3 Alasan Gaji Anda Habis Di Tengah Bulan

3 Alasan Gaji Anda Habis Di Tengah Bulan
3 Alasan Gaji Anda Habis Di Tengah Bulan

Ikhtisar.com – Gaji yang sering habis di tengah bulan sering dialami oleh semua karyawan. Apalagi jika anda karyawan baru yang belum bisa mengatur keuangan bulanan dengan baik. Alhasil gaji akan habis di tengah bulan, meskipun Anda mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan hidup Anda dalam satu bulan. Tentunya banyak faktor yang membuat gaji Anda tandas sebelum waktunya.

Jika anda sering mengalaminya, itu pertanda bahwa harus ada perencanaan keuangan yang lebih baik dan meninggalkan kebiasaan buruk untuk menghamburkan uang di awal bulan. Berikut ini berbagai kebiasaan buruk yang menjadi alasan gaji anda habis di tengah bulan :

  1. Pengeluaran tidak penting telalu banyak

Kebutuhan hidup memang perlu untuk dicukupi, namun harus ada skala prioritas hal yang penting dan kurang penting. Ada kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Semua itu harus menjadi acuan pemenuhan kebutuhan agar tidak membebani keuangan anda.

Jika anda kehabisan uang di tengah bulan, bisa jadi pengeluaran awal bulan yang tidak penting terus meningkat dan tidak terkontrol. Misalkan kebutuhan jalan-jalan, nongkrong, membeli barang bergengsi dan lainnya yang akan membuat keuangan bulanan anda kering. Meskipun gaji anda mengalami kenaikan, namun pastikan anda bisa menjaga nafsu untuk berbelanja dan menggunakan uang untuk hal yang kurang penting.

  1. Kurang peduli dengan masa depan

Meski banyak yang memikirkan masa depan dengan cara menabung atau menahan pengeluaran, ada pula yang terlalu acuh atau kurang memperhatikan masa depan. Bisa jadi anda termasuk salah satunya. Perencanaan masa depan sangat penting agar anda tidak menyesal di kemudian hari.

Mulai saat ini, benahi pola pikir anda dan berfikirlah seribu kali untuk mengelola keuangan agar tidak berdampak buruk pada masa depan anda. Bersiaplah untuk menabung dan berinvestasi yang minim risiko.

  1. Tidak Melakukan pencatatan keuangan

Pencatatan keuangan meski melelahkan, namun ini sangat penting sebagai bahan pertimbangan anda untuk melakukan pengeluaran dan pemasukan. Kebiasaan buruk anda yang tidak mencatat keuangan di awal atau akhir bulan bisa berdampak habisnya uang di tengah bulan.

Cobalah untuk mulai mencatat berapa pengeluaran dan pemasukan yang anda peroleh dan berlakulah lebih cerdas dalam mengelola uang. Anda tidak perlu membuat neraca yang rumit dan melelahkan, cukup mencatat pendapatan yang anda peroleh dan pengeluaran-pengeluaran besar yang harus dilakukan setiap bulannya.

Mengelola keuangan kadangkala membutuhkan kesabaran dan mengontrol hawa nafsu serta berfikir logis. Cobalah untuk melakukan perhitungan jangka panjang dan jangka pendek agar anda bisa menyisihkan uang dengan tepat tanpa harus meninggalkan kehidupan sosialita yang juga membutuhkan dana tidak sedikit. Perhitungan yang cermat ini akan membuat anda lebih bahagia dalam menjalani hidup serta ketenangan jiwa dan pikiran.

Leave a Reply