7 Prinsip Penting dalam Total Quality Management bagi Perusahaan Anda

Prinsip Penting dalam Total Quality Management
Prinsip Penting dalam Total Quality Management

Total Quality Management adalah pendekatan yang dipergunakan suatu organisasi dalam memperbaiki proses-proses internal dan meningkatkan kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction).  Ketika Total Quality Management diterapkan dengan benar, maka akan memperkecil biaya operasional, meningkatkan kinerja, dan memperbanyak jumlah pelanggan setia dan puas.  Namun perlu Anda pahami bahwa konsep TQM bukanlah peristiwa sesaat yang terjadi begitu saja.  Banyak faktor yang terkait dengan penerapan pada semua level departemen agar TQM menjadi pondasi manajemen perusahaan Anda.  Berikut ini 7 Prinsip Penting dalam Total Quality Management bagi Perusahaan Anda.

1.       Kualitas harus dapat dikelola (Managed)

Banyak perusahaan berkubang dalam siklus berulang Kekacauan dan Keluhan Pelanggan. Mereka percaya bahwa operasi mereka terlalu besar untuk efektif dalam mengelola tingkat kualitas. Langkah pertama dalam proses TQM adalah untuk menyadari adanya Masalah dan hal tersebut dapat dikontrol.

2.       Proses sebagai masalah bukan orang-orangnya

Ketika Anda mendapati masalah sebuhungan proses dan prosedur yang ada, bukan masalah berapa banyak Anda melakukan Perekrutan dan Pelatihan Karyawan Baru.

3.       Jangan Mengobati Gejala, namun temukan Obatnya

Jika Anda hanya menambal atas masalah-masalah yang mendasari dalam proses, Anda tidak akan pernah mampu mencapai potensi Anda.  Ketika, Departemen Marketing tidak mencapai target, Anda mungkin menemukan bahwa itu terjadi karena faktor eksternal seperti vendor, manufaktur, maka segeralah memperbaiki

4.       Tiap orang bertanggung jawab terhadap Kualitas

Setiap lini karyawan sejak level paling bawah sampai pucuk pimpinan harus memahami bahwa mereka memiliki bagian dalam pencapaian Tingkat Tertinggi Kualitas Produk dan Jasa yang ditawarkan.  Tiap orang mempunyai pelanggan untuk dipuaskan dan itu harus dilakukan bertahap dan bertanggung jawab.

5.       Kualitas adalah suatu yang terukur

Total Quality Management akan efektif ketika Anda dapat mendapatkan hasil yang terukur.  Anda perlu melihat sejauh mana proses implementasi berakibat sesuai yang diharapkan.  Hal ini dapat mempermudah penentuan tujuan kedepannya dan setiap lini dapat bekerjasama baik.

6.       Perbaikan Kualitas harus berkelanjutan

Kualitas bukan hal yang selesai ketika hasil sudah didapat, namun merupakan proyek berkesinambungan dan berkelanjutan secara periodik demi kepuasaan dan loyalitas pelanggan.

7.       Kualitas adalah Investasi Jangka Panjang

Total Quality Management merupakan program jangka panjang bukan semata ketika Anda mendapatkan perangkat lunak Quality Mangement System, hal tersebut menjadi selesai.

Total Quality Mangement bukan sistem operasional komputer, bukan pula sistem dan prosedur yang implemented, melainkan Budaya Kerja yang berdaya guna dalam jangka panjang.

Leave a Reply