5 Bola Permainan dalam Hidup Anda, menurut Bryan Dyson Former CEO Cola Cola

bola permainan dalam hidupSebagai pribadi sosial yang butuh orang lain, maka sukses Anda dapat dipengaruhi oleh orang lain.  Pasangan hidup, anak dan istri, keluarga terdekat, sanak saudara, teman dekat, sahabat dan kerabat, rekan kerja serta atasan atau bawahan Anda, semua merupakan salah satu dari sekian faktor sukses dalam hidup Anda.  Faktor sukses adalah sekian banyak hal yang berpengaruh pada motivasi pencapaian Anda dalam hidup.  Motivasi dari dalam diri sudah diakui sebagai yang terbaik dalam membangun semangat dan gairah, sedangkan motivasi dari luar merupakan faktor pendukung yang berguna memperkuat semangat dan gairah Anda.

Bryan G. Dyson, selaku Former CEO Coca Cola, sebuah perusahaan multinasional yang sudah terkenal, pernah berujar dalam sebuah pertemuan teknologi di Georgia, Sept 1996, yakni mengenai hidup merupakan sebuah permainan bola dengan menggunakan 5 bola.  Dan Anda memainkan semua bola tersebut di udara.  Sebutlah kelima bola tersebut adalah “Work”,” Family”, “Health”, “Friends” dan “Spirit”.  Kelima bola tersebut Anda mainkan dengan pola permainan yang hanya Anda yang dapat menguasainya.  Berikut kutipan pidato Bryan Dyson pada forum tersebut :

“Imagine life as a game in which you are juggling some five balls in the air. You name them – Work, Family, Health, Friends and Spirit and you’re keeping all of these in the air.

You will soon understand that work is a rubber ball. If you drop it, it will bounce back. But the other four balls – Family, Health, Friends and Spirit – are made of glass. If you drop one of these; they will be irrevocably scuffed, marked, nicked, damaged or even shattered. They will never be the same. You must understand that and strive for it.

Work efficiently during office hours and leave on time. Give the required time to your family, friends and have proper rest. Value has a value only if its value is valued.”

Bryan Dyson menjelaskan bahwa Work (Pekerjaan) adalah bola yang seketika Anda jatuhkan, ternyata dapat memantul kembali, setiap Anda selesai dengan pekerjaan meski hasilnya buruk, Anda masih mempunyai kesempatan untuk mengerjakannya kembali esok dan pada waktu yang lain. Sementara 4 yang lain, Family-Health-Friends-Spirit, adalah bola-bola yang sangat ringkih, bola kaca yang terjatuh maka akan pecah.  Jika Anda menjatuhkannya, maka salah satu mereka akan lecet, luka, sobek, cacat atau bahkan hancur.  Anda harus memahami dan mengerti akan keempat bola tersebut dan Anda harus berusaha menjaganya. Keluarga adalah bagian utuh yang tidak akan terpisahkan meski Anda berpindah pekerjaan, Kesehatan akan selalu melekat pada diri Anda dan hanya Anda sendiri yang dapat menjaganya, Teman adalah sejawat yang selalu menerima kondisi bagaimanapun dan dimanapun Anda, dan Spirit (Semangat) adalah motivasi diri Anda yang tidak akan lari kemanapun.

Pengertian dari Bryan Dyson ini dapat dijelaskan lebih lanjut yakni :

  • Jangan pernah membandingkan diri Anda dengan orang lain,  setiap nilai Anda akan berbeda dengan nilai orang lain, dan setiap orang mempunyai perbedaan dan masing-masing mempunyai keistimewaan.
  • Jangan pernah menetapkan tujuan Anda sama dengan orang lain, karena hanya Anda yang tahu mana yang terbaik bagi Anda.
  • Jangan pernah meremehkan apa yang paling dekat dengan hati Anda.  Turuti suara hati maka Anda akan hidup dengan kesenangan dan ketentraman.  Tanpa kedekatan dengan hati Anda, maka hidup tiada berarti.
  • Jangan pernah membiarkan hidup menyelinap sehingga membuat Anda hidup dimasa lalu atau hidup dimasa depan.  Jalani hidup Anda hari ini maka Anda akan menikmati hidup Anda selamanya.
  • Jangan menyerah ketika Anda masih memiliki sesuatu untuk diberikan. Tidak ada yang benar-benar berakhir sampai saat Anda berhenti berusaha.
  • Jangan takut untuk mengakui bahwa Anda kurang sempurna. Ini adalah benang rapuh yang mengikat kebersamaan Anda dengan orang lain.
  • Jangan takut untuk menghadapi risiko dengan mengambil sebuah peluang untuk Anda belajar bagaimana membuka jalan keberhasilan.
  • Jangan menutup rasa cinta Anda dengan kehidupan dengan mengatakan tidak mungkin untuk menemukan waktu.   Cinta adalah dengan memberi dan tetap mencinta adalah dengan melepaskannya kepada siapapun.
  • Jangan lari dalam kehidupan Anda begitu cepat sehingga lupa dimana Anda sudah berada dan kemana tujuan Anda.
  • Jangan lupa, bahwa kebutuhan emosional terbesar seseorang adalah merasa dihargai.
  • Jangan takut untuk belajar. Pengetahuan adalah hal ringan yang selalu dapat Anda bawa dengan mudah kemanapun.
  • Jangan menggunakan waktu atau kata-kata dengan sembarangan. Keduanya tidak dapat diambil kembali. Hidup ini bukanlah perlombaan, namun sebuah perjalanan yang harus dinikmati setiap langkahnya.

Bryson Dyson mengajak Anda Bekerja dengan Efisien selama jama kerja dan segera tinggalkan setelah waktunya.  Tidak perlu berlebihan dalam pekerjaan Anda, dan manfaatkan waktu Anda lainnya untuk Keluarga, Kesehatan, Diri Sendiri dan Teman.  Sebuah Nilai hanya akan Bernilai manakala Nilai tersebut diberikan Nilai (Value has a value only if its value is valued).

Leave a Reply