4 Perilaku yang Esensial agar Tujuan dan Nilai Hidup Anda selaras terhadap Tindakan

4 Perilaku Pemimpin agar Tujuan Nilai Selaras terhadap Tindakan

4 Perilaku Pemimpin agar Tujuan Nilai Selaras terhadap Tindakan

Tujuan akan menjadi Inspirasi dalam hidup Anda, Nilai dan Prinsip akan menjadi Panduan dan Perilaku menjadi Definisi dari semuanya.  Sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi, Anda perlu menyelaraskan tujuan dan nilai-nilai dengan tindakan nyata, sehingga tercapai efektivitas proses dan hasil yang optimal. Empat Kebiasaan Penting bagi Pemimpin yang merupakan perilaku esensial yang harus disikapi yakni

Hubungkan Perusahaan dengan Tujuan Individual

Salah satu kebiasaan pemimpin adalah perlu berkultivasi untuk mencegah terputusnya antara Nilai dan Kebiasaan, atau Gagasan dan Tindakan, sehingga secara konsisten akan mengikat tujuan perusahaan dengan tujuan individual.  Anda perlu mendefinisikan Tujuan dan Nilai terlebih dahulu, kemudian mencari tahu Perilaku yang akan mengubah Gagasan tersebut menjadi Tindakan nyata.  Sehingga di penghujung hari, orang-orang tidak muncul hanya karena gaji, namun karena mereka percaya pada Nilai dan mereka menjalani Tujuan mereka.

Luangkan Waktu untuk Gagasan Baru

Kebiasaan sehari-hari sebagai satu hal yang akan membedakan orang-orang yang dapat berevolusi dari hal-hal yang tidak dapat dilakukan. Rekomendasinya adalah, Luangkan 10 menit setiap hari untuk berhubungan dengan sesuatu yang baru: dapatkan informasi dari sumber yang berbeda, misalkan Anda membuka twitter dan follow 3 orang baru. Mengacarakan makan malam sekali sebulan dengan seseorang yang berpikiran berbeda dari Anda.

Bertanya, Jangan Memberitahu

Kebiasaan penting lain yang harus dikembangkan oleh pemimpin adalah apa yang disebut “Permintaan Apresiatif”.  Daripada Anda datang ke sebuah pertemuan dengan menunjuk atau menyalahkan orang lain, lebih bermanfaat jika Anda membuka dengan sebuah pertanyaan, ini akan membantu mengenali orang-orang biasa yang mau berkembang, daripada meletakkan masalah di dalam sebuah kotak yang mana tidak ada seorang pun ingin menyentuhnya.

Komunikasikan Nilai melalui Perilaku

Perilaku penting keempat adalah mengkomunikasikan nilai Anda setiap hari. Tapi ingatlah bahwa perilaku adalah komunikasi, Anda tidak bisa hanya berbicara nilai. Ketika nilai inti yang diketahui sepenuhnya dan dipahami, karyawan akan 39 kali lebih mungkin untuk terlibat penuh. Memiliki seperangkat nilai dan perilaku yang diaktifkan dalam sebuah organisasi akan bermanfaat di tempat kerja dan berdampak pada pekerjaan yang Anda lakukan.

Kebiasaan yang Anda pilih adalah mekanisme untuk membuka potensi dan keterlibatan yang terkunci dalam organisasi dan tim Anda saat ini. Terserah Anda sebagai pemimpin hari ini untuk menumbuhkan kebiasaan yang menutup celah antara apa yang Anda Katakan Anda hargai dan tindakan yang Anda pilih untuk dilakukan.

Leave a Reply