7 Cara Penting Untuk Menjalin Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja

7 Cara Penting Untuk Menjalin Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja

7 Cara Penting Untuk Menjalin Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja

Ikhtisar.com – Menjalin hubungan baik dengan rekan kerja sangat penting. Masalahnya, daripada atasan di kantor, rekan kerja Anda akan lebih banyak memberikan bantuan dan kepadanya Anda dapat berdiskusi tentang masalah-masalah kantor. Dengan terjalinnya hubungan yang baik, situasi kerja juga akan kondusif dan lebih menyenangkan.

Saling membantu

Dalam bekerja, ada kalanya pekerjaan terhambat. Bisa jadi karena kondisi tubuh yang tengah tidak fit atau karena beban pekerjaan yang terlalu banyak sehingga sulit untuk dikerjakan sendiri. Pada saat seperti ini, Anda harus cukup sensitif terhadap kesulitan teman Anda dan menawarkan bantuan. Hal ini akan membangun simpati dan sikap positif dari rekan kerja.

Komunikasi interpersonal yang baik

Komunikasi adalah cara paling tepat untuk menjaga hubungan baik dengan siapapun, termasuk dengan rekan kerja. Oleh karena itu, Anda perlu menjalin komunikasi interpersonal yang baik dengan rekan kerja. Yang perlu diingat adalah masing-masing orang memiliki karakter yang berbeda, dengan begitu gaya komunikasi mereka juga berbeda. Alangkah baiknya apabila Anda meluangkan waktu untuk mengenal karakter rekan kerja Anda, lalu menerapkan komunikasi efektif sesuai dengan karakter tersebut.

Berinisiatif

Anda tidak bisa selalu menunggu rekan kerja Anda yang memulai inisiasi dalam berinteraksi dengan Anda. Bahkan, sejatinya orang lain akan menyukai orang yang mempunyai inisiatif untuk bertindak, daripada secara pasif menunggu. Maka, Anda perlu berinisiatif untuk membantu rekan kerja Anda atau hanya sekadar untuk menyapa dan mengobrol ketika Anda melewati mereka.

Menjalin hubungan informal di luar pekerjaan

Sesekali makan siang bersama tentunya tidak hanya membuat hubungan Anda dengan rekan kerja Anda lebih baik di luar kantor, tetapi juga ketika Anda bekerja bersama. Apabila Anda berhubungan baik di luar pekerjaan, rasa simpatik itu biasanya terbawa hingga dalam suasana kerja. Dengan begitu, suasana kerja juga bisa lebih kondusif dan rekan kerja Anda bisa membantu Anda apabila Anda mengalami kesulitan dalam pekerjaan.

Menjadi pendengar

Siapapun akan menyukai orang yang mau menjadi tempat untuk mencurahkan keluhan atau masalah-masalah yang tengah dihadapi. Tidak hanya untuk urusan kantor, tetapi apabila rekan kerja Anda memiliki urusan pribadi yang membuatnya tertekan, ada baiknya Anda mencoba mendengarkan isi hati mereka. Tentu saja, Anda juga harus memiliki integritas untuk menjadikan keluhan mereka sebagai rahasia pribadi yang tidak diumbar-umbar kepada orang lain.

Jujur dan terbuka

Kejujuran serta keterbukaan dalam kerja sangat penting. Selain untuk melancarkan koordinasi dengan rekan kerja, hal ini akan membuat rekan kerja Anda merasa dihormati. Tentu saja, Anda tidak perlu melaporkan setiap hal kecil yang terjadi, tetapi apabila ada pekerjaan baru dari atasan, ada baiknya Anda mendiskusikannya dengan rekan kerja.

Mengapresiasi kerja rekan Anda

Apakah Anda selalu ingat untuk mengucapkan terima kasih setiap kali selesai mengerjakan tugas dengan rekan kerja Anda? Apakah Anda selalu menyatakan rasa senang Anda dapat terlibat dengan rekan kerja Anda dalam satu proyek? Kalau belum, Anda perlu mulai melakukan hal ini untuk mengapresiasi kerja keras mereka. Tentu rekan kerja Anda akan merasa senang atas apresiasi tersebut.

Leave a Reply