5 Cara Membangun Reputasi di Tempat Kerja Anda

5 Cara Membangun Reputasi di Tempat Kerja
5 Cara Membangun Reputasi di Tempat Kerja

Ikhtisar.com – Salah satu hal terpenting dalam dunia pekerjaan adalah menjaga kepercayaan dan reputasi diri sendiri agar bisa menjalani karir dengan baik. Anda bisa menilai atau mengukur reputasi diri Anda dengan kata-kata yang Anda gunakan di tempat kerja. Hubungan yang baik dapat terjalin apabila Anda bisa merangkai kata-kata yang tepat ketika Anda berbicara dengan siapapun di lingkungan tempat Anda bekerja. Selain itu, Anda juga akan dipercaya oleh rekan kerja Anda. Karena itulah usahakan untuk selalu berpikir dua kali sebelum Anda berbicara atau mengeluarkan pendapat. Sebab kata-kata yang salah dapat membuat reputasi dan citra Anda menjadi tidak baik di mata orang lain. Seperti yang dilansir dari laman Lifehack.org, terdapat 5 kata atau cara yang bisa membangun dan meningkatkan reputasi Anda di kantor tempat Anda bekerja. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Ide Brilian

Untuk dapat mengenali ide-ide yang baik dari rekan kerja Anda, Anda juga harus bisa memberikan ide sekreatif mungkin. Ide-ide tersebut sangat dibutuhkan untuk meraih keberhasilan dalam bekerja. Di samping itu, jika Anda bisa menghargai dan mengapresiasi ide-ide dari para rekan kerja Anda maka Anda juga akan dihargai bahkan dipercaya oleh mereka. Ide brilian tidak harus berupa inovasi baru, transformasi bisnis ataupun sebuah model baru dari sebuah produk, namun bisa berupa ide perbaikan kerja, ide perubahan alur proses dan lainnya.

  1. Terima Kasih

Salah satu cara untuk membangun reputasi di tempat kerja adalah sering mengucapkan terima kasih. Bentuk ucapan terima kasih tersebut dapat Anda lakukan dengan mengirimkan sebuah email pada rekan kerja Anda maupun mengucapkannya secara langsung. Tidak berat rasanya mengucapkan ungkapan apresiasi terhadap rekan kerja Anda, meski sebenarnya hanya berupa dukungan atau bantuan kecil.

  1. Banyak Bertanya

Langkah awal untuk berkomunikasi dengan beberapa rekan kerja Anda salah satunya yaitu bertanya pada mereka. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan sering bertanya. Manfaat tersebut di antaranya yaitu Anda akan bisa mengetahui apa saja pertanyaan yang bagus dan dapat mengumpulkan berbagai macam informasi dari orang-orang di lingkungan tempat Anda bekerja. Bertanya tidak berarti Anda “nyinyir” sekedar membuka komunikasi, namun bertanya dalam konteks membangun sebuah komunikasi timbal balik yang saling menguntungkan.

  1. Mengerti

Di setiap tempat kerja tidak jarang banyak terjadi konflik dan kesalahpahaman. Anda harus bisa meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesah dari rekan kerja Anda saat situasi tersebut terjadi. Ada baiknya Anda tidak hanya mendengarkan namun juga memahami serta memberikan nasihat dan solusi kepada rekan kerja Anda.

  1. Menolong

Agar bisa melakukan pendekatan dengan rekan kerja Anda, Anda harus sering menolong orang di lingkungan tempat kerja Anda. Bentuk pertolongan tidak berarti mengerjakan pekerjaan mereka, namun dapat berupa bantuan kecil, seperti memberikan data yang Anda miliki untuk menjadi bagian riset mereka, atau sekedar mencarikan sumber informasi yang dibutuhkan melalui internet.

Demikianlah 5 cara yang dapat membangun sekaligus meningkatkan reputasi Anda di kantor tempat Anda bekerja. Dengan menerapkan kelima cara tersebut diharapkan Anda akan semakin dipercaya oleh rekan kerja maupun atasan Anda. Jika Anda memberikan sesuatu yang baik pada orang lain, Anda juga akan menerima balasan yang baik. Kerjasama selalu dimulai dengan membangun rasa saling percaya dan saling berbagi.

Leave a Reply