7 Kualitas Kepemimpinan para Pemimpin Hebat seperti Anda bagi Karir dan Masa Depan

Pemimpin Hebat tentunya memiliki Kualitas Kepemimpinan yang Luar Biasa.  Sebagaimana Kualitas Kepemimpinan menurut John C Maxwell, Anda dapat melihat dan memperhatikan ciri dari seorang pemimpin hebat. Bill Gates, Steve Jobs, JFK dan contoh lainnya Apakah karena mereka terkenal, banyak pengikut, memiliki pengaruh, memiliki kekuasaan atau apapun, mereka merupakan Pemimpin Hebat dalam Bidangnya. Ketika Anda membaca tentang buku-buku Kepemimpinan didapatkan banyak Karakter Seorang Pemimpin Hebat. Namun dari sekian banyak karakter atau kualitas pemimpin yang telah di kaji, ada tujuh kualitas kepemimpinan yang menonjol dan lebih penting dari yang lainnya. Ketujuh Kualitas itu adalah visi, keberanian, integritas, kerendahan hati, perencanaan strategis, fokus dan kerja sama. Sebagaimana dikutip dari Buku Brain Tracy The Seven Leadership Qualities of Great Leaders, berikut Kualitas Kepemimpinan Pemimpin Hebat.

1.      Visi
Pemimpin Hebat mempunyai Visi dan Gambaran Masa Depan yang ingin dicapai. Impian dan Cita-cita yang jauh ke masa datang. Pemimpin Hebat memiliki tujuan yang jelas ingin diraih. Memiliki rencana-rencana strategis, Sederhana, Praktis namun Efektif untuk mencapai Goals yang telah ditetapkan.  Kualitas inilah salah satunya yang membedakan dengan Pemimpin Biasa.

2.      Keberanian
Tidak Takut mengambil Resiko atau Tidak Menghindari Resiko yang mungkin terjadi. Inilah yang disebut dengan Keberaniaan.  Setiap Langkah mungkin dapat menjadi Keputusan yang Salah.  Namun Pemimpin hebat selalu berani dalam mengambil keputusan atau tindakan. Mereka percaya bahwa dalam setiap keputusan atau tindakan yang diambil sekecil apa pun pasti ada resikonya.  Resiko harus dihadapi bukan dihindari.

leader vision3.      Integritas
Integritas adalah Kejujuran. Kejujuran dalam Menjalankan dan Melakukan Aktivitas sesuai Sistem dan Prosedur yang Benar dan Baik.  Pemimpin Hebat berani mengatakan kebenaran kepada semua orang dalam kondisi dan keadaan apapun. Kualitas Sejati inilah yang akan mengantarkan seorang pemimpin meraih kesuksesan dan keberhasilan.

4.      Kerendahan Hati
Pemimpin Hebat adalah orang-orang yang Rendah Hati.  Rendah hati tidak berarti lemah atau tidak percaya diri. Justru mereka memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi. Hanya saja mereka memiliki kesadaran bahwa mereka tidaklah orang yang paling hebat. Mereka juga orang yang berjiwa besar mengakui kesalahan, jika memang mereka berbuat salah.

5.      Perencanaan Strategis
Para pemimpin Hebat selalu memiliki rencana yang masuk akal dan strategis. Di sini mereka mampu melakukan antisipasi secara baik guna mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Mereka tahu betul apa saja yang perlu dilakukan untuk mempermudah tercapainya suatu tujuan.  Rencana Strategis adalah Sederhana dan Implikatif, Mudah Dimengerti dan Dipelajari, Tidak Rumit dan Tidak Teoritis.

6.      Fokus
Para pemimpin Hebat selalu bekerja dengan fokus yang tinggi. Mereka fokus pada hasil akhir yang ingin dicapai, fokus pada kekuatan diri dan tim, serta fokus pada hal-hal yang utama. Hal ini supaya apa yang dikerjakan mencapai hasil yang optimal.  Fokus pada Kekuatan jauh lebih Optimal daripada Mengurangi Kelemahan.

7.      Kerjasama
Pemimpin Hebat adalah orang yang pandai dalam melakukan kerjasama dengan orang lain. Mereka memiliki cara yang tepat dalam merekrut orang-orang potensial untuk masuk dalam timnya. Dan hebatnya lagi orang-orang yang bergabung dengan mereka tidak merasa terpaksa, tapi mereka melakukannya karena kemauan dan dorongan dari dalam diri sendiri.

Itulah tujuh kualitas kepemimpinan para Pemimpin Hebat. Kepemimpinan adalah Pelajaran yang dapat dipahami oleh Anda dan semua orang yang ingin Belajar.  Kepemimpinan Pemimpin Hebat adalah sebuah proses Belajar Tiada Henti.

ikhtisar.com

Leave a Reply