Inilah 8 Elemen Total Quality Management yang penting bagi perusahaan Anda – bag. 1

Inilah 8 Elemen Total Quality Management yang penting bagi Perusahaan Anda

Inilah 8 Elemen Total Quality Management yang penting bagi Perusahaan Anda

Total Quality Management adalah pendekatan manajemen yang sudah ada sejak tahun 1950-an dan makin populer pada tahun 1980-an. TQM adalah manifestasi dari Budaya (culture), Perilaku (attitude) dan Organisasi (organization) sebuah perusahaan dalam melayani pelanggan berupa Produk dan Jasa sehingga dapat memenuhi Kebutuhan mereka. Budaya Perusahaan sangat membutuhkan Kualitas disegala aspek Operasional, Proses yang dilakukan secara Benar, dan Cacat Produksi serta Limbah yang dieliminasi dari Sistem Operasional. TQM merupakan usaha yang terintegrasi dalam peningkatan Performa Kualitas disegala Level Organisasi. Untuk berhasil dalam implementasi TQM, maka diperlukan 8 kunci utama yang harus menjadi konsentrasi sebuah organisasi, yakni:

  1. Ethics – Etika (Norma)
  2. Integrity – Integritas (Kejujuran)
  3. Trust – Kepercayan
  4. Training – Pelatihan
  5. Teamwork – Kerjasama Tim
  6. Leadership – Kepemimpinan
  7. Recognition – Pengakuan
  8. Communication – Komunikasi

Elemen Kunci (Key Elements) TQM sudah dideskripsikan sebagai sebuah Filosofi dari Kualitas sebagai pendorong bagi Inisiatif-inisiatif Kepemimpinan (Leaderships), Perancangan (Design), Perencanaan (Planning), dan Perbaikan (Improvement). Elemen-elemen TQM tersebut dapat dikelompokan dalam 4 grup yakni:

I. Foundation (Pondasi) – Ethics, Integrity, Trust

II. Building Bricks (Tembok Bangunan) – Training, Teamwork, Leadeships

III. Binding Mortar (Semen Pengikat) – Communication

IV. Roof (Atap) – Recognation

Lebih lanjut akan dibahas tuntas satu per satu faktor utama Total Quality Management sebagai suatu Program Komprehensif yang tak terpisahkan dalam mencapai tujuan akhir yaitu Kepuasaan dan Loyalitas Pelanggan terhadap sebuah Produk dan Jasa yang berbasiskan Kualitas. TQM merupakan Bangunan yang terdiri dari Pilar-pilar Utama untuk berdiri Tegak dan Kokoh.

 I.                    Foundation (Pondasi)

TQM dibangun berlandaskan (Foundation) pada Etika (Ethics), Kejujuran (Integrity), dan Kepercayaan (Trust).  Ini akan menumbuhkan Keterbukaan (Openess), Keadilan (Fairness) dan Ketulusan (Sincerity) dan memungkinkan keterlibatan semua orang. Ini adalah kunci untuk membuka potensi utama TQM. Ketiga Elemen tersebut bergerak bersama dan masing-masing memberikan sesuatu yang berbeda pada Konsep TQM. 

Etika (Ethics), adalah disiplin yang berkaitan dengan Hal Baik dan Hal Buruk dalam situasi apapun. Ini menjadi etika organisasi dan individu. Etika organisasi membentuk satu kode etik bisnis yang mencantumkan pedoman bahwa semua karyawan harus patuh dalam kinerja mereka. Etika individu termasuk hak pribadi atau kesalahan. 

Integritas (Integrity), Integritas berarti Kejujuran, Moral, Nilai, Keadilan, dan Kepatuhan terhadap Fakta dan Ketulusan. Integrity merupakan Karakteristik dari apa yang pelanggan (internal atau eksternal) harapkan dan layak diterima. Orang melihat kebalikan Integritas adalah Kepalsuan. TQM tidak akan bekerja pada orang dan suasana bermuka dua. 

Kepercayaan (Trust), Kepercayaan adalah produk dari Integritas dan perilaku Etis. Tanpa Kepercayaan, kerangka TQM tidak bisa dibangun. Kepercayaan mendorong partisipasi penuh dari semua anggota. Hal ini memungkinkan adanya Kebanggaan dan Komitmen. Kepercayaan membangun Keputusan Tepat, mendorong Pengambilan resiko individu dalam rangka Perbaikan Berkesinambungan (Continuous Improvement) dan membantu Pengukuran yang terpusat pada Perbaikan Proses dan tidak untuk bersaing dengan orang lain. Kepercayaan hal penting untuk memastikan Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction).

Comments
  1. Ruslan | Reply

Leave a Reply