5 Profesi Yang Harus Dicoba Sebelum Berbisnis Sendiri

5 Profesi Yang Harus Dicoba Sebelum Berbisnis Sendiri

5 Profesi Yang Harus Dicoba Sebelum Berbisnis Sendiri

Ikhtisar.com – Menjadi seorang wirausaha berarti menjadi bos atas diri sendiri. Bahkan Anda bisa membayar karyawan ketika usaha tersebut sudah terlihat cukup berkembang dari sebelumnya. Selain itu, bekerja menjadi seorang wirausaha tidak terikat dengan target yang mungkin Anda temui dalam beberapa perusahaan ketika menjadi seorang karyawan.

Hanya saja, bekerja menjadi seorang wirausaha tidak berarti bebas melakukan apa yang dikehendaki. Sejatinya Anda perlu memasang berbagai target dan mengatur sistem untuk mengembangkan bisnis. Jika tidak, maka bisnis bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Sebab, usaha merupakan sebuah kompetisi yang terus berjalan di mana orang yang tidak tahan akan mudah tertinggal dan akhirnya bangkrut. Agar Anda menjadi wirausaha yang matang, ada baiknya melakukan sebuah pekerjaan yang bisa membantu menjawab kebutuhan usaha nantinya. Berikut adalah beberapa profesi yang harus dicoba sebelum menjadi entrepreneur diantaranya adalah :

  1. Ritel

Pekerjaan ini membantu Anda dalam mengurus beberapa konsumen atau pelanggan ketika membuka usaha sendiri. Sebab, dalam perusahaan ritel biasanya Anda akan menawarkan beberapa jenis produk ke berbagai calon konsumen dan mencoba untuk memahami keluhan yang mungkin mereka berikan terhadap produk yang Anda tawarkan. Semakin Anda mengenal berbagai karakter konsumen semakin mudah Anda membuat pelayanan bagi mereka nantinya.

  1. Makanan

Meskipun tidak begitu booming di kalangan masyarakat, pekerjaan bidang makanan membuat Anda belajar akan pentingnya bekerja cepat dan tepat. Sebab, ketika Anda bekerja membuat sebuah makanan, tuntutan utama adalah tentang deadline waktu. Sehingga otomatis Anda harus mengerjakan setiap makanan secara cepat dan tepat. Bila sudah terbiasa maka hal ini akan membawa bisnis Anda ke dalam pekerjaan maksimal dan memuaskan para konsumen.

  1. Penjualan

Pekerjaan di bidang sales atau marketing membuat Anda belajar berkomunikasi dan terbiasa dengan target. Selama menjadi seorang sales Anda pasti akan menemui banyak orang, menawarkan produk perusahaan dengan berbagai skill komunikasi. Selain itu, tuntutan dari atasan untuk memenuhi target penjualan akan mendorong Anda terbiasa ketika bekerja sebagai wirausahawan. Anda tidak perlu takut untuk menghadapi orang dari berbagai golongan sehingga mereka juga yakin akan produk yang sedang ditawarkan.

  1. Customer service

Sebagai seorang CS merupakan tantangan yang sangat besar. Hal tersebut terlihat karena Anda akan berhadapan dengan keluhan banyak orang setiap harinya, moncoba untuk mengatasinya, dan memberikan saran yang tepat untuk selanjutnya pada konsumen. Kemampuan ini dibutuhkan ketika Anda merintis usaha sendiri, di mana setiap orang yang mengeluh produk Anda akan dapat diatasi dengan baik dan membuat mereka tetap nyaman berbisnis dengan Anda.

  1. Manajemen

Pekerjaan yang terakhir adalah berhubungan dengan bagian manajerial, baik itu supervisor atau seorang admin sekalipun. Pekerjaan ini membantu Anda utnuk mengatur berbagai hal, seperti waktu, target, orang, dan juga jenis produk yang ditawarkan nantinya. Seorang yang pernah bekerja dalam lingkup manajerial juga tidak akan kesulitan menghadapi tantangan yang baru.

Leave a Reply