21 Kualitas Kepemimpinan Sejati, bagian 1

Kepemimpinan menjadi Faktor Utama dalam Pengembangan Diri dan Karir Khususnya.  Banyak parap Pemimpin Perusahaan Besar masih belajar meningkatkan Kemampuan Kepemimpinannya, karena proses tersebut berjalan selama Anda masih berkutat dengan Organisasi dan Lingkungan.  John C Maxwell menjelaskan tentang 21 Kualitas Kepemimpinan Sejati, seperti Karakter, Karisma, Komitmen dan lainnya.  Anda cukup mencoba mengaplikasikan beberapa diantaranya (jika tidak semua) secara Periodik dan Intensif sehingga Pengembangan Diri Anda dalam Kepemimpinan dapat meningkat.

Apa sajakah Kualitas Kepemimpinan Sejati tersebut, berikut diantaranya:

1.  Character (Perilaku)

Bukan hanya perkataan namun Tindakan, dimana Anda selalu berusaha Walk The Talk, artinya apa yang Anda ucapkan adalah Apa yang Anda Lakukan.  Talenta atau Bakat adalah Karunia namun Karakter merupakan Pilihan, sehingga hanya Anda yang dapat menentukan sejauh mana Karakter Anda berguna bagi Diri Sendiri maupun Lingkungan.  Karakter akan membawakan kesuksesan langgeng bersama orang lain, tidak hanya diri sendiri namun semua Tim Anda.

leader quality2.  Charisma (Wibawa)

First Impression, dari awal sudah menyenangkan, inilah contoh Kualitas Pemimpin Sejati, yakni Menyenangkan sejak Awal.  Tidak meremehkan orang tetapi Menghargai setiap Inputan atau Masukan.  Selalu Memberikan Harapan dan Semangat, Peduli serta Supporting terbuka kepada seluruh orang.  Anda harus Menjadi Pemenang dari setiap yang dikerjakan.

3.  Commitment (Keteguhan)

Komitmen dimulai dari Hati, ketika Anda berkehendak dan Yakin akan sesuatu maka Hati Anda menjadi Pendorong Utama.  Komitmen pada saatnya, dimana ada Action dan diuji oleh Perbuatan.  Komitmen membuka pintu menuju Prestasi, kalau Anda committ à achieve akan mengikuti.

4.  Communication (Komunikasi)

Sederhanakan pesan Anda agar pesan yg disampaikan efektif.  Kesederhanaan jauh lebih baik daripada Ungkapan yang Rumit dan Sulit dipahami banyak orang.  Pandanglah lawan bicara Anda, selalu berorientasi pada Pendengar.  Yang Anda Komunikasikan harus dikerjakan, dan sasaran dari komunikasi adalah Tindakan.

5.  Competence (Kompetensi)

Kompetensi adalah Kombinasi antara Kemampuan dan Ketrampilan yang berguna bagi Organisasi.  Tunjukanlah setiap hari dan Terus memperbaiki diri, mencari cara-cara untuk terus belajar.  Mengikuti dengan baik, tindak lanjuti dengan sempurna dan Inspirasikanlah orang lain, menginspirasi serta memotivasi orang untuk melakukan hal yang sama.

6.  Courage (Keberanian)

Keberanian harus datang dari diri sendiri.  Keberanian Leader menginspirasi komitmen dari pengikut.  Kehidupan berkembang sesuai porsi keberanian, tapi bukan nekat.  Keberanian Anda selalu berdasarkan Analisa dan Perhitungan Matang dari setiap Tindakan.

7.  Discerment (Ketajaman Berpikir)

Intuisi dan Rasional serta mempunyai kemampuan untuk memecahkan akar masalah.  Kemampuan untuk mencari Solusi, Evaluasi.  Melakukan Brainstorming sehingga banyak pendapat yang dapat diberdayakan.

Inilah 7 Kualitas Kepemimpinan Sejati yang dapat Anda pelajari setahap demi setahap.  Anda perlu Memotivasi Diri demi Pengembangan dan Peningkatan Karir Khususnya.  Dalam tahap selanjutnya Anda akan mempelajari 14 Kualitas lainnya dari seorang pemimpin sejati.

Comments
  1. Penerbit Mic | Reply

Leave a Reply