6 Rahasia Hilangkan Mental Menunda dalam Pekerjaan

6 Rahasia Hilangkan Mental Menunda
6 Rahasia Hilangkan Mental Menunda

Ikhtisar.com – Bagi sebagian besar orang, mungkin juga termasuk Anda, kebiasaan menunda merupakan kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Apalagi jika Anda menerapkan kebiasaan menunda tersebut pada pekerjaan Anda. Menunda-nunda pekerjaan akan membuat diri Anda tidak produktif dan hanya membuang waktu Anda yang berharga. Perlu Anda ketahui bahwa sekali Anda menunda pekerjaan maka secara sadar atau tidak sadar Anda akan terus mengulanginya. Ada banyak penyebab seseorang menunda pekerjaannya, seperti misalnya lupa, merasa kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan, atau tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya.

Dari berbagai sumber, terdapat enam cara yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan menunda. Menunda mungkin ada baiknya jika Anda tengah melakukan penelitian yang mendalam, namun pada akhirnya kebiasaan menunda harus segera dihilangkan.

  1. Bekerjalah Saat Otak Anda Masih Fokus

Waktu terbaik bagi otak Anda untuk berpikir dan fokus adalah pagi hari. Jika Anda tidak terbiasa bekerja di pagi hari, cobalah untuk melakukannya mulai dari sekarang. Usahakan Anda tidak menumpuk pekerjaan di sore hari sebab Anda akan kehilangan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dan menyebabkan Anda tidak bisa berkumpul bersama dengan keluarga Anda di malam hari.

  1. Tinggalkan Dulu Sosial Media

Penggunaan sosial media akan membuat diri Anda tidak produktif saat bekerja. Meskipun sosial media dibutuhkan untuk bertukar informasi, namun menggunakannya ketika Anda sedang bekerja hanya akan membuang waktu Anda dengan percuma.

  1. Beri Penghargaan

Anda bisa memberikan penghargaan kepada diri Anda sendiri apabila Anda telah berhasil menyelesaikan pekerjaan, seperti misalnya minum secangkir kopi atau bermain game selama 10 menit. Hal tersebut tidak akan merusak produktivitas Anda.

  1. Bekerja Dengan Orang Lain

Anda akan cepat bosan jika bekerja sendirian tanpa orang lain. Untuk itu, bekerjalah dengan orang lain yang sekaligus bisa mengingatkan Anda apabila Anda menunda-nunda pekerjaan.  Bekerja dengan orang lain selain berguna untuk saling mengingatkan, dapat pula memacu motivasi Anda bekerja lebih cepat.

  1. Buatlah Daftar

Agar semua pekerjaan yang Anda lakukan bisa lebih terarah, Anda perlu membuat jadwal atau daftar mengenai apa saja yang harus Anda kerjakan. Daftar yang Anda buat tersebut juga dapat mengingatkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan pada hari itu. Anda akan merasa puas jika bisa menyelesaikan semua pekerjaan Anda.

  1. Rapikan Meja

Meja kerja yang berantakan hanya akan membuat Anda malas untuk bekerja. Oleh karena itu, sebelum melakukan pekerjaan, rapikanlah meja kerja Anda terlebih dahulu. Dengan begitu Anda pun akan merasa nyaman dan meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja.

Enam cara inilah yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan menunda. Dengan menerapkan keenam cara tersebut, diharapkan Anda bisa merasa nyaman bekerja setiap harinya dan tidak lagi terbebani dengan pekerjaan Anda. Bekerjalah dengan senang hati, dan senangilah pekerjaan Anda saat ini meski belum tepat dihati.

Leave a Reply