6 Kunci Menjadi Karyawan Profesional dan Berkualitas

6 Kunci Menjadi Karyawan Profesional Dan Berkualitas

6 Kunci Menjadi Karyawan Profesional Dan Berkualitas

Ikhtisar.com – Tidak semua orang yang bekerja sebagai karyawan memiliki sikap profesional dan berkualitas baik. Malah, adapula karyawan yang hanya ingin mengamankan posisinya dalam perusahaan, sehingga tidak begitu antusias dalam menunjukkan performa dalam bekerja. Hal itu tidak cukup baik karena perusahaan bisa saja suatu saat merampingkan jumlah pegawai dan akan mengambil keputusan berdasarkan track record pekerjaan karyawan.

Ada beberapa sikap yang harus Anda miliki dalam meningkatkan performa Anda dalam bekerja.

1.  Tanggung jawab

Tanggung jawab merupakan salah satu hal terpenting dalam mencapai prestasi apapun, termasuk pula menjadi karyawan yang profesional dan berkualitas. Bertanggung jawab artinya melaksanakan segala tugas dengan baik dan menaati peraturan yang berlaku dimana saja kontrak kerja telah disepakati. Menaati kesepakatan yang telah berlaku juga merupakan wujud dari tanggung jawab pada perusahaan. Menunjukkan tanggung jawab ini dapat menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang profesional dan berkualitas baik.

2.  Siap menghadapi tantangan

Tidak perlu takut saat berhadapan dengan tugas baru yang lebih sulit. Tantangan baru berarti kesempatan baru untuk mengasah diri. Dalam penerapannya, mungkin Anda akan menghadapi kesulitan, tetapi dalam perusahaan selalu ada atasan atau rekan kerja yang dapat membantu Anda. Selain itu, dengan kecanggihan teknologi informasi, Anda juga dapat mencari sumber-sumber lain yang membantu Anda dalam menyelesaikan tugas tersebut.

3.  Mau belajar

Menghadapi tantangan tidak akan banyak berguna, apabila Anda tidak melengkapi diri dengan senjata bernama ilmu. Pokok dari menghadapi tantangan adalah pengalaman yang bisa diresapi untuk Anda mempelajari hal-hal baru dalam bekerja. Untuk itu, Anda harus selalu siap untuk belajar dengan giat dan tidak pernah berpuas diri dengan pengetahuan yang telah Anda punya.

4.  Dedikasi tinggi

Anda mungkin bekerja demi benefit yang bisa diberikan perusahaan. Namun, benefit dalam bentuk materi bukan satu-satunya keuntungan yang dapat Anda peroleh. Apabila Anda terlalu sibuk menghitung-hitung benefit yang Anda pantas peroleh, sehingga membatasi diri Anda dalam bekerja, atasan serta perusahaan akan sulit mempercayai Anda dan Anda sulit memperoleh kesempatan untuk tugas-tugas baru yang menantang keahlian Anda.

5.  Disiplin

Disiplin dalam waktu sangat penting untuk menjaga kualitas Anda sebagai seorang karyawan. Menegakkan disiplin artinya meningkatkan efisiensi dalam bekerja, sehingga Anda dapat mengatur pola kerja Anda yang akan mempengaruhi tingkat produktivitas dalam bekerja. Disiplin dalam menyelesaikan tugas juga membuat Anda akan semakin memperoleh kepercayaan dalam perusahaan dimana Anda bekerja.

6.  Team work

Pekerjaan apapun yang Anda lakukan, Anda akan menghadapi pihak-pihak lain. Bisa jadi atasan, rekan kerja, atau klien yang menggunakan jasa perusahaan Anda. Hal itu tidak akan bisa terhindarkan. Oleh karena itu, sikap dan perilaku yang mau bekerja sama dengan orang-orang terkait akan menunjukkan Anda sebagai karyawan yang profesional. Tentu saja, profesional juga berarti Anda harus pandai-pandai memisahkan masalah pribadi dengan masalah pekerjaan.

Leave a Reply