8 Hal Yang Salah Saat Berusaha Meningkatkan Produktivitas

8 Hal yang Salah saat dalam Meningkatkan Produktivitas
8 Hal yang Salah saat dalam Meningkatkan Produktivitas

Ikhtisar.com – Banyak orang yang sadar bahwa mereka harus mengelola waktu dengan lebih efektif dalam bekerja. Tetapi terkadang mereka tidak mampu untuk mengidentifikasikan kesalahan yang sering terjadi dan tidak paham bagaimana cara untuk memperbaikinya. Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang sering terjadi saat berusaha meningkatkan produktivitas, antara lain :

1.  Gagal dalam melakukan rencana kerja

Mungkin anda pernah memiliki perasaan yang mengganggu karena lupa untuk melakukan bagian terpenting dari pekerjaan, karena mungkin tidak menggunakan rencana kerja untuk bekerja dan mengatur waktu anda. Rencana kerja akan akan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan dengan prioritas tertinggi sampai dengan terendah.

2.  Tidak mempunyai tujuan pribadi

Apabila anda tidak memiliki tujuan pribadi dalam pekerjaan, maka hal itu hanya menghabiskan waktu. Menentukan tujuan pribadi akan membantu untuk mengelola waktu lebih baik, memberikan arah dan juga tujuan yang jelas. Anda akan memgetahui cara mengelola prioritas, sumber daya dan waktu.

3.  Tidak mempunyai prioritas

Mungkin cukup sulit untuk mencari prioritas di dalam pekerjaan anda, dimana harus berhadapan dengan banyak pilihan. Bagaimanapun sebisa mungkin harus mempunyai prioritas di dalam pekerjaan, sehingga waktu yang anda miliki akan lebih efektif dan efisien.

4.  Gagal dalam mengelola gangguan

Gangguan tidak akan dapat dihindari, pasti terjadi dan pasti akan datang pada anda. Cara untuk menghadapinya yang dapat mempertahankan produktivitas dan deadline kerja. Oleh karena itu gangguan kecil atau besar, tetap menjadi suatu halangan yang perlu disikapi dengan lebih bijak.

5.  Terlalu berlebihan dalam pekerjaan

Semakin banyak pekerjaan yang ditangani tidak berarti akan mempunyai produktivitas yang lebih tinggi, sebaliknya anda akan merasa lebih stress, moral jatuh dan performa menjadi buruk. Belajarlah bersikap asertif terhadap orang lain, sehingga prioritas anda akan tercapai tanpa menyinggung perasaan orang lain.

6.  Multitasking

Pada saat anda menghadapi konsumen, maka pekerjaan pnggilan telepon dapat ditunda terlebih dahulu. Cobalah lebih fokus pada pekerjaan satu per satu dan lakukanlah dengan usaha yang terbaik. Kualitas kerja akan jauh lebih baik bila anda mampu melakukannya setahap demi setahap.

7.  Jadwal tidak efektif

Anda perlu mengetahui kapan waktu kerja yang paling efektif dan produktif, karena setiap orang mempunyai ritme kerja tertentu dan waktu yang sangat penuh energi dan gairah untuk kerja.

8.  Terlalu berpikiran besar

Berpikir tentang gambar yang besar hanya akan menambah kekhawatiran anda. Sebaiknya hal tersebut disimpan pada saat tidak bekerja. Anda harus berhati-hati, jangan sampai terlalu banyak berpikir dan tidur menjadi terganggu.

Itulah beberapa hal yang salah dalam meningkatkan produktivitas. Ketika berhasil mengidentifikasikan waktu yang telah terbuang percuma dan manajemen waktu yang salah, maka anda akan mampu untuk mencurahkan waktu pada pekerjaan yang lebih menantang dan mempersiapkan jalan karir dengan lebih jelas.

Leave a Reply