4 Cara memperbaiki Percaya Diri Anda dengan Latihan Mudah

meningkatkan-percaya-diri-dengan-latihan-mudah
meningkatkan-percaya-diri-dengan-latihan-mudah

Percaya diri adalah bagian dari pengembangan diri Anda agar mudah diterima lingkungan, atau berbaur dengan lingkungan baru.  Meski sebagai pendatang dalam sebuah perusahaan, Anda tetap perlu mengembangan diri untuk lebih percaya terhadap kompetensi yang dimiliki.  Rasa percaya diri perlu dibangun, dikembangkan dan dilatih setiap waktu.  Berikut ini adalah 4 cara efektif yang mudah dilatih untuk memperbaiki Percaya Diri Anda.  Semakin baik percaya diri Anda, akan semakin mudah Anda berhadapan dengan berbagai masalah ataupun tantangan kerja.  Percaya Diri terbangun karena kinerja-kinerja Anda sebelumnya, dan kinerja yang baik dimulai dengan percaya diri akan kemampuan dan kemauan dari dalam.

1.  Berpakaian sesuai Bagian Peran Anda

Jika seorang dokter berpakaian layaknya seorang model, mungkin secara umum orang akan melihat dia bukanlah seorang dokter yang handal dan berpengalaman.  Meski tidak salah dengan cara berpekaian tersebut, karena pada akhirnya orang hanya melihat hasil kerja Anda.  Akan tetapi jika Anda ingin menjadi seorang ahli maka selayaknya Anda berpakaian sesuai dengan bagian atau peran Anda tersebut.  penelitian psikologi sudah menjelaskan akan hal ini, bahwa penampilan seseorang akan mengangkat optimisme terhadap perannya.  Seorang ahli bangunan, arsitek misalnya, tentu akan lebih percaya diri jika mempunyai meja gambar, alat tulis lengkap dan komputer yang mendukung.  Dan ini semua terkait dengan asosiasi, dengan pakaian ata peralatan yang sesuai, Anda akan berlaku layaknya peran tersebut.

2.  Pahami Keterbatasan Anda dan Yakin Anda dapat memperbaikinya

Dalam bukunya “Mindset: The New Psychology of Success, psikolog Carol S. Dweck menjelaskan pengaturan tugas atau aktivitas, bagaimana anak-anak mampu mengatasi kegagalan mereka. Tugas pertama harusnya mudah namun tugas-tugas harus bertumbuh lebih sulit, Dweck melihat sesuatu yang tidak diharapkannya. Alih-alih menjadikan frustrasi akan tugas mereka, anak-anak justru menjadi lebih giat dan lebih fokus. Mereka mengambil tantangan mereka sebagai kesempatan belajar dan sebagai peluang untuk bertumbuh. Untuk Dweck, itu adalah pola pikir yang sama sekali baru, yang melihat kemampuan bukan sebagai sesuatu yang tetap tetapi sebagai sesuatu yang dapat diperbaiki dan dibangun melalui pembelajaran, pengujian dan prestasi.

Pahami di mana Anda harus berjuang dan sementara Anda berharap sesekali akan kegagalan, Anda tidak akan membiarkan mereka terus mengganggu Anda. Anda akan merangkul kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan memindahkan kemampuan Anda ke depan.

3.  Lakukan Ritual Harian sebelum mengerjakan Tugas

Lihatlah seorang petenis profesional, Anda akan melihat bagaimana mereka memantul-mantukkan bola sebelum melakukan serve atau melompat-lompat sebelum mereka menerima bola. Cara mereka tersebut tidak hanya alat untuk belajar fokus; mereka tengah membangun ritual yang meningkatkan kepercayaan diri dan menjadikannya rasa nyaman.

Profesor Harvard Francesca Gino melakukan studi tentang efek dari ritual, ia menemukan bahwa cara itu membuat orang merasa lebih tenang dan lebih percaya diri dan pada akhirnya meningkatkan kinerja seseorang.

Kopi pagi dan sarapan sehat mungkin adalah hal kecil, namun dengan adanya hal demikian Anda tengah membangun diri menguasai hari-hari menjadi lebih baik.  Semakin handal Anda dengan ritual rutin, maka akan semakin ahli Anda mengerjakan dan menguasai tugas.

4.  Jangan Berlebihan terhadap Harga Diri Anda sendiri

Pada tahun 2003, Roy Baumeister, seorang profesor psikologi di Florida State University melihat kembali 15.000 studi mengenai teori harga diri. Dia menemukan bahwa hanya 200 dari penelitian tersebut sesuai dengan standar ilmiah dan tidak ada satupun yang menunjukkan bahwa harga diri yang tinggi menghasilkan hasil yang tinggi. Bahkan, ia menemukan bahwa meningkatkan harga diri sendiri benar-benar dapat membahayakan kemajuan karir. Alih-alih Anda memberitahu orang-orang di mana mereka perlu improve, dan justru mereka akan percaya bahwa mereka cukup baik dan dunia luarlah yang perlu improve.

Adalah satu hal untuk Anda yakin untuk memiliki sesuatu yang diperlukan agar berhasil, namun rahasia sukses yang sebenarnya tidak bergantung pada kepercayaan diri. Mempertajam keterampilanlah yang akan memberikan keyakinan atau Percaya Diri Anda.

Leave a Reply