5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Anda Berpindah Bidang Karir

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Anda Berpindah Karir
5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Anda Berpindah Karir

Ikhtisar.com – Pada dasarnya manusia adalah pribadi yang tidak pernah puas. Hal ini dibuktikan dengan pencarian pengakuan terbaik, posisi yang lebih menjanjikan, atau sekedar keinginan untuk memiliki sesuatau. Alasannya juga beragam, ada yang karena lebih passion hidupnya, penghasilan yang lebih menjanjikan, atau sekedar mengikuti tuntutan masyarakat terhadap gaya hidupnya.

Pada dunia pekerjaan, berpindah bidang karir bukan menjadi hal yang baru ditekuni oleh para pekerja. Tidak jarang beberapa orang menjadi “kutu loncat” demi mendapatkan karir yang lebih baik. Bagi Anda yang juga sedang berminat untuk berpindah pekerjaan yang lebih baik, maka ada beberapa cara baik yang dapat Anda lakukan. Berikut ini hal yang harus anda lakukan saat berpindah karier.  

  1. Menjadi Sukarelawan

Menjadi sukarelawan terlihat sebagai hal yang sia-sia. Sebab, Anda tidak akan mendapat penghasilan yang lebih baik, bahkan Anda hanya mendapatkan perasan keringat dari pekerjaan sukarelawan. Namun, menjadi sukarelawan bisa dipandang sebagai hal yang positif bagi Anda untuk meniti pekerjaan dalam bidang yang baru.

Alasannya mudah, yaitu bidang yang baru biasanya membutuhkan waktu bagi seseorang untuk mempelajarinya. Daripada mencari pengalaman ketika Anda masuk, ada baiknya menjadi seorang sukarelawan yang berhubungan dengan bidang yang akan Anda masuki. Satu sisi Anda bisa mendapatkan secara benar, sisi lain hal tersebut bisa sebagai tambahan kemampuan ketika dalam wawancara.

  1. Membangun koneksi

Koneksi yang dimaksud adalah setiap kesempatan yang berwujud seminar atau bertemu dengan orang yang memiliki keahlian dibidang yang akan Anda tekuni. Semakin banyak koneksi yang dibuat, maka Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan informasi yang berharga. Sehingga ketika Anda sedang melamar di posisi yang dimaksud, koneksi yang telah terjelin bisa menjadi bekal yang mumpuni dan bermanfaat untuk menambah nilai Anda dalam wawancara.

  1. Dapatkan sertifikat

Jangan pernah merasa sayang untuk mengeluarkan biaya tambahan bagi karir yang lebih baik di bidang lain. Misalnya, ada pekerjaan yang membutuhkan sertifikat PKPA (Pendidikan Keterampilan Profesi Advokat) bagi lulusan Hukum, untuk mendapatkan sertifikat tersebut memang tidak murah, tetapi tidak ada ruginya bila dibandingkan dengan pekerjaan yang bisa Anda dapatkan setelahnya.

  1. Memperbaiki resume

Perusahaan tidak akan tertarik melihat resume yang Anda buat secara umum padahl sedang melamar di bidang tertentu yang membutuhkan rincian data Anda secara lengkap terhadap bidang yang sedang dilamar. Oleh karena itu, cobalah untuk memperbaiki resume Anda dengan menambahkan keahlian yang dimiliki pada bidang tersebut sehingga perusahaan bisa menilai Anda sebagai orang yang lebih.

  1. Buktikan diri saat wawancara

Hal terpenting pada saat melamar pekerjaan adalah sukses dalam wawancara. Kebanyakan orang gagal karena mereka tidak dapat menyakinkan para pewawancara. Cobalah untuk aktif dalam menjalankan kegiatan wawancara tersebut. Caranya dengan tampil percaya diri dan menjual diri Anda sebaik mungkin sehingga pewawancara berpikir Anda adalah orang yang paling tepat untuk posisi tersebut.

Leave a Reply