5 Kunci Sukses yang Dilakukan Para Wanita Karir

5 Kunci Sukses Yang Dilakukan Para Wanita Karir

5 Kunci Sukses Yang Dilakukan Para Wanita Karir

Posisi wanita dalam pekerjaan memang sudah jauh lebih baik daripada beberapa dekade lalu. Wanita telah memperoleh hak yang telah disesuaikan dengan kewajibannya. Namun, untuk posisi-posisi strategis dan manajerial, terhitung masih lebih banyak pria yang dipercaya daripada wanita. Hal ini karena wanita yang dianggap masih terlalu dikuasai emosi kala bekerja.

Walaupun begitu, banyak wanita yang sukses berkarir di dunia yang didominasi laki-laki ini. Bahkan, beberapa memegang tampuk kekuasaan sebagai pemilik perusahaan yang sukses dan maju. Martha Tilaar, misalnya.

1.  Percaya diri

Umum diketahui bahwa kepercayaan diri dapat lebih meningkatkan performa kerja Anda. Hal ini dikarenakan sikap yang tidak takut untuk menunjukkan diri serta tidak takut untuk melakukan kesalahan, sehingga lebih proaktif terhadap pengalaman dan tugas baru. Selain itu, orang yang percaya diri akan tampak lebih bisa diandalkan sehingga lebih banyak diberikan kepercayaan dalam pekerjaan apapun. Tentu saja, kepercayaan diri ini harus diikuti dengan kemauan untuk belajar dan terus maju. Jangan sampai Anda terlalu percaya diri, tetapi kemampuan Anda tidak membuktikan apapun.

2.  Kecerdasan emosional

Menjadi cerdas secara emosional bukan hanya dengan mementingkan logika, tanpa menggunakan perasaan. Sebaliknya, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menyeimbangkan kedua hal ini, sehingga walaupun menggunakan data faktual atau pertimbangan logis, sisi kemanusiaan dalam menghadapi bawahan tidak pernah dilupakan. Karena wanita secara fisiologis lebih banyak berkutat dengan emosi ini, maka kecerdasan emosional ini harus lebih banyak dipelajari oleh wanita.

3.  Jaga profesionalisme kerja

Wanita, terutama yang berkeluarga, umumnya juga dibebani oleh tugas rumah tangga. Kadang, hal ini mengakibatkan wanita lebih mudah stres dan melampiaskan emosi pada pekerjaan. Maka, penting bagi wanita untuk menjaga profesionalisme kerja, memisahkan urusan pribadi dengan pekerjaan. Apabila ada masalah-masalah di rumah yang membebani pikiran Anda, biasakan untuk masuk kerja lebih awal sehingga Anda dapat menenangkan diri sejenak sebelum memasuki kesibukan dalam pekerjaan. Hal ini dapat membantu Anda untuk melupakan masalah di rumah sementara Anda berada di kantor.

4.  Mandiri

Menjadi mandiri penting bagi wanita karir. Anda bisa saja mengalami kebingungan dalam mengerjakan pekerjaan kantor, tetapi Anda tidak harus selalu meminta bantuan kepada rekan sekerja Anda. Hal ini bisa jadi membuat mereka terganggu. Untuk itu, Anda harus menjalin komunikasi dan koneksi di luar kantor agar Anda dapat selalu berkonsultasi mengenai tugas-tugas yang harus Anda kerjakan.

5.  Mengasah keahlian komunikasi

Memang ada anggapan bahwa yang paling penting adalah keahlian dan kompetensi. Namun, bukan berarti komunikasi tidak penting. Bagaimanapun, keahlian komunikasi akan menjaga situasi kerja tetap berada dalam kondisi yang aman dan nyaman karena sesama anggota dalam tim terbuka dan berkomunikasi dengan baik. Cara berkomunikasi dengan atasan juga memerlukan trik tersendiri karena tekniknya akan berbeda dengan cara Anda berkomunikasi dengan rekan kerja.

Leave a Reply