5 Hal yang Mematikan Peluang Promosi Anda

Banyak Cara melakukan kerusakan dan begitu mudahnya melakukan suatu hal negatif, ambil contoh merobek kertas, membuang pensil, membanting gelas dan lainnya.  Sedangkan kebalikannya tentu jauh lebih sulit, seperti Mengarsipkan Dokumen, Menyimpan Pensil, Menata Gelas.  Demikian pula dengan menata dan membangun karir tentu lebih sulit dibandingkan menghancurkannya.

Banyak alasan kenapa seseorang mendapat promosi, apakah karena posisinya, apakah karena pangkatnya ataukah karena kerja kerasnya selama ini.  Namun bagaimana pun, promosi adalah sebuah kondisi yang tidak dapat dipastikan dan dijanjikan, baik oleh Atasan Langsung Anda atau Prosedur Perusahaan tentang Promosi.  Promosi Jabatan selalu melibatkan banyak sumber daya, Waktu, Usaha, Energi dan Kesabaran.  Namun jika Anda telah melakukan semuanya dan belum melihat tanda-tanda keberhasilan, maka sudah waktunya Anda untuk Menilai Situasi.

Berikut beberapa hal yang penting Anda pelajari dalam memberdayakan Potensi sehingga Anda tidak membunuh Kesempatan Promosi yang telah didepan mata.

1.  Anda gagal menyadari Pentingnya Interaksi.

Banyak orang menganggap sepele (remeh) pentingnya interaksi antar individu dalam sebuah kelompok kerja.  Anda bukanlah seorang superman yang mampu bekerja sendiri, maka pertimbangkan untuk selalu membangun hubungan kerja yang baik dengan orang lain.  Anda tidak perlu memikirkan hubungan sosial perusahaan kepada pihak luar, namun cobalah fokus pada interaksi dengan rekan kerja, manajer, bawahan atau pelanggan Anda.  Hal ini akan memberikan potensi promosi melalui cara Anda melakukan Permainan Peran (Role Play).

Hubungan baik Anda dengan Rekan dan Manajer akan meningkatkan jumlah orang yang ingin berbagai informasi penting tentang kontribusi kerja sehari-hari.  Perilaku Interaktif dan Pengkayaan ini adalah proses Anda mengembangkan jaringan yang sangat bermanfaat dalam pencarian kerja.

2.  Anda tidak Mencapai Penuh Potensi Diri.

Kesabaran mungkin menjadi salah satu kebajikan yang Anda lakukan untuk mendapat promosi, namun hal ini bukan satu-satunya cara untuk itu.  Keunggulan penuh terhadap orang lain menjadi mutlak diperlukan untuk mengambil langkah berikutnya dalam karir.  Bos Anda akan merasakan bahawa Anda tidak memberikan secara maksimal potensi diri dalam Kinerja, dan ini akan berimbas pada motivasi mereka memberikan promosi.  Anda perlu Konsisten, Tepat Waktu, Team Work dan Kritis dalam bekerja untuk membawa posisi Anda lebih tinggi dalam organisasi.

3.  Anda Lalai Mengambil Inisiatif.

Inisiatif adalah pembeda antara seorang yang sukses dan gagal dalam karir profesionalnya.  Anda perlu menjadi seorang ahli dalam pemecahan masalah dengan sering mengambil inisiatif dan tanggung jawab lebih dalam usaha Anda mengekspresikan kemampuan. Hal ini dapat menjadi tindak lanjut bagi manajemen menilai kesiapan Anda mendapat promosi.  Ada banyak cara mengambil inisiatif lebih di tempat kerja. Pertimbangkan untuk meningkatkan efisiensi posisi Anda saat ini, menawarkan uluran tangan atau ide untuk memecahkan masalah sederhana perusahaan, atau meningkatkan rasa tanggung jawab dengan sukarela membantu departemen lain.

4.  Anda tidak Memberikan Hasil Kinerja.

Kapan Anda terakhir kali merasa melakukan Pekerjaan Selesai dan Mencapai Target?.  Kapan Anda dinilai mencapai Performa Maksimal oleh Atasan?.  Menunjukkan Hasil Kinerja yang baik memberikan dorongan promosi atau setidaknya akan memancing percakapan penting dengan Manajemen.  Pastikan Anda menyimpan Prestasi Kerja Anda sebagai bahan evaluasi bagi atasan pada saatnya nanti.

5.  Penampilan Anda perlu di Tingkatkan.

Penampilan dan Perilaku sehari-hari Anda mungkin perlu diperbaiki, sehingga akan tampak tenang dengan tenggat waktu proyek, sabar dengan komplain pelanggan dan lainnya.  Anda perlu mempresentasikan Diri Anda sebagai orang yang layak mendapat promosi dengan cara Anda menghadapi Stress, Target, Orang-orang sekitar dan Tugas Kewajiban lainnya.  Tunjukkan Sikap Profesional Anda dalam Keseharian dan tingkatkan Profesionalisme Anda dalam Bekerja.

Mendapatkan promosi bukanlah tugas mudah, dan tentunya bukanlah hadiah dari manajemen.  Promosi adalah Hasil Kinerja Anda yang Konsisten dan Maksimal.  Pastikan Anda melakukan evaluasi dalam Sikap dan Tabiat Kerja agar mencapai Pendekatan yang Tepat untuk Promosi.

ikhtisar.com

Leave a Reply