3 Hal Sangat Penting Bagi Karyawan

Mempertahankan karyawan dengan Talenta dan Potensi Tinggi tidak mudah seperti Anda menguasai jari jemari Tangan.  Mereka adalah Aset yang sangat Dinamis dengan perubahan kondisi Internal maupun Eksternal Perusahaan khususnya.  Ungkapan umum yang Anda dengar dari mereka adalah Aktualisasi Diri, sehingga mereka akan selalu mencari yang terbaik dari yang terbaik.  Karyawan yang memiliki motivasi tinggi akan melakukan pekerjaannya dengan lebih baik dibandingkan rekan lainnya. Dan sebagai atasan, mendorong dan memotivasi bawahan Anda penting untuk membuat mereka bekerja dengan performa yang lebih baik. Namun seringkali atasan tidak tahu harus memulai dari mana. Inilah tantangan Anda sebagai Pimpinan Organisasi dalam membangun Sinergi dan Kolaborasi Karyawan.

Pada dasarnya Anda bisa mulai dari 3 hal yang mendasari Motivasi Karyawan, yaitu RED (Role, Environment, Development). Benarkah setiap karyawan hanya peduli terhadap 3 hal tersebut?

Coba bayangkan Anda mendapat dua tawaran kerja. Dengan gaji sama di industri yang sama, keduanya perusahaan terkemuka. Bagaimana Anda menentukan pilihan? Faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan Anda? Hasil diskusi dengan ratusan eksekutif dan berbagai jawaban dari mereka pastilah jatuh dalam salah satu dari 3 kategori tersebut.

Masing-masing individu memiliki preferensi dan ekspektasi yang berbeda-beda tentang Role (Peran), Environment (Lingkungan), dan Development (Pengembangan).

Ada yang suka tantangan, ada yang suka stabilitas, ada yang suka kerja di tempat tenang, ada yang betah bekerja di tempat yang ramai, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui apa yang menjadi motivasi tiap karyawan – sehingga bisa dilakukan pendekatan yang efektif – sebagai atasan, Anda perlu terus bercakap-cakap dengan mereka secara kontinyu dan menangkap informasi mengenai preferensi dan aspirasi mereka dalam bekerja. Saat Anda mengetahui apa yang menjadi motivasi karyawan, akan lebih mudah bagi Anda memotivasi mereka.

Role – Peran

Karyawan Anda ada yang memiliki Tingkatan Leadership yang cukup besar, dimana Anda perlu mengakomodir mereka dengan cara berbeda dibandingkan lainnya.  Mem-Berikan Kepercayaan, Men-Delegasikan Tugas, Ajakan Diskusi dan Bertukar Pikiran (Sharing and Discussing) merupakan salah satu cara Anda memberi Peran lebih pada mereka.  Kondisi ini memastikan mereka sebagai Bagian Sangat penting dalam Struktur Organisasi.  Sebagai Pemimpin Anda perlu melahirkan Pemimpin lainya.

Environment – Lingkungan

Ketenangan dan Kenyamanan dalam bekerja dan berkarya dalam sebuah Organisasi adalah faktor berikutnya yang menjadi prioritas karyawan termotivasi dan berprestasi.  Lingkungan Kasat mata seperti Rekan, Kolega, dan Tim Pendukung seperti Back Office, Marketing, Human Resource dan lainnya sangat berpengaruh dalam Suasana dan Lingkungan Kerja mereka.  Motivasi karyawan tergantung dari keadaan Lingkungan Kerja mereka, apakah membantu Pencapaian Kinerja atau justru penuh Intrik dan Doktrin yang tidak Profesional.

Development – Pengembangan

Siapa yang ingin bekerja seumur hidupnya hanya sebagai Karyawan Level Bawah..?  Mungkin tidak banyak orang-orang seperti itu dalam unit organisasi Anda.  Pada umumnya setiap orang ingin berkembang dan bertumbuh.  Awal tahun masuk sebagai Staff Administrasi tentu cukup sebagai pembelajaran untuk berkembang menjadi Staff Senior yang menjadi Leader beberapa Staf Admin.  Dan dalam beberapa tahun berikutnya tentu dia ingin kembali berkembang menjadi seorang Team Leader atau Supervisor yang membawahi beberapa orang staf.  Demikia seterusnya, yang berlaku Universal bagi setiap individu yang bekerja.  Tak lepas Anda sebagai Pimpinan Perusahaan juga hendak mendaki gunung berikutnya setelah beberapa puncak gunung terlampaui.  Hal ini adalah Lumrah dalam perjalanan hidup seseorang sebagai Profesional atau Business Owner.  Kembangkan Lingkungan Kerja yang Kondusif dan Nyaman serta penuh Program Pengembangan Sumber Daya Manusia baik Hard Skill maupun Soft Skill.

Jikalau memang perusahaan tidak mampu mengabulkan ekspektasi karyawan atas Role, Environment dan Development tersebut dalam pekerjaannya, maka akan lebih baik si karyawan tidak bekerja di sana baik Anda sebagi Pimpinan yang menyampaikannya atau mereka sendiri yang berterus terang dengan keadaan.  Seringkali yang terjadi adalah karyawan merasa tidak puas dengan pekerjaannya, padahal sebenarnya memungkinkan untuk menghubungkan motivasi dasar mereka dengan pekerjaan.  Hanya saja atasan mereka tidak berusaha mengetahui motivasi dasar tersebut.

Beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menjaga Motivasi Dasar Tim Anda adalah:

  • Luangkan Waktu untuk Interaksi
  • Bina Hubungan Komunikasi Profesional
  • Pertahankan Framework Kerja yang meliputi Role, Environment dan Development

Hal penting ini sudah menjadi Prioritas Utama setiap Individu dalam Aktualisasi Diri mereka sebagai Profesional, dan Kewajiban Anda selaku Pimpinan Perusahaan Menemukan dan Mempertahankannya.

Leave a Reply