5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Agar Terhindar Dari Rasa Malas

5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Agar Terhindar Dari Rasa Malas
5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Agar Terhindar Dari Rasa Malas

Ikhtisar.com – Dalam menjalani kehidupan tentu Anda akan menghadapi berbagai keadaan, yaitu senang maupun sedih. Tetapi ternyata tidak hanya itu, hidup yang biasa-biasa saja atau flat akan lebih cepat menimbulkan rasa jenuh dan malas. Tentu ini akan mengakibatkan berbagai hal yang tidak baik dalam hidup Anda, seperti pekerjaan menjadi tidak selesai.

Sifat malas memang umum terjadi pada setiap orang. Namun Anda harus menghindari jangan hanya pasrah jika merasakannya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa malas. Berikut 5 hal tersebut.

Alasan Kuat untuk melakukan Aktifitas

Untuk melakukan suatu aktifitas tentu Anda memiliki alasan yang kuat. Misal Anda belajar keras untuk membanggakan orang tua yang telah membiayai atau bekerja dengan giat untuk anak dan istri. Itu adalah beberapa contoh alasan kuat dalam menjalankan aktifitas. Dengan mengingat alasan Anda maka tekad yang kuat akan menghapus rasa malas.

Hindari Interaksi dengan Penyebab

Malas juga muncul karena adanya penyebab atau faktor yang membuatnya muncul. Misal menjadi malas setelah melihat timeline BBM. Itu artinya Anda harus menjauhkan gadget selama bekerja. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menghindari interaksi dengan penyebab.

Tentukan Target sesuai dengan Kemampuan

Rasa malas bisa timbul karena target yang kita tentukan terlalu berlebih. Oleh sebab itu, alangkah baiknya Anda menentukan target berdasarkan pada kemampuan yang dimiliki. Dengan begitu, Anda tidak akan tertekan dan pekerjaan akan dilakukan dengan semangat.

Berbicaralah dengan Yang Maha Esa

Semua hal bisa berubah, dari baik menjadi buruk, dari sakit menjadi sehat, dan masih banyak lainnya. Tentu memang sebagai manusia sulit untuk melakukannya namun tangan Tuhan akan sangat mudah merubahnya. Sehingga Agama selalu mengajarkan kita untuk selalu berdoa. Hal itu dilakukan supaya Tuhan membantu kita. Untuk itulah utarakan semua kepadaNya dan mintalah pertolongan hanya padaNya.

Ciptakan suasana Kondusif

Suasana yang kondusif dapat menghilangkan perasaan malas. Anda tak percaya? Coba saja lakukan. Mulailah dengan membuat suasana yang Anda senangi, misal suka mendengarkan musik. Maka pilihlah musik yang bisa mendampingi Anda dalam bekerja. Kemudian jika Anda menyukai suasana yang tenang tegurlah tetangga yang sedang ribut.

Paksakan Diri

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memaksakan diri Anda. Karena pemaksaan sering kali memang cara terbaik supaya diri sendiri mau melakukannya. Tentu butuh usaha berkali lipat dengan cara yang satu ini. Memaksakan diri bisa dibantu dengan point pertama, yaitu mengingat alasan.

Beberapa hal di bisa Anda lakukan semua tentu dengan disiplin dan kerja keras yang tinggi. Namun yakinilah segala usaha tidak akan pernah sia-sia. Anda akan mendapatkan hasilnya yang entah kapan tetapi suatu saat akan tersadar “inilah manfaatnya”.

Leave a Reply