21 Kualitas Kepemimpinan Sejati, bagian 2

Kepemimpinan akan melekat dalam jiwa dan hati, semakin sering berhubungan dengan perilaku dan sifat manusia lainnya akan memperkuat Kepemimpinan Anda.  21 Kualitas Kepemimpinan Sejati telah diulas singkat untuk 7 pertama, selebihnya kita akan bahas sebagai pelengkap bagi pencarian jati diri Anda seorang Pimpinan menjadi Pemimpin.  Seorang Pimpinan mungkin adalah Manajer yang Baik namun belum tentu seorang Leader.  Dengan Posisi Anda sebagai Manajer maka Anda memiliki Potensi menjadi Pemimpin yang Handal dan memiliki Kualitas Kepemimpinan Sejati.

Berikut Kualitas Kepemimpinan selanjutnya yang dapat Anda pelajari dalam Perjalanan Pengembangan Diri Anda.

8.  Focus (Fokus)

Fokuskan 70% pada Kekuatan dan Kembangkan, selanjutnya Fokuskan 25% pada hal-hal baru, harus terus berubah dan memperbaiki diri, dan kemudian Anda perlu Fokuskan 5% pada Kelemahan, meminimalkan kelemahan tersebut.  Anda perlu menjadi Pribadi yang Berfokus pada Kekuatan dan tidak terlalu terpengaruh pada Kelemahan yang dimiliki.

9.  Generosity (Murah Hati)

Bersyukurlah atas apapun yang anda telah miliki, jangan pernah menyesali sedikitpun.  Anggaplah uang sebagai sumber daya (Resource), bukan sesuatu yang harus dikumpulkan (Collect).  Anda perlu Mendahulukan orang lain dan Membangun kebiasaan member.  Sikap ini adalah Sikap Berkelimpahan yang menjadikan seorang yang efektif.

leader initiative10.  Initiative (Inisiatif)

Tahu akan apa yang diinginkan serta Mendorong diri sendiri untuk bertindak, tidak menunggu orang lain untuk memotivasi.  Motivasi Terbesar selalu berasal dari Diri Sendiri.  Anda harus Berani Mencoba, Berani ambil Resiko dan Tidak Takut Salah atau Kalah.

11.  Listening (Pendengar yang baik)

Jadilah pendengar yang baik untuk para pengikut anda, pelanggan, pesaing, pembimbing.  Orang-orang sekitar Anda adalah Sumber Daya untuk meningkatkan Kepemimpinan.  Listening berguna untuk selalu meng-Upgrade dan menjadikan keputusan Anda bijaksana (Wise Decision).

12.  Passion (Semangat)

Mempunyai semangat yang tinggi, Semangat lebih kuat, meningkatkan kehendak dan keinginan.  Semangat akan mengubah anda, Anda lebih sadar akan pengetahuan dan Semangat mengubah yang tidak bisa menjadi bisa.

13.  Positive Attitude (Sikap Positif)

Sikap menentukan perbuatan, Attitude sembarangan merefleksikan action nya dan Tercermin dari Reaksi dan Interaksi .  Jadilah Pribadi yang Proaktif tidak mudah terpancing Emosi dan Perasaan dalam Mengambil Tindakan.  Sikap yang baik harus dipelihara, akan lebih mudah daripada mendapatkan kembali sikap yang baik.

14.  Problem Solving (Pemecah Masalah)

Mengantisipasikan berbagai persoalan dan Menerima kebenaran, berusaha menjadikan lebih baik.  Melihat gambaran besarnya, tidak terpuruk dengan detil-detil sehingga melupakan hal yang penting.  Tangani problem dan permasalahan satu per satu sampai benar-benar tuntas dan pantang menyerah.

Leave a Reply