5 Cara Menjadi Seorang Pemimpin Hebat

5 Cara Menjadi Pemimpin Hebat
5 Cara Menjadi Pemimpin Hebat

Ikhtisar.com – Pemimpin identik sebagai simbol dari sebuah organisasi atau kepengurusan. Dia adalah orang pertama yang dilihat dan memiliki pengaruh untuk mengatur setiap jalannya kegiatan organisasi. Oleh karena itu, tak ayal seorang pemimpin memiliki tuntutan yang lebih tinggi daripada anggota-anggotanya. Tingkah laku, sikap dan tabiat seorang pemimpin akan dilihat dan terkadang menjadi sebuah contoh teladan bagi bawahannya.

Bagi Anda yang sedang berada di posisi yang memiliki otoritas untuk memimpin, ulusan berikut ini sedikit banyak akan membantu agar bisa belajar untuk menjadi pemimpin yang tidak biasa. Hal ini digunakan supaya organisasi dan anak buah yang ada di bawah wewenang dan kekuasaan Anda bisa menjalankan posisi mereka sebaik mungkin. Berikut cara menjadi seorang pemimpin yang hebat.

  1. Berinvestasi dalam diri Anda

Diri Anda adalah gudang aset. Ketika menjadi seorang pemimpin, cobalah berinvestasi dengan diri Anda . Tidak perlu menjadi orang yang berbeda, tetapi kembangkan hal-hal positif yang dimiliki serta tidak kenal lelah untuk terus belajar akan hal baru. Anda juga dituntut untuk memiliki pemahaman akan anak buah yang sedang dipimpin. Cara yang paling mudah adalah menggunakan manajemen diri agar dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal.

  1. Menyadari emosional

Keadaan emosional di sini artinya menyadari adanya hubungan batin antara Anda dan orang lain. Jalin hubungan yang baik dengan orang sekitar lingkungan kerja akan memberikan tanggapan positif bagi kepemimpinan Anda. Khusus untuk anak buah, perhatikan mereka sebagai manusia, bukan hanya alat penghasil uang semata.

  1. Tegas

Tidak ada mawar yang tak berduri. Artinya, keindahan dan penderitaan juga hidup berdampingan. Ada kalanya Anda memberikan sebuah penghargaan terhadap prestasi kerja anak buah, tetapi jangan segan untuk menegur mereka yang lalai melakukan pekerjaan. Hal ini dibutuhkan agar kinerja sebuah organisasi lebih baik, bukan hanya karena ingin dipandang memiliki taring kepemimpinan.  Tegas diwajibkan kepada siapapun yang ada dalam supervisi Anda, meski mereka adalah teman dekat, mantan rekan kerja, atau anak buah langsung lainnya.

  1. Tahu batasan

Melakukan pendekatan dengan anggota adalah yang yang penting, tetapi jangan sampai tidak ada batasan antara Anda dan mereka. Hal tersebut berguna supaya apa yang Anda lakukan di organisasi tidak dipandang sebelah mata oleh mereka. Pendekatan bisa dilakukan sebatas agar anak buah nyaman berada di dekat Anda.  Pola pendekatan yang pertama adalah menyasar masalah pekerjaan atau profesionalisme, dan sedapat mungkin hindari urusan personal atau pribadi yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan.

  1. Ikuti visi organisasi Anda

Jika Anda ingin memiliki visi kepemimpinan dalam beberapa tahun, bentuklah dari visi besar organisasi. Hal tersebut dapat memberikan Anda arah yang jelas untuk mencapai sebuah tujuan dan dipandang oleh anak buah sebagai orang yang memiliki keseriusan untuk menggarap sebuah program kerja. Hasilnya, mereka juga secara otomatis akan serius dalam bekerja di bawah Anda.

Sejatinya masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi pemimpin yang hebat. Namun, kelima cara di atas sudah menjadi dasar yang efektif bagi kehidupan para pemimpin. Jadilah seseorang yang dapat memimpin dengan benar, bukan hanya pemimpin yang baik. Tegas, Bertanggung Jawab dan berani mengambil keputusan merupakan ciri-ciri seorang pemimpin yang hebat.

Leave a Reply