5 Langkah Mendongkrak Bisnis Saat Kondisi Kritis

5 Langkah Mendongkrak Bisnis Saat Kondisi Kritis

5 Langkah Mendongkrak Bisnis Saat Kondisi Kritis

Ikhtisar.com – Seorang pelaku usaha harus bersiap untuk dua kemungkinan besar secara bersamaan, untung dan rugi. Sebab, pada dasarnya sebuah bisnis dipengaruhi oleh berbagai faktor yang bisa menyebabkan mereka naik daun atau bahkan kritis dan hampir bangkrut. Sebuah kesiapan sangat penting untuk menjaga usaha tersebut tetap eksis. Maksudnya adalah bila mengalami untung besar agar tidak lupa daratan, namun bila mengalami krisis agar tidak mudah cepat menyerah.

Jika Anda telah memiliki dasar tersebut, maka langkah berikutnya adalah cara nyata untuk mempersiapkan diri ketika bisnis sedang dalam kondisi kritis. Hal tersebut selain dinilai efektif mempertahankan bisnis, tetapi juga secara perlahan meningkatkan peluang usaha Anda. Untuk lebih jelasnya berikut adalah 5 cara yang bisa dilakukan ketika bisnis mengalami kondisi yang tidak menguntungkan.

Membuat produk lebih mudah dijangkau

Anda harus memikirkan bagaimana strategi untuk membuat produk lebih mudah dijangkau, baik secara fisik maupun secara harga jual. Namun, tidak berarti bahwa Anda diwajibkan untuk menurunkan harga produk yang dimaksud. Hal tersebut judtru membuat bisnis mengalami kemunduran lebih banyak dibanding sebelumnya. Contohnya, Anda bisa menerapkan tarif diskon yang bervariatif, mudah dalam pengiriman barang, tersedia dalam kemasan yang lebih ekonomis, atau memiliki agen-agen pemesanan.

Kembangkan segmentasi pelanggan secara spesifik dan unik

Hal tersebut adalah upaya untuk mendapatkan pelanggan dalam pasar yang lebih luas namun tidak merugikan mereka. Sebab, dasar yang digunakan adalah sesuai dengan kemampuan daya beli, letak posisi, dan kebutuhan mereka. Misalnya, Anda bisa membuat harga produk di dalam dan di luar jawa yang sesuai dengan kemampuan mereka. Selain itu, Anda bisa membuat banyak variasi produk dengan berbagai bentuk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Menemukan Blue Ocean Strategy

Cara tersebut adalah menemukan letak pasar yang baru. Untuk memaksimalkannya, Anda dapat melihat temapt di mana belum ada banyak pesaing, melihat keuntungan yang dapat diperoleh dari tempat tersebut. Agar tidak mengalami banyak kerugian, Anda bisa memindahkan beberapa tempat utama ke tempat yang baru juga. Jika sudah stabil dalam pemasaran, Anda bisa memunculkan tempat-tempat semula sebagai pendukung pemasukan terhadap barang di tempat yang baru.

Membuat bisnis narsis

Maksudnya adalah bisnis yang beredar di mana-mana. Hal tersebut digunakan agar Anda dapat secara baik mempertahankan eksistensi produk kebanggaan. Caranya cukup bervariatif, tetapi media sosial menjadi tawaran yang sangat menarik dan efektif untuk penyebaran bisnis Anda.

Menjaga hati agar tidak sombong

Terakhir adalah menjaga hati. Sombong merupakan akar dari banyak tingkah yang buruk bagi bisnis Anda. Semakin Anda sombong, maka potensi untuk gengsi belajar dari banyak pebisnis lain semakin tinggi. Akibatnya, usaha Anda akan berada pada titik yang tidak bisa berkembang. Untuk mengatasinya, sangat perlu mengakui bahwa bisnis Anda sedang dalam masa kritis dan butuh bantuan atau belajar dari orang lain.

Leave a Reply