Analisis SWOT yang sangat berguna bagi Perusahaan Anda

Analisis SWOT adalah salah satu alat diagnostik yang paling umum digunakan dalam bisnis. Analisis SWOT merupakan turunan dalam Manajemen Strategis.  Empat Perspektif sederhana memberikan kerangka yang mudah diikuti, namun Tools ini sangat sering disalahpahami. 

Analisis SWOT adalah metode Perencanaan Strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengthsweaknessesopportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor Internal dan Eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Analisis SWOTdapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah

  • Bagaimana Kekuatan (strengths) mampu mengambil Keuntungan (advantage) dari Peluang (opportunities) yang ada.
  • Bagaimana cara mengatasi Kelemahan (weaknesses) yang mencegah Keuntungan (advantage) dari Peluang (opportunities) yang ada.
  • Selanjutnya bagaimana Kekuatan (strengths) mampu menghadapi Ancaman (threats) yang ada.
  • Dan yang terakhir adalah bagimana caranya mengatasi Kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat Ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

RapidBI mendeskripsikan 2 singkatan dalam identifikasi faktor-faktor Analisis SWOT:

  • PRIMO-F untuk Strengths and WeaknessesPeople – Manusia, Resources – Sumber Daya, Innovation/Ideas – Inovasi, Marketing – Pemasaran, Operations – Operasional, and Finance – Keuangan
  • PESTLE untuk Opportunities and ThreatsPolitical – Politik, Economic – Ekonomi, Social – Sosial, Technological – Teknologi, Legal – Hukum, and Environmental – Lingkungan

SWOT7 Aturan Sederhana Keberhasilan Analisis SWOT

  • Realistis tentang Kekuatan dan Kelemahan Organisasi Anda
  • Analisis harus membedakan antara Organisasi Anda hari ini, dan propsek di masa depan.
  • Spesifik. Hindari daerah abu-abu/tengah-tengah
  • Selalu menganalisis keterkaitannya dengan Kompetisi yaitu apakah Lebih Baik (Better) atau Lebih Buruk (Worse) daripada kompetitor
  • Buatlah SWOT secara Singkat dan Sederhana – Singkat dan Sederhana untuk Aplikasi atau Situasi – ini adalah tentang ‘Penyesuaian Tujuan’.  Hindari Kompleksitas yang tidak perlu dan Analisa berlebih (Over Analysis)
  • Cukup sedikit daftar Peluang (Opportunities) jika kompetitor memiliki hal yang sama
  • Cukup sedikit pula daftar Kekuatan (Strength) jikalau kompetitor Anda juga memilikinya 

5 kesalahan Utama Analisis SWOT:

  1. Tujuan tidak jelas
  2. Fokus yang terlalu sempit
  3. Mengabaikan masukan lainnya
  4. Melakukan analisis hanya sekali
  5. Ketergantungan pada SWOT Strategi Holistik Diagnostik

Ringkasan Analisis SWOT

Tetapkan Analisis SWOT Anda Singkat dan Fokus.  Jika terlalu bertele-tele, Anda akan segera lupa poin-poin penting dan Analisis SWOT ini akan menjadi kurang efektif dalam jangka panjang.

Strengths – Kekuatan “SWOT” Terbaik

Ketika mempertimbangkan kekuatan SWOT Anda, adalah terlalu mudah untuk memberi selamat kepada diri sendiri dan mengidentifikasi apa yang membuat Anda hebat.  Sebaliknya, pertimbangkan dan pikirkanlah apa yang kira-kira pelanggan Anda pikir tentang kekuatan Anda.  Itulah cara mencari Your Strengths. 

Weaknesess – Sedikit Kelemahan

Setelah menulis daftar panjang SWOT berdasarkan Kekuatan Anda, adalah hal yang sangat mudah pula untuk menjadi sedikit lupa akan Kelemahan Anda, tentunya ini didasari tanpa adanya pandangan kritis.  Alhasil, Anda akan menghitung jumlah SWOT berdasarkan Kekuatan, dan menulis dua kali lebih banyak Kelemahan.  Hal ini memaksa Anda untuk menggali lebih dalam melihat wilayah yang perlu anda perbaiki (Improve).

Opportunities – Peluang

Mempertimbangkan Analisis SWOT berdasarkan Peluang, Anda hanya bermain-main dengan Tuhan terhadap masa depan. Ini semua terlalu mudah untuk melihat peluang dengan kacamata berwarna mawar dan memperkirakan peluang yang tidak benar-benar ada. Sebaliknya, cobalah melihat peluang yang tersedia untuk Anda hari ini.

Threats – Ancaman

Sekali lagi, seperti dengan SWOT Kelemahan, ketika Anda mempertimbangkan SWOT Ancaman, Anda harus berhati dingin melihat hal-hal yang mungkin diabaikan.

Kesimpulan

SWOT adalah perangkat berharga jika di tangan yang tepat dan dengan usaha yang tepat dapat memberikan wawasan berharga untuk Strategi Masa Kini dan Masa Depan.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan bahwa hasil analisis SWOT hanya salah satu alat dari berbagai Metode Analisis yang dapat dipergunakan bersama untuk menciptakan Analisis yang lebih Realistis bagi Organisasi Anda.

ikhtisar.com

Leave a Reply