4 Cara Tepat Mendapat Posisi Eksekutif Di Kantor

4 Cara Tepat Mendapat Posisi Eksekutif Di Kantor

4 Cara Tepat Mendapat Posisi Eksekutif Di Kantor

Ikhtisar.com – Karir merupakan tujuan awal dalam sebuah pekerjaan yang akan Anda lamar. Setelah mendapatkannya biasanya orang akan berusaha untuk bekerja lebih giat agar memiliki pengakuan yang lebih, baik dari lingkungan teman sekerja, maupun atasan. Hasil yang diharapkan tidak lain adalah dapat dipromosikan untuk memiliki karir yang lebih baik.

Untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dalam sebuah pekerjaan, Anda dituntut memiliki kemampuan di atas karyawan pada umumnya. Bila tidak, maka posisi yang Anda inginkan akan mudah untuk berpindah ke orang lain yang juga menginginkan dan memiliki nilai lebih dibandingkan Anda. Untuk mempermudah Anda meraih posisi tersebut, ada baiknya Anda mengikuti cara yang dirangkum menurut Careerealism:

Memperluas jaringan

Seorang eksekutif misalnya, bukan orang yang terampil bekerja sendirian. Anda dituntut untuk memiliki kemampuan jaringan kerja yang luas. Sebab, hal ini akan berpengaruh ketika pimpinan melihat Anda nantinya. Tidak jarang mereka membutuhkan referensi yang cukup banyak untuk memastikan Anda cocok menduduki posisi tersebut. Anda bisa memulai dari sekarang dengan cara terbuka terhadap rekan kerja bahwa posisi eksekutif adalah tujuan yang sedang Anda perjuangkan.

Pasarkan diri Anda melalui CV

CV atau resume adalah ruang pasar yang penting bagi pencari kerja atau bagi Anda yang ingin meniti karir lebih baik. Sebauh CV yang berisi pengalaman kerja dalam bidang yang terkait bisa menjadi pertimbangan yang kuat bagi pimpinan sebuah perusahaan untuk menempatkan Anda. Cobalah untuk menuliskan keahlian dalam bidang yang sedang diincar secara jelas dan tepat. Sertakan juga beberapa penghargaan yang membuktikan diri Anda adalah orang yang cenderung memiliki motivasi tinggi.

Latihan berbicara

Kemampuan berbicara tidak hanya datang secara sendirinya, tetapi bisa juga karena terbiasa memiliki latihan berbicara. Oleh karena itu, jangan menunda latihan berbicara jika Anda ingin menempati posisi seorang eksekutif. Biasanya, seorang dengan posisi tersebut akan dihadapkan dengan berbagai macam presentasi dan pertemuan dengan pimpinan yang membutuhkan kemampuan berbicara baik. Anda bisa memulai latihan bicara dengan cara menganggap semua orang yang Anda temui seolah-olah adalah ujian presentasi.

Berpikiran positif

Ketika Anda menginginkan sebuah posisi tidak serta merta langsung mendapatkannya. Terkadang Anda harus melewati berbagai penolakan yang menempa Anda menjadi lebih baik. Pastikan pikiran positif menguasai hidup Anda pada hal ini sehingga setiap penolakan akan dinilai sebagai jembatan meraih kesuksesan. Ada kalanya Anda bermimpi buruk, tetapi jangan sampai mimpi itu mempengaruhi aktivitas. Pikiran positif akan membawa Anda kepada penyerahan diri dan tetap memiliki semangat untuk mencobanya lagi. Tetap semangat dan lakukan yang terbaik dalam hidup Anda, sukses akan mengikuti di belakang.

Kegagalan banyak profesional dalam menggapai posisi karir yang diinginkan terjadi bukan hanya karena kompetensi atau kapasitas yang tidak mumpuni, namun bisa juga terjadi karena sikap dan perilaku yang serba ingin cepat (instan).  Jika Anda baru menjalani fungsi sebagai manajer dalam beberapa tahun, maka tentunya perlu introspeksi sejauh mana Anda pantas menduduki posisi GM, dimana posisi ini membutuhkan tidak sekedar kompetensi namun juga sikap dan kedewasaan dalam berpikir dan pengambilan keputusan.  Cara-cara yang tepat akan mempermudah jalan Anda mendapat posisi eksekutif ditempat kerja.

Leave a Reply