7 Cara mendapatkan manfaat dari Buku Good to Great

7 Cara mendapatkan manfaat dari Buku Good to Great
7 Cara mendapatkan manfaat dari Buku Good to Great

Pemimpin perusahaan selalu ingin memberikan motivasi, inpirasi dan dukungan kepada orang-orang mereka. Sebagaimana termaktub dalam buku Good to Great, James Collins, mengapa beberapa perusahaan mampu mencapai Loncatan Besar sedangkan lainnya tidak, dikarenakan adanya kepemimpinan yang fokus pada komponen inti. Berikut ini adalah Cara Anda mendapatkan Manfaat dari buku Good to Great.

1.  Keringat Usaha (Perspiration)

No Pain No Gain. Kepemimpinan yang besar selalu membutuhkan usaha dan banyak usaha. Dan banyak usaha yang berkisah tentang belajar mengenai: Orang-orang Anda, Operasional, Industri, dan Diri Anda sendiri.  Anda wajib tanpa henti mengejar Pengetahuan apapun, dan siapapun dalam ekosistem bisnis Anda.

2.  Pandangan (Vision)

Pemimpin harus Mengembangkan Visi yang jelas untuk apa bisnis ini dibangun, dan jangan kehilangan kepercayaan didalamnya. Pemimpin yakin dalam hatinya bahwa Anda dan tim dapat mencapai apa pun yang dicita-citakan jika bekerja sama dan saling percaya satu sama lain. Anda mungkin akan menemukan kemunduran, tapi tidak menjadi penghalang. Belajar dari Kegagalan dan tetap Percaya Diri.

3.  Komunikasi (Communication)

Pemimpin besar berkomunikasi dengan Tulus, Sering, dalam berbagai cara yang berbeda untuk setiap orang dalam organisasi. Mereka memberi Informasi, memberikan Umpan Balik, dan Memotivasi secara Cerdas dan Jujur. Pemimpin harus terhubung dengan semua orang dan menumbuhkan cara-cara untuk komunikasi dua arah. Ketika Anda mendengar kata-kata Anda kembali dari karyawan Anda, atau ketika karyawan Anda berbicara di antara mereka menggunakan kata-kata Anda dalam menggambarkan visi dan tujuan, maka Anda tahu bahwa Anda telah membuat dampak.

4.  Kolaborasi (Collaboration)

Pemimpin akan Membentuk tim dan kelompok untuk membangun efektivitas secara maksimum. Mengakui bahwa untuk melakukan pekerjaan terbaiknya sebagian besar karyawan membutuhkan dukungan yang konsisten dan masukan dari rekan kerja, teman, dan manajer. Bila Anda membuat lingkungan semacam ini, Anda akan melihat dampak langsung pada produktivitas dan efektivitas serta moral.

5.  Ketegasan (Decisiveness)

Pemimpin yang efektif adalah yang mampu menentukan ketika dibutuhkan untuk membuat keputusan sulit dengan cepat dan percaya diri. Luangkan waktu Anda untuk menilai situasi yang sulit dan kemudian dengan tenang dan rasional mempertimbangkan pilihan Anda. Segera setelah Anda memiliki informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan, buatlah keputusan. Jangan biarkan rasa takut salah mencegah Anda dari membuat apa yang Anda tahu bahwa hal itu adalah tepat.

6.  Integritas (Integrity)

Penelitian demi penelitian menemukan bahwa kualitas pertama yang karyawan inginkan dari pemimpin mereka adalah memiliki Integritas. Selalu Apa Adanya, Terbuka, Jujur, dan Adil. Memperlakukan orang seperti sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Karyawan Anda akan menghormati dan merespon Anda dalam bentuk yang seharusnya.

7.  Inspirasi (Inspiration)

Ketika terjadi kondisi yang sulit, jadilah orang yang mampu mendatangkan inspirasi. Jangan hanya bicara, namun bertindaklah. Yakinkan karyawan Anda dan bantulah mereka mengatasi keraguan dan kecemasan sendiri. Bentuklah Role Model Positif yang diinginkan terlihat dari karyawan Anda.

Good to Great memberikan banyak manfaat dalam pemberdayaan kepemimpinan Anda. Dengan melakukan hal-hal yang cukup sederhana, Anda akan menjadi pemimpin yang matang.

Leave a Reply