5 Cara Menyikapi Kegagalan Dalam Dunia Pekerjaan

5 Cara Menyikapi Kegagalan Dalam Dunia Pekerjaan
5 Cara Menyikapi Kegagalan Dalam Dunia Pekerjaan

Ikhtisar.com – Para calon wirausahawan harus siap menghadapi kegagalan. Pengusaha memahami bahwa kegagalan bukanlah akhir dari sebuah permainan dan tidak boleh takut untuk mengalaminya. Mereka menyadari dengan keberanian, bahwa dapat saja mengatasi sesuatu yang tidak mungkin untuk berhasil. Menghadapi risiko merupakan gabungan kerja keras, kehati-hatian, kecerdikan serta kecermatan  membaca peluang dan kesiapan dalam menghadapi kegagalan atau keberhasilan.

  1. Menyadari kegagalan

Langkah pertama yang harus  dilakukan adalah dengan menyadari bahwa anda sedang mengalami kegagalan. Tanpa kesadaran ini, maka tidak akan bisa melakukan langkah perbaikan berikutnya. Biasanya, banyak tanda yang akan menyertai datangnya suatu kegagalan, antara lain hasil penilaian kinerja yang buruk, arus kas yang terhambat, masalah dalam komunikasi antar departemen dan menurunnya keuntungan, atau berkurangnya para pelanggan secara drastis dalam kurun waktu tertentu.

  1. Melakukan evaluasi

Kegagalan dapat terjadi karena faktor internal, misalnya ketrampilan dan pengetahuan yang kurang, fasilitas yang terbatas, sikap negatif, kurang komitmen dan kurangnya persiapan. Kesalahan dapat juga datang dari faktor eksternal, misalnya kondisi perekonomian yang memburuk, peraturan dan perundang-undangan yang tidak mendukung, atau adanya teknologi baru yang belum dimanfaatkan. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk meyakini apakah bisnis yang anda jalankan mempunyai peluang untuk mencapai keberhasilan dalam menembus pasar persaingan yang sehat.

  1. Melakukan koreksi dan perubahan

Kemajuan teknologi dapat membantu perkembangan bisnis ke arah yang lebih maju. Selain itu teknologi juga sangat berperan dalam mendorong suasana untuk berkompetisi, membuka peluang strategi bisnis yang baru terutama di dalam menilai kembali visi, misi dan cara kerja suatu perusahaan. Teknologi dapat membantu anda untuk melakukan pekerjaan secara lebih ekonomis dalan mengurangi biaya produksi dan sebagai seorang pemimpin anda harus bisa mengikuti perubahan.

  1. Melakukan konsolidasi

Konsolidasi dapatdilakukan ke dalam maupun ke luar, dan dengan berbagai pihak (antara lain atasan, bawahan, rekan kerja, pelanggan, supplier, bahkan keluarga dan teman). Konsolidasi ini diperlukan untuk menggalang dukungan, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan, serta menyusun strategi sukses. Perusahaan yang baik adalah yang mampu menciptakan tujuan hidup, jadi buka hanya mendirikan bisnis semata. Selain itu juga mampu membuat pekerjanya memiliki perasaan nyaman, sehingga termotivasi untuk mengejar target atau cita-cita perusahaan secara bersama-sama.

  1. Membuat rencana baru yang lebih efektif

Setelah konsolidasi dapat dilakukan, maka perencanaan yang lebih matang dapat disiapkan. Dalam membuat rencana yang baru, jangan lupa untuk mengantisipasi setiap kendala, kegagalan dan kesalahan yang mungkin akan terjadi. Bahkan anda harus menciptakan suatu rencana untuk  dijadikan batu loncatan dalam meraih sukses.

Itulah beberapa cara dalam menyikapi kegagalan dalan dunia pekerjaan. Untuk mencapai pertumbuhan ada baiknya anda menetapkan beberapa strategi atau target dalam upaya untuk mencapai pendapatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply