8 Ciri Agar Menjadi Karyawan Berkualitas di Kantor

8 Ciri Karyawan Berkualitas Di Kantor

8 Ciri Karyawan Berkualitas Di Kantor

Ikhtisar.com ā€“ Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi karyawan yang memiliki kualitas tinggi di sebuah perusahaan. Cara-cara tersebut terbilang mudah dilakukan dan tentunya akan memberikan pengaruh yang baik. Sebab ada beberapa karyawan yang melakukan cara kurang baik untuk menarik perhatian atasan dan sesama rekan kerja lainnya.

Hal yang paling penting agar bisa menjadi karyawan yang berkualitas di perusahaan adalah menjalankan seluruh tugas yang diberikan dengan sebaik mungkin dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas tersebut. Di samping itu, karyawan yang berkualitas memiliki sikap pribadi dan kemampuan bersosialisasi yang baik.

Terdapat 8 ciri karyawan berkualitas di tempat kerja seperti yang dilansir dari laman Career Realism diulas berikut ini.

  1. Menjalankan Tugas Dengan Baik

Karyawan yang berkualitas bisa memahami tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan dari atasannya di perusahaan. Karyawan berkualitas juga bersaing secara sehat, terbukti dengan hasil kerjanya yang maksimal. Hal lain yang perlu diperhatikan oleh karyawan berkualitas adalah senantiasa belajar dan mengembangkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Produktif

Ciri karyawan berkualitas adalah karyawan yang bisa mengatur waktu dengan baik terkait dengan pekerjaannya dan tidak pernah menunda pekerjaannya terutama pekerjaan yang melibatkan orang lain. Sebab pekerjaan yang tertunda akan berpengaruh negatif pada pekerjaan orang lain.

  1. Berorientasi Pada Target

Karyawan berkualitas selalu berorientasi pada target dan bekerja secara optimal sehingga bisa memperoleh hasil yang baik. Apapun yang menjadi beban kerja akan diselesaikan sebaik mungkin, bukannya berkeluh kesah dan menghindar ketika ditanya progres.

  1. Bermotivasi Tinggi

Ciri lain dari karyawan berkualitas yaitu memiliki motivasi yang tinggi dalam bekerja. Laju pekerjaan yang ditentukan olehnya menjadi panutan bagi karyawan yang lain. Selain itu, dengan melakukan pekerjaan secara maksimal maka atasan dan rekan kerja akan menghargainya. Oleh sebab itu, berikanlah yang terbaik pada perusahaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

  1. Sabar dan Bekerja Keras

Memiliki kesabaran dan selalu bekerja keras merupakan ciri-ciri karyawan berkualitas yang dapat membuat dirinya dipercaya untuk melakukan tugas-tugas penting. Sabar dan bekerja keras merupakan bentuk lain dari pantang menyerah sebelum selesai.

  1. Fokus Pada Detail

Karyawan berkualitas selalu berusaha memastikan segala pekerjaannya dilakukan dengan maksimal tanpa mengabaikan hal-hal sekecil apapun.

  1. Berpikir dan Bertindak Positif

Seorang karyawan yang berkualitas senantiasa berpikir dan bertindak positif terhadap segala hal yang dilakukannya seperti misalnya ketika mengambil inisiatif, memberikan saran, dan menyelesaikan pekerjaan.

  1. Menjaga Hubungan Sosial

Ciri terakhir dari karyawan berkualitas adalah selalu menjaga hubungan sosial dengan baik serta bisa menempatkan diri dan bekerja sama dengan rekan kerja dari divisi lain.

Demikianlah 8 ciri karyawan berkualitas di sebuah perusahaan. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut diharapkan setiap karyawan di perusahaan bisa mulai menerapkannya. Menjadi karyawan yang biasa-biasa saja, Anda akan tetap mendapat gaji dan hak lainnya, namun dengan menjadi karyawan yang lebih dari biasa, maka Anda akan diganjar dengan reward dan apresiasi lain yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya.

Leave a Reply