4 Pihak Yang Paling Berpengaruh Pada Pengembangan Karir Anda

4 Pihak Yang Paling Berpengaruh Pada Pengembangan Karir Anda

4 Pihak Yang Paling Berpengaruh Pada Pengembangan Karir Anda

Ikhtisar.com – Dalam bekerja kita sangat dituntut untuk berlaku profesional dan harus selalu belajar. Kedua poin ini memang sangat penting bagi Anda yang ingin memiliki karir yang baik. Anda tentu tidak ingin selalu menjadi karyawan biasa bukan? Pasti Anda ingin berkembang menjadi Kepala Bagian, Supervisi, atau Manajer.  Pengembangan Karir adalah salah satu bagian terpenting bagi seseorang dalam bekerja.

Semua angan-angan tersebut dapat Anda wujudkan dengan cara yang benar. Anda tentu harus memiliki strategi khusus. Namun tidak hanya itu, dibalik rencana Anda tentu ada beberapa pihak yang bisa berpengaruh terhadap karir Anda ke depan. Dengan mengetahui pihak-pihak tersebut tentu Anda harus semakin hati-hati dalam bertindak.  Berikut 4 pihak yang berpengaruh pada pengembangan karir Anda.

1.  Karyawan itu Sendiri

Pihak yang paling penting adalah pihak diri karyawan itu sendiri. Jika Anda sebagai karyawan saja belum bisa mengatur diri jangan harap akan memiliki perjalanan karir yang baik. Jenjang karir yang baik hanya akan dimiliki mereka yang memang matang dan mampu mengontrol diri. Hal lain yang harus Anda lakukan adalah:

  • Selalu berinisiatif tinggi dalam menghadapi pekerjaan
  • Terus belajar guna mengembangkan kualitas diri
  • Tak menyerah dengan berbagai tantangan pekerjaan

Pengembangan Karir sudah menjadi tanggung jawab Anda, jika Anda tidak menginginkannya berkembang, maka dapat dipastikan perjalanan karir Anda akan stagnan.

2.  Manajer Anda

Pihak kedua yang memiliki pengaruh besar adalah manajer Anda. Hal ini dikarenakan dia merupakan atasan paling terdekat Anda. Dia melihat kinerja Anda tentu dari sudut pandang yang lebih jauh dibandingkan rekan kerja. Sebenarnya banyak tanggung jawab yang diemban oleh seorang manajer. Selain dia bertanggung jawab dalam kemajuan perusahaan, seorang manajer juga harus mampu menjadi pelatih karyawan. Karyawan menjadi semakin berkualitas tentu bagian dari keberhasilan manajer dalam memimpinnya.  Keberhasilan seorang manajer dalam Pengembangan Karir mereka juga dinilai sejauh mana mereka mampu mengembangkan masing-masing anggota tim.

3.  HRD (Human Resource Development)

Pihak ketiga yang berpengaruh pada perjalanan karir Anda adalah HRD. HRD merupakan bagian dari kantor yang bertanggung jawab dalam rekrutmen dan pengembangan kemampuan karyawan sebuah perusahaan. Tentu sedikit banyak mereka akan berdampak pada kemampuan Anda dalam menjalankan tugas. Tanggung jawab dari HRD antara lain menyediakan training serta program pengembangan, mengecek kemampuan dari karyawan, mengadakan konseling, dan memberikan informasi pelatihan.

4.  Pemimpin Perusahaan

Pihak terakhir yang memberikan pengaruh pada karir Anda adalah pemimpin perusahaan. Meskipun dia tidak menyentuh Anda secara langsung namun kepemimpinannya dalam membentuk sistem sangat berpengaruh banyak. Sebab tanggung jawabnya seperti sumber daya manusia yang handal, sarana dan fasilitas kantor, manajemen perusahaan, sistem pemberian tugas dan mandat, dan lainnya. Hal tersebut jika dikelola dengan matang akan membentuk sistem yang solid sehingga memudahkan perkembangan karir karyawannya.

Empat pihak tersebut tentu akan membantu Anda dalam mengembangkan karir. Perusahaan yang matang pasti akan memiliki 4 pihak tersebut. Oleh karena itu, tetap fokus dan selalu berikan performa kerja yang terbaik. Tentu Anda akan menjadi pertimbangan paling baik untuk naik jabatan. Jangan lupa untuk bersosialisasi dengan baik karena hal tersebut juga akan menunjang karir Anda.

Leave a Reply