4 Cara Mengelola Emosi Dengan Baik di Kantor saat Bekerja

4 Cara Mengelola Emosi Dengan Baik di Kantor

4 Cara Mengelola Emosi Dengan Baik di Kantor

Ikhtisar.com – Suasana hati yang buruk atau sering disebut dengan istilah bad mood dapat memberikan pengaruh buruk terhadap diri Anda sendiri dan juga orang lain. Bad mood tidak serta merta muncul secara tiba-tiba melainkan disebabkan karena beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut di antaranya yaitu hormon, adanya permasalahan yang terjadi di rumah, dan pekerjaan yang tidak berjalan lancar atau tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Bad mood yang dibiarkan terus menerus akan sangat merugikan diri Anda terutama ketika Anda sedang berada di tempat kerja. Maka dari itu Anda harus berusaha untuk menghindari munculnya bad mood tersebut. Di samping itu, Anda juga harus bisa menjaga kestabilan emosi Anda. Seperti yang dilansir dari laman entrepreneur.com, terdapat 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur emosi dengan baik ketika Anda sedang bekerja di kantor. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Jangan Dimasukkan Ke Hati

Usahakan Anda tidak mudah tersinggung dengan berbagai kritikan dari rekan kerja maupun atasan di tempat kerja Anda. Tanpa Anda sadari justru kritikan tersebut bisa membuat diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, ketika Anda sedang bad mood, supaya hal tersebut tidak bertambah parah maka ada baiknya untuk tidak memasukkan ke dalam hati saran-saran atau kritikan yang menurut Anda kurang mengenakkan. Menjaga perasaan diri sendiri jauh lebih bermanfaat bagi perkembangan mental dan psikologi Anda, dibandingkan Anda “meminta” lawan bicara untuk menjaga kata-kata mereka.

  1. Relaksasi

Sebaiknya Anda memisahkan diri Anda terlebih dahulu dengan rekan kerja lainnya sebelum bereaksi secara berlebihan ataupun menyampaikan sesuatu yang mungkin bisa Anda sesali nantinya. Setelah memisahkan diri, Anda perlu melakukan teknik pernapasan untuk mengurangi tingkat stress. Teknik pernapasan tersebut terbukti bisa meredam emosi di dalam hati secara cepat dan efektif. Relaksasi berguna juga mengurangi sikap dan perilaku reaktif atau spontan Anda, sehingga akan terbiasa dengan memberikan respon secara positif.

  1. Hindari Pikiran Negatif

Konsentrasi Anda bisa berkurang jika terbiasa memikirkan sesuatu secara berulang-ulang. Selain membuat Anda kehilangan banyak waktu, kebiasaan tersebut juga bisa berpengaruh terhadap prestasi kerja Anda. Karena itulah Anda harus sering menenangkan diri sendiri dan senantiasa berusaha untuk berpikir positif. Belajar melihat situasi dan kondisi dari sudut pandang lain, dan membandingkannya dengan sudut pandang berbeda akan berguna bagi perkembangan pola pikir positif.

  1. Tinggalkan Beban di Rumah

Tinggalkanlah beban dan perasaan negatif Anda ketika sudah berada di kantor. Di samping itu, Anda sebaiknya tidak membawa masalah pribadi Anda ke kantor agar Anda bisa menjaga reputasi yang selama ini sudah dibangun dengan susah payah. Beban pribadi dan profesi perlu sedemikian rupa dipisahkan meski cukup sulit. Pun demikian, urusan profesional harus dapat menggarisbawahi antara pelaku dan perilaku orangnya. Anda mungkin benci dengan perilaku seseorang, namun jangan Anda benci dengan orangnya, karena mungkin ada sisi positif lainnya yang dapat diambil dari orang tersebut.

Itulah 4 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatur emosi dengan baik ketika Anda sedang bekerja di kantor. Dengan menerapkan keempat cara tersebut diharapkan Anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya diri Anda yang merasa tenang dan nyaman dengan suasana yang baik di tempat kerja namun juga rekan kerja serta atasan Anda.

Leave a Reply