4 Hal Penting Yang Bisa Menghancurkan Karir Profesional Anda

4 Hal Penting Yang Bisa Menghancurkan Karir
4 Hal Penting Yang Bisa Menghancurkan Karir

Adanya pekerjaan tentu sangat membantu kita untuk memenuhi kebutuhan yang kian banyak kian hari. Untuk memulai karir di suatu perusahaan umumnya memang dimulai dengan posisi yang biasa saja. Gaji pas-pasan dan fasilitas apa adanya. Namun tuntutan istri dan anak bagi yang sudah berkeluarga, supaya bahagia mengharuskan Anda untuk berpikir jangka panjang.

Pikiran jangka panjang yang dimaksud adalah jenjang karir. Pilihlah perusahaan yang memang memiliki prospek jenjang karir yang baik dan dapat mengapresiasi prestasi kerja nantinya. Sebab tidak semua perusahaan sekarang melakukan hal itu. Untuk memperlancar jenjang karir Anda tentu harus dibuktikan dengan kinerja yang baik. Terdapat beberapa hal lainnya yang malah bisa menghancurkan karir dan profesi Anda. Simak poin-poinnya sebagai berikut.

1.  Pekerjaan tidak Sesuai

Pilihlah pekerjaan atau posisi di suatu perusahaan karena memang Anda memiliki passion tersebut. Biasanya memang gaji menjadi point pertama yang dilihat oleh para pencari kerja. Namun ubahlah sikap itu sekarang juga. Sebab jika Anda masih memperhatikan gaji, maka bukan hal yang tidak mungkin dalam jangka panjang karir akan hancur, atau minimal akan mengalami kemunduran. Biasanya Anda tidak akan berkembang dalam karir dan profesi bila seperti itu adanya. Hal ini dikarenakan pemaksaan secara tidak langsung pada pikiran dan batin Anda.  Pilihan jenis pekerjaan yang sesuai hasrat dan minat Anda akan lebih memudahkan pengembangan karir kedepannya.

2.  Over Kerja Keras

Setiap perusahaan tentu akan senang jika karyawan bekerja rajin bahkan sampai larut malam. Namun ini tidak selalu baik untuk Anda. Bekerja terlalu keras hingga begadang akan membuat keesokan hari lebih mudah lelah. Alhasil kinerja kurang baik dan deadline bisa mundur semua. Hal tersebut malah akan memperburuk citra karir Anda. Oleh karena itu, bekerjalah secara cerdas dan manfaatkan waktu di kantor dengan baik. Sehingga lebih banyak pekerjaan selesai tanpa harus begadang di kantor. Kerja Keras adalah pondasi dasar keberhasilan dalam karir, namun kerja cerdas akan mempercepat jenjang karir Anda.

3.  Ambisius Tinggi

Ambisi merupakan sifat dan sikap yang sebenarnya harus dimiliki setiap orang. Sebab dengan adanya ambisi, Anda akan selalu berusaha untuk mencapai target yang telah ditentukan. Namun ternyata ambisius tidak selalu berakibat baik. Hal ini malah bisa membuat Anda menjadi pribadi yang congkak dan memandang rendah orang lain. Jadi, janganlah terlalu ambisius dalam bekerja, terutama dengan membenarkan segala cara demi tercapainya tujuan. Ambisi perlu diimbangi dengan sikap positif dan kerjasama yang baik, mengedepankan semangat kebersamaan dan sukses tim.

4.  Masa Bodoh dengan Stress

Selama bekerja, otak dan otot pasti akan tertekan. Hal ini memang wajar, sehingga Anda selalu diberikan waktu istirahat seperti hari Sabtu dan Minggu. Namun tak jarang rasa stress atau tertekan ini timbul di tengah-tengah hari ketika aktif bekerja. Jika itu terjadi, luangkanlah waktu untuk merefresh pikiran. Stress juga akan mengganggu kesehatan Anda, pekerjaan pun akan menjadi imbasnya. Hal ini bisa memperburuk karir Anda selama ini. Setiap beberapa jam setelah berkutat didepan laptop, luangkan beberapa menit untuk menenangkan pikiran. Dan jika Anda lakukan dengan konsisten, niscaya tekanan dan beban kerja akan mudah dipangku.

Hindarilah beberapa hal di atas. Berikanlah kinerja yang memiliki kualitas baik. Jangan bekerja banyak dengan membantu sana sini namun tidak ada artinya. Ambillah profesi yang memang sesuai dengan passion Anda sehingga membantu perkembangan maupun jenjang karir, dan bukan memilih profesi yang berduit semata, namun berat dalam pelaksanaannya.

Leave a Reply