5 Keuntungan Dari Keluhan Pelanggan Bisnis

5 Keuntungan Dari Keluhan Pelanggan Bisnis
5 Keuntungan Dari Keluhan Pelanggan Bisnis

Ikhtisar.com – Rata-rata orang akan kesal dahulu ketika mendapat kritikan atas pekerjaan yang mereka lakukan mati-matian. Mereka menganggap bahwa pekerjaannya adalah yang terbaik dan kritikan tersebut hanyalah untuk menjatuhkan dirinya. Akan tetapi, pada akhirnya mereka menyadari bahwa kritikan yang dilontarkan adalah sebuah tantangan untuk meningkatkan prestasi kerjanya. Tanpa adanya kritikan, mereka tidak akan berkembang ke arah yang lebih baik dan mencoba hal yang baru.

Jika pada bisnis, kritikan terbanyak biasanya terdapat pada para pelanggan. Selain itu, kritikan berbeda-beda, ada yang halus, pedas, dan terkadang langsung termuat di media massa. Meski kesal, sebagai pelaku usaha Anda sebaiknya menilai hal tersebut pada pandangan yang obyektif. Setidaknya ada banyak manfaat yang bisa Anda nikmati ketika pelanggan mengeluhkan barang atau jasa milik Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut akan ditampilkan beberapa keuntungan yang bisa didapat ketika para pelanggan melakukan kritik.

Merupakan kabar baik, bukan kabar buruk

Pertama yang harus Anda sadari adalah keluhan mereka adalah kabar baik bagi Anda. Maka, baik Anda maupun karyawan yang termasuk di dalamnya, tidak perlu menyikapinya dengan kepala panas. Lihatlah bahwa mereka berarti memiliki kepedulian pada perkembangan produk yang Anda tawarkan. Sebaliknya, terimalah keluhan tersebut dengan senang hati dan jangan lupa untuk melakukan follow up terhadap pelanggan yang bersangkutan.

Keluhan menunjukkan keterlibatan para pelanggan

Pelanggan yang baik adalah mereka yang aktif memberikan saran atau keluhan tentang produk Anda. Artinya, mereka memiliki hati untuk terlibat secara langsung terhadap transaksi yang Anda tawarkan. Sebab, mereklah yang menggunakan dan merasakan dampak produk tersebut. Semakin mereka memberikan keluhan yang berbobot, maka semakin dalam keterlibatan mereka untuk bisnis Anda nantinya.

Setiap keluhan menunjukkan ketertarikan yang lebih pada produk

Bayangkan ketika Anda sedang tertarik pada lawan jenis. Tidak hanya namanya, Anda akan mencoba mengenalnya lebih dalam. Selain itu, Anda juga akan suka berkomentar tentang apa yang dilakukannya, agar tetap menarik perhatian. Sama persis dengan yang terjadi pada keluhan konsumen, hal tersebut menendakan bahwa mereka semakin tertarik pada produk yang Anda tawarkan. Keluhan yang mereka berikan adalah upaya mereka untuk tetap membuat produk Anda menarik bagi mereka.

Keluhan menandakan pelanggan mencintai produk Anda

Lebih dalam lagi kata cinta digunakan untuk para peplanggan yang tidak ingin berpindah dari produk yang Anda miliki sekarang. Bila hal ini terjadi bersyukurlah, sebab Anda tidak akan kehilangan pelanggan selama produk Anda tetap pada apa yang mereka harapkan. Bayangkan seorang pelanggan yang begitu cintanya merupakan aset yang sangat besar karena bisa mengajak banyak orang untuk menggunakan produk Anda.

Keluhan mendorong bisnis Anda untuk berkembang ke arah yang lebih baik

Anda bukanlah orang yang menikmati produk tersebut secara penuh, hanya sekedar omset dan beberapa manfaat kecil. Melalui keluhan pelanggan Anda bisa mengerti di mana letak kesalahan dan bagian mana yang harus diperbaiki. Hal tersebut juga tidak membuat Anda salah langkah dalam melakukan pembaruan, karena mengerti dengan jelas hal apa saja yang harus ditingkatkan secara spesifik.

Leave a Reply