pernah sekalipun Anda membandingkan diri dengan orang lain dalam memperbaiki kualitas hidup.  Setiap pribadi adalah unik dan mempunyai kapasitas masing-masing yang berbeda pula.  Ketika Anda mulai membandingkan diri dengan orang lain, disitulah Anda akan berhenti menambah rasa percaya diri.

3.  Pahami Apa yang Anda Inginkan

Meningkatkan percaya diri dimulai dengan tahu apa yang Anda inginkan.  Ketika Anda ingin menjadi seorang penulis handal, maka Anda akan belajar menulis yang baik dan benar, bukan belajar melukis atau menyanyi.  Seperti ungkapan dari Stephen Covey, “jika tangga yang Anda naiki tidak mengarah pada tembok yang benar, maka langkah-langkah Anda hanya mempercepat pada tempat yang salah”.

4.  Ketahui Kekuatan Anda

Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekuatan, dan dengan modal tersebut mereka akan mampu mengejar sukses dan tujuan. Carilah kekuatan dan kelebihan yang Anda miliki, Apakah kemampuan terbaik Anda? Apakah Potensi terbaik Anda?.  Kelola fokus Anda pada hal-hal terbaik yang Anda miliki bukan pada hal-hal yang Anda inginkan kuasai.

5.  Eliminasi Pikiran “Jika”

Kata-kata jika, dapat membuat Anda goyah akan keyakinan. Kata-kata jika berkorelasi dengan kegagalan, kemungkinan terburuk, dan ketakutan menerima dampaknya.  Jika Anda terbiasa berkata dalam pikiran, “Bagaimana Jika…” segeralah mengubah cara pandang Anda dengan ungkapan “Saya akan melakukannya..”.

6.  Lupakan Menjadi Sempurna

Kebanyakan orang ingin selalu mengerjakan sesuatu hal dengan cara yang benar dan tepat, sehingga hal ini pula yang menyebabkan banyak orang tidak mau memulai melakukan sesuatu karena “takut salah”.  Mereka bingung harus memulai dari mana, dengan cara pendekatan seperti apa, dan akhirnya mereka tidak melakukan tindakan apapun untuk memulai.  Jangan pernah berpikir akan kesempurnaan dalam bertindak, namun lakukanlah perbaikan manakala terjadi kekurangan dan ketidaksempurnaan.

7.  Berbicaralah

Rasa percaya diri dimulai dengan keberanian Anda mengungkapkan isi hati dan buah pemikiran.  Maka bicaralah, ucapkan apa yang terlintas dalam pikiran Anda, meski bukan sebuah ide yang brilian, namun hal tersebut sangat berarti dalam mengembangkan rasa percaya diri.  Anda jangan berpikiran bahwa tidak ada orang yang akan mendengarkan, namun yakinlah bahwa akan ada orang yang mau mendengarkan.  Ketertarikan orang lebih kepada rasa percaya diri Anda dalam mengungkapkan ide dan masukan.  Maka, Bicaralah, meski hanya sebuah ide sederhana.

8.  Jadilah Pribadi Tangguh

Jadilah pribadi yang tahan banting, dalam artian Anda tidak cengeng menghadapi situasi dan kondisi apapun.  Jangan takut dengan efek yang Anda dapatkan manakala mengambil sebuah keputusan.  Jika pada akhirnya keputusan Anda adalah salah, maka ada manfaat yang dapat diambil yakni “pengalaman” dan “pelajaran” untuk bertindak dengan cara yang berbeda hingga berhasil.

Leave a Reply