5 Hal yang dapat Anda lakukan agar diapresiasi dalam Pekerjaan

5 hal meningkatkan apresiasi dalam pekerjaan
5 hal meningkatkan apresiasi dalam pekerjaan

Jika Anda seorang High Performer, dimana hasil adalah capaian utama yang wajib diraih, maka Anda ingin dipahami sebagai orang penting dan orang yang membuat perubahan.  Dengan kondisi ini maka mau tidak mau Anda lah yang harus menjadi seseorang yang perlu membantu diri sendiri agar orang lain melihatnya.  Berikut ini adalah 5 hal yang dapat Anda lakukan agar memperoleh apresiasi dalam pekerjaan, sehingga tidak merasa diabaikan, tidak dihargai dan tidak bernilai.  Seseorang akan merasa dirinya tidak bermanfaat manakal pekerjaan yang dilakukan adalah hal yang sia-sia yang tidak tampak oleh orang lain.

Survei dari Gallup internasional menegaskan bahwa 61% orang merasa tidak mendapat penghargaan dalam pekerjaan mereka, yang berdampak pada rasa percaya diri menurun, demotivasi dan mengurangi suka cita mendapatkan pekerjaannya.  Berikut ini bahasan bagaimana Anda dapat menjadi orang yang diakui dalam struktur organisasi.

1. Angkat Tangan Anda

Pengakuan adalah berbicara bagaimana Anda mengangkat tangan, mengakui pekerjaan Anda sendiri, menjadi relawan dalam organisasi Anda dan berbicara apa yang sudah Anda lakukan.  Orang lain akan menghargai kontribusi Anda dan Anda telah menciptakan peluang bagi diri sendiri.

2. Bicaralah

Hasil tidak selalu berbicara sendiri. Kadang-kadang Anda harus berbicara untuk hasil yang sudah dicapai. Hal ini dapat berarti menyatakan dalam bentuk angka, seperti berapa banyak sales booking yang telah Anda berikan untuk perusahaan, berapa jam Anda terlibat dalam sebuah proyek, atau berapa banyak anggota tim yang telah Anda bimbing. Mengukur hasil kerja Anda akan meningkatkan kredibilitas, dan akan membantu Anda mendapat pengakuan yang layak Anda dapatkan.

3. Advokasi diri sendiri

Anda dapat menjadi diri sendiri dan masih bisa mendapatkan diri Anda tersadar akan hal itu. Anda mungkin merasa sadar diri pada prestasi Anda, tetapi Anda tidak perlu menjadi pembual untuk menjadi penasihat diri sendiri.

4. Ketahui Nilai Anda sendiri

Agar orang lain menghargai Anda, maka harus terlebih dahulu hargai diri sendiri. Kemampuan Anda untuk bersinar dalam pekerjaan yang baik berfungsi untuk karir Anda sendiri, dan juga melayani perusahaan, klien dan tim Anda.

5. Rayakan kemenangan Anda

Pengakuan datang ketika Anda mencapai apa yang penting bagi orang-orang di sekitar dan menyoroti  kemenangan tersebut. Apakah ini dalam presentasi, kertas kerja, atau bahkan email perusahaan, menyoroti kemenangan Anda dan lantang tentang keberhasilan terbaru  adalah salah satu cara untuk mendapatkan visibilitas yang tinggi bagi Anda.

Kemampuan Anda untuk mendapatkan perhatian atas prestasi Anda dan meminta apa yang Anda butuhkan akan memuluskan jalan karir Anda. Anda tidak perlu berlebihan akan tetapi pastikan Anda tidak menghindari melakukannya sama sekali. Hal yang dapat meningkatkan apresiasi pekerjaan Anda dimulai dari diri sendiri.

Leave a Reply