5 Tips Mengatur Waktu Seminggu Agar Produktif Maksimal

5 Tips Mengatur Waktu Seminggu Agar Produktif Maksimal
5 Tips Mengatur Waktu Seminggu Agar Produktif Maksimal

Ikhtisar.com – Satu minggu terdiri dari 7 hari dan setiap harinya terdiri dari 24 jam. Senin sampai dengan Minggu diisi oleh berbagai aktifitas. Sekolah atau kerja pasti dimulai dari Senin sampai dengan Sabtu dan Minggu sebagai hari libur. Tak jarang orang menjadi malas ketika datang hari Senin karena harus mulai bekerja dan sekolah.

Rasa malas tersebut biasanya akan berimbas pada kualitas pekerjaan Anda. Namun harus disadari bahwa dengan bekerja malas seperti itu malah akan menimbulkan pekerjaan lain. Alhasil bukannya semakin sedikit malah pekerjaan menjadi semakin banyak. Oleh karena itu Anda harus memproduktifkan waktu supaya semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

Berikut 5 tips yang bisa membantu Anda dalam mengatur waktu seminggu supaya lebih produktif.

Giatkan hari Senin

Begitu Senin tiba sebaiknya Anda mengumpulkan seluruh bagian tim kerja. Tinjau kembali segala hal yang harus dikerjakan dan tentukan target minggu ini. Waktu untuk melakukan hal tersebut tidak perlu terlalu lama, cukup 30 sampai 45 menit saja. Tambahkan pula evaluasi minggu kemarin supaya menjadi pembelajaran minggu ini.

Memantau Kembali

Hari Rabu bisa Anda gunakan untuk memantau kembali hasil pekerjaan sejak hari Senin. Cobalah untuk mengumpulkan semua bagian dari keuangan sampai produksi. Persilahkan setiap bagian untuk mempresentasikan hasil dan langkah selanjutnya yang akan diambil. Anda juga perlu mengevaluasi pekerjaan yang dilakukan.

Beristirahat Sesaat

Kamis siang bisa Anda gunakan untuk beristirahat, lupakan sejenak guna menyegarkan pikiran. Ajaklah pula tim kerja Anda untuk bersantai. Dengan begitu keakraban dan kekeluargaan tim akan terjaga baik. Tak hanya itu, pikiran pun akan segar kembali sehingga maksimal untuk bekerja.

Evaluasi di hari Jumat

Di akhir hari Jumat, gunakanlah untuk berkumpul dengan tim. Jangan untuk merencanakan langkah tetapi hanya mengevaluasi pekerjaan dan target yang telah ditentukan. Mintalah semua bagian melakukannya dan mencatat hal tersebut. Jadikan hasil evaluasi sebagai bahan pelajaran di minggu depan. Lakukanlah evaluasi jangan terlalu lama cukup 45 menit.

Merefresh Diri di hari Minggu

Setelah 6 hari bekerja, Anda tentu waktu untuk menyegarkan pikiran dan badan. Lakukanlah itu semua di hari Minggu dengan berolah raga atau berjalan-jalan bersama keluarga. Jangan memikirkan dan mengerjaan tugas sama sekali di hari libur. Gunakanlah waktu istirahat dengan maksimal agar hari Senin Anda bisa segar kembali untuk bekerja.

Tips di atas bisa Anda lakukan dengan menambahkan variasi lain yang sesuai komposisi tim. Hal yang paling terpenting adalah adanya komunikasi dari semua bagian. Dengan begitu waktu Anda dalam seminggu akan produktif dan pikiran pun menjadi tidak tertekan. Hari Senin pun tidak akan lagi menjadi hari yang menakutkan.

Leave a Reply