5 Cara Lebih Bahagia di Tempat Kerja

Tidak peduli bagaimana bergairahnya Anda dengan Bisnis dan Pekerjaan, Stres, Jam Kerja yang panjang, dan Segudang kekhawatiran dapat membuat Anda merasa tidak bahagia di tempat kerja. Menurut sebuah laporan, hanya 47% orang yang puas dengan pekerjaan mereka.  Maka kemanakah selebihnya..? dan termasuk dimanakah posisi Anda sebagai Pekerja..?

“Kami menghabiskan waktu terlalu banyak di tempat kerja untuk menjadi tidak bahagia,” kata Beth Thomas, penulis How to Get and Stay Happy at Work  (Sourcebooks, 2010).  Menjadi bahagia di tempat kerja tidak hanya dapat mempengaruhi suasana hati Anda, tetapi juga berdampak pada Produktivitas dan Bottom Line perusahaan Anda.

Bawalah Sukacita ke dalam pekerjaan Anda dan Tingkatkan Keberhasilan Organisasi Perusahaan Anda dengan beberapa cara berikut ini:

1. Tetap Berada di Masa Kini. Banyak pikiran negatif Anda berasal dari mengkhawatirkan situasi yang mungkin tidak pernah terjadi dan mungkin tidak akan pernah terjadi. Sementara pengusaha sering harus membuat rencana kontingensi, dan terus menerus memikirkan skenario terburuk sehingga dapat menempatkan tekanan berlebihan pada Tubuh dan Pikiran dan mengeringkan Sumber Daya yang mana lebih baik digunakan dengan cara yang lebih Produktif.  Jangan pernah terlalu mengkhawatirkan peristiwa atau kondisi yang mungkin belum tentu terjadi.
Cara terbaik untuk mengatasi Pikiran Negatif adalah dengan memisahkan Fiksi dari Fakta. Jadi, lain kali ketika Anda menemukan diri tengah menghadapi pikiran negatif, Analisa Situasi dan Kondisi dan Tanyakan apakah Anda bereaksi terhadap situasi Nyata atau Bayangan.  Tetaplah berada dalam dunia nyata.

2. Terlibat dalam Pikiran Positif. Pergeseran pikiran negatif menjadi positif dapat membantu meningkatkan mood Anda dan Pola Pikir. Setiap kali pikiran negatif muncul di kepala Anda, maka Berhenti dan Berpikirlah tentang sesuatu yang positif. Lakukan ini selama beberapa minggu kedepan dan Anda akan segera melihat bahwa Anda sedang menciptakan sebuah kebiasaan baru yang akan meningkatkan kebahagiaan Anda tidak hanya di tempat kerja, tapi dalam kehidupan sehari-hari Anda.  Anda tentu sering mendengar bahwa Berpikir Positif akan membawa Hasil Positif dan berkeyakinan Negatif tentu mengarahkan Anda dalam perjalanan Negatif.

3. Membantu Orang Lain. Apakah terlibat dalam kegiatan Filantropi atau membantu staf Anda berkembang dan meningkat dalam pekerjaan mereka.  Ketahuilah bawah amal baik adalah rahasia menuju kebahagiaan abadi. Kebahagiaan di tempat kerja bukanlah tentang apa yang Anda capai sendiri. Ini bukan tentang membantu diri Anda terlihat lebih baik, tetapi tentang membuat semua orang di tim Anda tampil lebih baik.  Menyiapkan program Mentoring karyawan di mana anggota staf senior akan membantu staf junior, atau mengajak staf Anda terlibat dalam kegiatan amal seperti Bakti Sosial akan memberikan kebahagiaan mereka dalam pekerjaannya.

4. Istirahat. Sementara pengusaha sering termotivasi oleh stres positif, jenis yang mendorong kita untuk berbuat lebih banyak, penting untuk mengenali ketika pikiran dan tubuh Anda perlu istirahat. Bahkan jika Anda menyukai pekerjaan Anda, stres tetap dapat membebani Anda dan membuat Anda tidak bahagia. Jadwalkan beberapa hari libur atau temukan beberapa outlet untuk bersenang-senang setelah bekerja atau pada akhir pekan, Istirahatkan Pikiran Anda dan Remajakan Tubuh Anda.

5. Membuat Daftar Rasa Syukur. Kebahagiaan tidak hanya datang dari sesuatu yang menjadi kenyataan  ketika Anda tidak miliki sebelumnya, tapi kebahagiaan juga datang dengan cara Mengakui dan Menghargai apa yang sudah Anda miliki. Tuliskan lima hal yang Anda syukuri setiap hari sebelum Anda mulai bekerja, atau sebelum Anda meninggalkan kantor pada sore hari, untuk melatih otak Anda untuk fokus pada positif.

Kebahagiaan akan membawa suasana nyaman dan ini menjadi salah satu fundamental setiap Pekerja menikmati hari-hari dalam rutinitasnya.  Kebahagiaan tidak hanya dengan mendapatkan sesuatu yang belum ada namun juga dengan menghargai sesuatu yang telah ada.  Hargai pekerjaan Anda dan lihat berapa banyak orang disekitar Anda yang belum memiliki pekerjaan, sehingga secara tidak langsung Anda telah membangun Kebahagiaan dalam Tempat Kerja.

Leave a Reply