5 Keunggulan FAST Strategi bagi Bisnis Perusahaan Anda

5 Keunggulan FAST Strategi bagi Bisnis Perusahaan Anda
5 Keunggulan FAST Strategi bagi Bisnis Perusahaan Anda

Mengutip dari beberapa opini banyak pengusaha, seperti “Anda harus Cepat”, “Anda perlu Akurat”, dan lain sebagainya, pun mengutip dari ucapan Presiden Habibie terdahulu yakni Kita Harus Cepat kalau Ingin Selamat, dan bukan sebaliknya justru menggantungkan diri dengan peribahasa Biar Lambat Asal Selamat, maka coba kita ambil sebuah hikmah frase dalam bahasa Inggris yaitu FAST.  Fast berarti Cepat, dan mempunyai makna bergerak kearah tertentu dalam waktu singkat.  Akronim FAST dalam bahasa Inggris ini sering diartikan dengan berbagai kata, dan kali ini kita akan terjemahkan menjadi Focus, Accountability, Simplicity and Transparency.

Ketika Anda FAST maka Anda memiliki tingkat yang tepat dari Fokus, Akuntabilitas, KeSederhanaan dan Transparansi.  FAST adalah pendekatan di mana Anda melihat untuk memastikan bisnis atau strategi proyek memiliki FOKUS yang tajam, AKUNTABILITAS yang jelas, dengan menggunakan pendekatan yang SEDERHANA dan memiliki TRANSPARANSI terhadap apa yang dibutuhkan untuk sukses dan terhadap kinerja Anda saat ini.

Bila Anda memiliki masing-masing komponen FAST yang dioptimalkan dalam Manajemen Strategi, maka Anda akan mempunyai Sukses Strategi Cepat (Fast), dan akan memberikan lima manfaat yang akan membuat Anda on track untuk menggapai keberhasilan.

1. Keterlibatan yang Tinggi

Bila Anda memiliki Fokus yang besar, Anda dapat berkomunikasi dengan jelas mengenai tujuan dan sasaran untuk tim dan menjelaskan mengapa hal tersebut penting. Hal ini membuat lebih mudah bagi tim terlibat dan berkomitmen terhadap organisasi. Banyak perusahaan kurang jelas apa tujuan mereka sehingga meninggalkan para staf dalam posisi tercengang dan terlepas. Anda mungkin pernah bekerja pada satu perusahaan dan hanya sesaat setelah Anda bergabung, perusahaan memulai program perubahan secara besar-besaran, dan sebagai anggota baru hal itu tidak sepenuhnya Anda pahami maksud atau implikasinya, sehingga hal itu mendorong Anda bertanya kepada salah satu petinggi agar menjelaskannya. Nah tentu Anda berharap sebuah jawaban yang jelas dari Tujuan perubahan tersebut.  Dan ketika Anda mendapatkan jawaban, “Lihatlah hal itu terlalu rumit untuk dijelaskan, jadi sebaiknya lewatkan saja inisiatif ini dan mulailah dengan hal lainnya”, maka langsung ataupun tidak, Anda melihat bahwa perusahaan tidak memiliki obyektivitas yang jelas sehingga ini akan berdampak pada engagement (keterlibatan) Anda dalam organisasi.

2. Pemberdayaan Lebih

FAST telah mempromosikan tim bertanggung jawab akan hasil dan menjadikan mereka untuk memutuskan bagaimana mencapainya. Ketika Anda melakukan pendekatan tersebut, hal itu memungkinkan tim untuk mengambil kepemilikan baik hasil atau proses pencapaiannya. Sebagai seorang pemimpin yang handal, “Jangan pernah memberitahu orang-orang Anda bagaimana melakukan sesuatu. Namun katakan kepada mereka apa yang harus dilakukan, dan mereka akan mengejutkan Anda dengan kecerdikannya.”

Ketika seseorang diberitahu hanya untuk mengikuti proses, dan jika hal tersebut gagal, mereka akan kembali dan menyalahkan proses. Akan tetapi jika orang mengambil kepemilikan, mereka merasa diberdayakan untuk melakukan perubahan hal-hal, dan jika mereka mulai menemui kegagalan, maka mereka akan beradaptasi terhadap pendekatan baru karena merasa bertanggung jawab untuk sebuah keberhasilan. Dan hal ini akan meningkatkan kemungkinan sebuah keberhasilan.

3. Tim yang Semangat

Saat Anda memiliki pendekatan SEDERHANA sehingga tim Anda dapat memahaminya, hal ini jauh lebih membantu meningkatkan keyakinan bahwa mereka akan berhasil. Tim tidak takut bekerja keras mereka hanya takut gagal, dan ketika mereka dapat melihat bagaimana mereka bisa sukses, mereka menjadi bersemangat dan berupaya ekstra untuk memastikan keberhasilan yang dicapai.  Jika Anda dapat menyederhanakan sesuatu maka lakukanlah sebelum Kompleksitas membunuh semangat Tim Anda.

4. Peningkatan Efektivitas

Bila Anda memiliki FOKUS yang tepat, kemajuan akan dicapai selagi tim Anda memulainya ke dalam usaha mereka. Terlalu sering orang fokus pada hal-hal yang salah, yang hanya menghasilkan usaha sia-sia, dan tim akan kehilangan motivasi. Tidak peduli seberapa kerja keras Anda pada pekerjaan yang salah; maka Anda tidak akan pernah mencapai hasil yang diinginkan.

5. Peningkatan Efisiensi

Ada korelasi langsung tingkat kesederhanaan dan tingkat efisiensi yang dapat dicapai. Kompleksitas sulit untuk mengelola banyak hal dan bahkan akan lebih sulit untuk mengoptimalkannya.  Anda mungkin sering melihat pengusaha yang berkutat dengan kompleksitas, proses yang tidak efisien yang mereka biarkan begitu saja karena takut untuk mengutak-atiknya,  karena ketidakpahaman terhadap proses yang dilakukan.

Bila Anda dapat menjaga proses dan strategi FAST, dengan FOKUS yang jelas dan AKUNTABILITAS, ke-SEDERHANA-an maksimum dan TRANSPARANSI, kemudian tim Anda akan terlibat, bersemangat dan diberdayakan, dan dengan perbaikan efektivitas dan efisiensi mereka akan melakukan perbaikan kinerja yang cepat dan cepat pula mencapai tujuan.

Leave a Reply