7 Rahasia Tetap Bugar Meski Sering Lembur

7 Rahasia Tetap Bugar Meski Sering Lembur

7 Rahasia Tetap Bugar Meski Sering Lembur

Ikhtisar.com – Tugas yang menumpuk pasti berkaitan dengan lembur atau pekerjaan yang melewati batas waktu kerja pada umumnya. Lembur juga seringkali terjadi ketika tugas yang dikerjakan mendekati tenggat waktu maupun saat harus melakukan tutup buku di akhir bulan atau akhir tahun. Karena itulah untuk menyelesaikan seluruh tugas tersebut tidak sedikit para karyawan dalam sebuah perusahaan harus mempersiapkan diri mereka untuk terjaga semalaman. Efek dari kerja lembur yaitu mudah mengantuk dan tubuh menjadi lelah. Tidak hanya itu, konsentrasi juga akan berkurang dan bahkan bisa menyebabkan sakit.

Seperti yang dilansir dari laman BBC, berikut 7 cara yang bisa dilakukan oleh para karyawan supaya kesehatan mereka tetap terjaga meskipun harus kerja lembur semalaman.

  1. Cicil Tidur

Waktu istirahat akan berkurang sangat banyak jika para karyawan harus lembur semalaman dan karenanya bisa mengakibatkan mereka mudah mengantuk. Untuk mengatasinya mereka harus menyicil tidur yakni dengan menjaga waktu istirahat beberapa hari sebelum melakukan kerja lembur. Manfaatkanlah waktu istirahat tersebut selama kurang lebih tujuh jam dalam sehari.

  1. Asupan Bergizi

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat terapkanlah pola makan yang baik, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, agar tidak mudah mengantuk hindari mengonsumsi makanan berkarbohidrat.

  1. Lampung Terang

Para pekerja lembur harus memastikan ruangan kerja mereka selalu dalam keadaan terang. Hal tersebut dikarenakan ruangan yang redup akan membuat mereka merasa ingin cepat tidur. Di samping itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa cahaya lampu kekuningan juga dapat menjadikan mereka lebih mudah mengantuk. Karenanya hindarilah penggunaan lampu warna kuning dalam ruangan kerja.

  1. Daftar Tugas

Kemampuan kognitif manusia menjadi berkurang saat malam hari. Oleh sebab itu, ketika sedang lembur selesaikan terlebih dahulu pekerjaan yang mengharuskan berpikir dan berhubungan dengan hitungan.

  1. Minum Kopi

Kebanyakan para karyawan yang lembur ataupun tidak lembur, mengonsumsi kopi merupakan andalan mereka supaya tidak cepat mengantuk. Namun ada baiknya untuk tidak sering mengonsumsinya sebab bisa menyebabkan munculnya penyakit maag.

  1. Ruangan Hangat

Suhu tubuh akan menurun saat dini hari. Pastikan ketika lembur, ruangan kerja selalu hangat agar tubuh tetap hangat dan nantinya tidak mudah sakit.

  1. Tidur Pagi

Setelah tugas lembur selesai dikerjakan, lekaslah tidur meskipun dalam waktu yang sebentar supaya tubuh kembali bugar dan sehat pada hari berikutnya.

Itulah 7 cara yang bisa dilakukan agar kesehatan tetap terjaga meskipun diharuskan kerja lembur. Sebagai pekerja profesional ada baiknya untuk mengatasi dan menyelesaikan semua pekerjaan di perusahaan dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu, menjaga kesehatan sangat penting bagi para karyawan. Tubuh yang sehat dan bugar akan menunjang performa dan prestasi, sehingga sebagai profesional Anda tetap produktif dan kontributif, meski sering melakukan kerja overtime dalam waktu-waktu tertentu.

Leave a Reply