5 Strategi Untuk Mendapatkan Pekerjaan di Luar Negeri

5 Strategi Untuk Mendapatkan Pekerjaan di Luar Negeri

5 Strategi Untuk Mendapatkan Pekerjaan di Luar Negeri

Ikhtisar.com – Bekerja di luar negeri merupakan kebanggaan tersendiri. Selain mendapatkan fasilitas yang lebih memadai, biasanya ketika Anda pulang dari luar negeri memiliki uang yang lebih banyak daripada bekerja di dalam negeri. Menjadi karyawan di luar negeri juga berarti mengambil bagian nasionalisme bangsa karena negara Indonesia dipertaruhkan dalam sikap kerja yang Anda lakukan di luar negeri.

Meski demikian, peluang untuk bekerja di luar negeri masih kecil kemungkinan didapat, sebab Anda termasuk WNA yang harus bersaing memperebutkan sedikit kursi di negara yang bersangkutan. Saingan Anda tidak hanya dari dalam negeri saja, tetapi orang luar negeri lainnya yang juga menginginkan posisi tersebut. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kesulitan dalam mencari pekerjaan di luar negeri:

  1. Perbaharui halaman professional

Salah satu media yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan di luar negeri adalah melalui jaringan media sosial. Tidak dipungkiri bahwa melihat akun media sosial seseorang dapat menjadi pertimbangan perusahaan luar negeri. Oleh karena itu, cobalah untuk menuliskan beberapa kegiatan pekerjaan Anda secara profesional di dalamnya. Langkah kecil yang bisa diambil adalah progres Anda dalam bekerja setiap harinya.

  1. Berpikir dan bertindak secara global

Dunia internasional adalah lapangan yang lebih luas daripada sebuah negara. Oleh karena itu, tuntutan yang berlaku juga lebih banyak dibanding sektor lokal. Memiliki pemikiran yang luas merupakan hal yang wajib Anda miliki sebagai pertimbangan kuat bagi perusahaan luar negeri. Misalnya, Anda pernah mengikuti acara skala internasional atau memiliki langkah yang konkrit untuk mengatasi iklim global akan membuat perusahaan tersebut makin tertarik dengan Anda.

  1. Perusahaan multinasional

Bekerja di perusahaan multinasional juga bisa menjadi bekal bagi Anda untuk menjajaki pekerjaan internasional lebih mudah. Pasalnya, Anda akan terbiasa untuk bertemu dengan pimpinan yang berasal langsung dari luar negeri, mengerti habit dan kultur yang mereka bawa ke Indonesia. Jadi, ketika Anda masuk ke perusahaan di luar negeri, pihak perusahaan tidak perlu khawatir bahwa Anda akan kesulitan untuk beradaptasi.

  1. Mengetahui pasar

Maksudnya adalah seluk beluk perusahaan hingga tujuan yang sedang dikerjakan melalui beragam proyek. Hal ini akan menambah nilai Anda ketika sedang diwawancarai sekaligus meyakinkan mereka bahwa Andalah orang yang paling cocok untuk menempati posisi yang sedang mereka cari. Untuk memulai memahami kondisi sebuah perusahaan, Anda bisa rutin mengikuti berita yang mereka publish atau sekedar membacanya di media massa.

  1. Cermat melihat kesempatan

Kesempatan yang dimaksud bisa datang dari diri sendiri ataupun orang lain. Misalnya Anda melatih kemampuan berbahasa asing yang lebih baik agar lancar dalam berbicara ketika ebrtemu dengan lingkungan kerja di luar negeri. Kedua adalah memiliki banyak koneksi dengan pihak asing dalam pekerjaan sebelummnya juga merupakan kesempatan yang berharga. Siapa tahu lewat hal tersebut Anda bisa mendapat tawaran untuk bekerja lebih baik dari sebelumnya di luar negeri.

Leave a Reply