6 Cara Lebih Produktif

Pernahkah Anda memperhatikan beberapa orang telah mencapai kinerja besar dan masih tampak bahagia dan santai? Tidak mudah memang dengan mempertahankan emosi yang stabil ditengah tumpukan Tugas dan Pekerjaan.  Berikut enam tip untuk menjadi lebih produktif.  Anda mungkin bertanya bagaimana seseorang dapat tetap meluangkan waktu untuk menyenangkan dan memanjakan diri sendiri sementara begitu banyaknya dateline pekerjaan kantor.

Anda mungkin merasa orang lain memiliki waktu lebih banyak atau pekerjaan lebih sedikit.  Anda dan orang-orang lain memiliki 24 jam yang sama dalam satu hari untuk beraktivitas, namun banyak orang telah membuat pilihan tertentu (prioritas) yang memungkinkan sebagian besar terselesaikan setiap hari, dan masih merasa bahagia dan santai. Mungkin cara berikut ini akan membantu Anda memanfaatkan sebagian besar waktu.

1. Pilih Prioritas

Kegiatan yang cukup banyak tidak mungkin selesai dalam waktu bersamaan.  Buatlah pilihan atau prioritas dalam kegiatan hidup Anda.  Dengan memilah yang terpenting maka Anda akan dapat bekerja lebih jauh dan fokuslah pada sesuatu yang menyenangkan dan produktif.  Jika Anda memilih keluarga, maka raihlah pilihan tersebut, dan lakukan gaya hidup yang sesuai dengan kebutuhan waktu dari keluarga agar Anda merasa puas. Pilihan Anda didasarkan pada gaya hidup yang diinginkan.

2. Lakukan Efisiensi
Anda tidak akan sanggup melakukan semuanya dengan baik. Hal-hal yang Anda lakukan dengan baik biasanya memberikan sukacita yang lebih besar dan membutuhkan sedikit waktu. Jangan melakukan sesuatu dengan rentang belajar yang panjang jika Anda tidak memiliki waktu. Desain hidup Anda sesuai keinginan, dan kenali kapan harus berkata tidak untuk kesempatan di luar keinginan Anda. Jalani kehidupan Anda dengan desain dan perencanaan, tidak default atau mengalir bagai air.

3. Integrasikan Kegiatan
Banyak orang tergila-gila hanya untuk sekedar tahu bagaimana cara menghabiskan waktu bersama teman-teman, keluarga, bekerja, bermain dan lainnya. Berhenti untuk menyeimbangkannya. Yang terpenting adalah mencari tahu untuk menikmati semuanya secara bersama-sama. Bangunlah kehidupan sosial disekitar lingkungan kerja, cari orang yang dapat saling berbagi kepentingan dan kembangkan karir dan hobi bersama orang yang setipe dengan Anda.  Perubahan akan terjadi pada saat Anda melakukan semuanya seirama dan senada.

4. Hilangkan Pemborosan Waktu
Media sosial, keluarga, teman, karyawan, rekan kerja dan pengeluh umum semua dalam keadaan tertentu dapat menyedot waktu berharga dari Anda jika Anda membiarkan mereka. Anggarkan waktu Anda untuk kegiatan yang diperlukan. Buatlah pilihan untuk membatasi interaksi yang tidak mendukung dan tidak membangun. Media Sosial, dengan mudah menjadi lubang hitam untuk waktu dan produktivitas. Gunakan dengan tepat dan hemat sebagai alat pendukung usaha Anda dan kebutuhan sosial, namun hentikan chatting, gaming dan lainnya.

5. Jadi Pembelajar Aktif
Anda mungkin berpikir bahwa belajar membutuhkan waktu lebih lama, namun sebenarnya selalu ada cara-cara baru dalam melakukan sesuatu yang menghemat waktu  dan membebaskan Anda untuk menentukan prioritas. Selalu cari cara baru untuk mendapatkan kembali satu jam yang terbuang. Belajar akan membuat Anda menemukan cara yang efektif dan efisien dalam bekerja.

6. Lepaskan Beban
Tidak selalu rencana berjalan sesuai harapan, dan tidak perlu menyalahkan diri sendiri ketika Anda harus melepaskan perhatian terhadap sesuatu yang lain. Dunia tidak akan berakhir hanya karena Anda meninggalkan beberapa tugas yang tidak selesai. Rayakan sebuah kemajuan (progress) dan terus sempurnakan menuju produktivitas yang bahagia. Inilah sebabnya mengapa membuat daftar dan mencoret item merupakan pegangan pokok dalam buku produktivitas. Setiap Penyelesaian adalah kemenangan kecil yang akan bertambah besar.

ikhtisar.com

Leave a Reply