6 Cara Cepat Memperoleh Pekerjaan Agar Tidak Menganggur Lama

6 Cara Cepat Memperoleh Pekerjaan

6 Cara Cepat Memperoleh Pekerjaan

Ikhtisar.com – Anda akan mengalami kesulitan dalam memperoleh pekerjaan lain atau pekerjaan baru apabila terlalu lama menganggur. Selain harus bisa mengatur waktu, Anda pun diharuskan menemukan kembali kepercayaan diri Anda dan mempersiapkan diri terhadap penolakan yang diterima. Di samping itu, kebanyakan perusahaan tidak terlalu yakin untuk mempekerjakan orang yang terlalu lama menjadi pengangguran.

Terlalu lama menganggur bisa menjadi hambatan ketika mencari pekerjaan. Namun meskipun begitu terdapat beberapa human resource development (HRD) yang berada dalam posisi yang tidak begitu menguntungkan dan memilih tidak memberi kabar terlebih dahulu bagi para pelamar. Karena itulah jika Anda masih menganggur, Anda tidak perlu takut melamar pekerjaan apapun sebab status pengangguran tersebut tidak lagi menjadi masalah.

Waktu lama yang dihabiskan oleh para pengangguran dapat dijadikan salah satu penentu diterima tidaknya saat melamar pekerjaan. Apabila waktu tersebut digunakan untuk melakukan hal-hal yang produktif maka peluang diterima akan lebih terbuka. Seperti yang dilansir dari laman thestreet.com, berikut 6 cara cepat memperoleh pekerjaan agar tidak menganggur terlalu lama.

  1. Jangan Frustasi Atau Tidak Bersemangat

Berusahalah untuk tidak merasa frustasi atau tidak bersemangat. Hal tersebut nantinya akan memberikan pengaruh yang tidak baik bagi orang lain di sekitar Anda. Untuk itu Anda perlu mencari tempat guna menyimpan perasaan negatif tersebut sementara waktu.

  1. Fokus Pada Target Anda

Jenis pekerjaan yang sesuai untuk Anda, lokasi pekerjaan, dan kualifikasi kandidat perlu dikomunikasikan dengan jelas. Ada baiknya jika Anda fokus pada satu atau dua target. Alasannya, target yang terlalu banyak bisa membuat proses pencapaian target tersebut menjadi membingungkan, berantakan, dan tidak efisien.

  1. Buat Rencana

Anda harus memiliki rencana dengan mengatur strategi yang akan digunakan untuk mencari pekerjaan baru sekaligus menempatkan diri Anda di lingkungan kerja. Beberapa hal terkait dengan rencana tersebut yaitu resume, cover letter, koresponden, pertanyaan wawancara dan latihan, riset pasar dan perusahan.

  1. Bangun Kredibilitas

Buatlah diri Anda menonjol dibandingkan kandidat lainnya dengan tetap menempatkan diri pada perspektif positif. Berikan penjelasan yang sesuai mengenai alasan Anda menganggur dalam waktu yang lama.

  1. Melakukan Kegiatan Sukarela

Lakukanlah berbagai kegiatan sukarela dengan tidak terlalu mengutamakan kegiatan tersebut. Anda juga perlu mencari pekerjaan lain yang sesuai dengan keinginan dan target Anda.

  1. Cari Pertolongan

Carilah orang-orang yang juga menganggur seperti Anda. Anda bisa membuat grup dukungan yang membahas permasalahan tentang mengapa Anda menganggur terlalu lama dan membagi pengalaman masing-masing sehingga bisa mendatangkan motivasi.

Itulah 6 cara cepat memperoleh pekerjaan agar tidak menganggur lama. Dengan menerapkan keenam cara tersebut diharapkan Anda akan segera mendapatkan pekerjaan dan menanggalkan status pengangguran.

Leave a Reply