5 Tips Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anda Saat Bekerja

5 Tips Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

5 Tips Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

Ikhtisar.com – Sebagian besar dari Anda mungkin pernah merasakan kebosanan dan sulit berkonsentrasi ketika mengerjakan sebuah pekerjaan. Kedua hal tersebut memang wajar dan seringkali dialami setiap orang. Berdasarkan laporan yang disampaikan Microsoft, pada tahun 2000, rata-rata masyarakat dunia bisa berkonsentrasi penuh terhadap suatu hal selama 12 detik. Akan tetapi hingga tahun 2013 mereka hanya bisa berkonsentrasi penuh 8 detik lamanya.

Salah satu hal yang sangat Anda butuhkan untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik adalah konsentrasi penuh. Sayangnya hal tersebut tidak mudah dilakukan bagi kebanyakan orang. Sulitnya berkonsentrasi saat bekerja dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya yaitu banyaknya distraksi yang datang dari berbagai tempat dan pekerjaan yang jumlahnya terlalu banyak.

Seperti yang dilansir dari laman Business Insider, terdapat 5 cara yang dapat Anda lakukan dan terapkan untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Menjadwalkan Istirahat Bekerja

Menurut sebuah penelitian, menjadwalkan istirahat secara berkala ketika bekerja akan bisa meningkatkan konsentrasi seseorang. Oleh sebab itu, ada baiknya mulai dari saat ini Anda membuat jadwal istirahat bekerja secara berkala. Dengan begitu Anda juga bisa tetap fokus dan bersemangat menyelesaikan seluruh pekerjaan Anda. Isitrahat bekerja biasanya dilakukan saat sesi makan siang, atau dapat pula dilakukan setiap 2 jam sekali dengan mengambil relaksasi 10 – 15 menit.

  1. Mengorganisir Pekerjaan Sesuai Kemampuan

Kemampuan bekerja yang dimiliki tiap orang tidaklah sama. Anda pun memiliki kemampuan tersendiri yang dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan cara memetakan kemampuan tersebut. Buatlah daftar sederhana yang berisikan waktu-waktu dimana Anda dapat fokus dan memiliki energi yang prima untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Daftar sederhana tersebut juga bisa membantu Anda menyesuaikan pekerjaan yang dapat dilakukan saat itu juga.

  1. Berlatih Mendengarkan Musik

Untuk bisa fokus dan meningkatkan konsentrasi Anda, cobalah berlatih mendengarkan musik dengan tidak melakukan hal-hal lainnya. Pikiran yang hanya terisi dengan musik dapat dikatakan sebagai bentuk lain dari meditasi sebab Anda fokus pada satu hal saja. Mendengarkan musik dapat dilakukan disela-sela pekerjaan Anda, dan cukup fokus pada musik tersebut saja, selama 5 – 10 menit.

  1. Meningkatkan Minat Pada Pekerjaan yang Sedang Dilakukan

Anda sangat perlu meningkatkan minat terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini. Jika Anda bisa meningkatkan minat tersebut maka Anda akan lebih berproduktif dalam bekerja sekaligus konsentrasi yang Anda miliki dapat meningkat. Minat pada pekerjaan akan meningkat jika satu per satu to do list selesai dilakukan. Buatlah to do list yang realistis, sehingga Anda akan selalu terpacu pada pekerjaan, dan tidak terbebani.

  1. Menulis Daftar Gangguan

Tulislah beberapa hal yang seringkali mengganggu konsentrasi dan produktivitas Anda saat sedang bekerja. Dengan mengetahui dan menuliskannya maka Anda akan lebih waspada terhadap hal-hal tersebut. Gangguan akan sering terjadi, mudah terjadi dan tidak terduga kapan terjadi. Dengan sering memperhatikan jenis-jenis gangguan yang datang akan memudahkan Anda meng-handle-nya, sehingga tidak berpotensi mengganggu produktivitas kerja.

Itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan konsentrasi ketika bekerja. Dengan menerapkan kelima cara tersebut diharapkan Anda akan bisa menyelesaikan pekerjaan Anda tepat pada waktunya serta memperoleh hasil yang baik dan maksimal. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat.

Leave a Reply