8 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuatmu Miskin

8 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuatmu Miskin

8 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuatmu Miskin

Ikhtisar.com – Selama ini Anda mungkin tidak sadar untuk apa saja uang yang Anda miliki dipergunakan. Terkadang Anda pun tidak menyadari telah menghabiskan uang tersebut untuk sesuatu yang bukan menjadi kebutuhan utama Anda. Di samping itu, ternyata beberapa kebiasaan buruk yang Anda lakukan bisa menjadi penyebab Anda menghabiskan penghasilan yang telah diperoleh selama ini.

Seperti yang dilansir dari laman Lifehacks.org terdapat 8 kebiasaan buruk yang bisa membuat Anda miskin meskipun Anda berpenghasilan cukup. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Belanja Lebih Besar Dari Penghasilan

Jika Anda merasa mampu untuk meningkatkan taraf hidup Anda maka lakukanlah hal tersebut. Akan tetapi ketika Anda mengeluarkan banyak uang melebihi penghasilan yang Anda peroleh, Anda akan berada dalam posisi yang tidak baik dan bisa membuat Anda miskin.

  1. Terlalu Fokus Pada Masa Kini dan Tidak Mempedulikan Masa Depan

Kebanyakan dari Anda terlalu fokus pada masa sekarang dalam hal pemenuhan kebutuhan dan keinginan Anda tanpa peduli dengan pengeluaran mendesak yang mungkin terjadi di masa mendatang.

  1. Berpikir Sekarang Merupakan Waktu yang Terlalu Dini Untuk Menabung

Anda berpikir bahwa selagi masih muda maka itulah kesempatan bagi Anda untuk membeli berbagai macam barang yang diinginkan menggunakan uang yang Anda miliki. Oleh sebab itu, Anda tidak sempat memiliki keinginan untuk menabung. Selain itu, Anda pun berpendapat jika sekarang adalah waktu yang masih terlalu diri bagi diri Anda untuk menabung.

  1. Tidak Mencatat Pengeluaran

Uang yang dikeluarkan untuk membeli kebutuhan Anda dan keperluan lainnya tidak dicatat dengan baik. Anda mengabaikan pengeluaran-pengeluaran kecil yang bisa jadi menghabiskan lebih banyak uang dibandingkan pengeluaran-pengeluaran besar.

  1. Tidak Membuat Anggaran

Anda tidak membuat anggaran atau budget yang ingin Anda keluarkan untuk membeli berbagai macam kebutuhan.

  1. Mengabaikan Hutang

Prioritas untuk membayar hutang tidak segera Anda realisasikan dan bahkan Anda memilih untuk mengabaikan hutang yang Anda miliki.

  1. Terus Menerus Membeli Barang Elektronik Baru

Dengan banyaknya barang eletronik baru yang bermunculan di pasaran, membuat Anda terus menerus membeli barang-barang eletronik baru tersebut.

  1. Tidak Memiliki Skala Prioritas

Jika Anda tidak memiliki skala prioritas maka Anda akan menghabiskan penghasilan yang Anda peroleh tanpa mengetahui tujuannya. Dengan kata lain, Anda akan mengeluarkan banyak uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Karena itulah ketika Anda membeli barang pastikan tujuannya jelas dan tercatat dengan rapi.

Demikianlah 8 kebiasaan buruk yang bisa membuat Anda miskin. Dengan mengetahui 8 kebiasaan buruk tersebut diharapkan Anda dapat menghindarinya mulai dari saat ini. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat.

Leave a Reply