21 Hukum Kepemimpinan Sejati..(bag. 2 habis)

hukum kepemimpinanMelanjutkan 21 hukum Kepemimpinan Sejati..(bag. 1) berikut Anda akan melihat 11 hukum kepemimpinan lainnya menurut John C Maxwell.

11. Hukum Lingkungan Sepergaulan

Potensi Seorang Pemimpin ditentukan oleh mereka yang paling dekat dengan mereka.  Orang sekitar Anda harus memiliki kekuatan dan kemampuan untuk membawa organisasi berdampak besar.  Jika orang sekitar Anda merupakan orang yang tepat maka Potensi Anda akan meroket.  Bangunlah organisasi Anda dengan orang yang tepat sehingga semua memberikan nilai tambah dengan memperhatikan kriteria berikut:

  • Nilai Potensial, mereka yang mampu memimpin dan memotivasi diri sendiri
  • Nilai Positif, mereka yang mengangkat moral dalam tim
  • Nilai Pribadi, mereka yang mampu mengangkat Anda sebagai pendukung sejati
  • Nilai Produksi, mereka yang mengangkat orang lain
  • Nilai yang Terbukti, mereka yang mengangkat orang yang mengangkat orang lain

12. Hukum Pemberdayaan

Pemimpin yang mapan akan mampu memberikan kekuatan kepada orang lain. Pemimpin yang baik adalah yang mampu merekrut orang baik dalam melaksanakan apa yang diinginkannya dan mampu menguasai diri tidak ikut campur tangan sementara orang-orang tersebut melaksanakannya.  Ketika Anda tidak dapat atau tidak mau memberdayakan orang lain maka dipastikan adanya Hambatan dalam organisasi dan berpotensi membuat mereka mengerahkan potensinya di tempat lain.  Beberapa hal yang menghalangi Anda dalam pemberdayaan adalah:

  • Ingin memiliki Kepastian Kerja, sehingga orang yang tampak menonjol tidak boleh menggantikan posisinya.
  • Menolak Perubahan, karena perubahan selalu mendorong pada ketidaknyamanan
  • Tidak Memiliki Harga Diri, sehiubungan mereka merasa berharga ketika berada pada posisi tertentu.

13. Hukum Reproduksi

Dalam kepemimpinan dibutuhkan seorang pemimpin yang dapat mengangkat pemimpin lainnya.  Anda dapat memahami bahwa seseorang menjadi pemimpin lebih banyak ditentukan oleh pemimpin lainnya daripada Karunia Alami dan Situasi Krisis.  Semuanya bermula dari atas, sedemikian tidak mungkin pengikut dapat mengembangkan kepemimpinan dan demikian pula program-program institusional.  Dibutuhkan seorang pemimpin untuk mengenal pemimpin lainnya, memperlihatkan pemimpin lainnya dan mengembangkan pemimpin lainnya.

14. Hukum Kepercayaan

Sebelum Anda sebagai seorang pemimpin berbicara tentang Visi dan Misi kepemimpinan maka perlu adanya Kepercayaan dari orang-orang sekitar yang akan memberi efek besar dalam organisasi Anda.  Pemimpin menemukan impian dan cita-citanya sehingga mendapatkan para pengikut dan Pengikut menemukan pemimpinnya sebelum mendapatkan impian mereka.  Itulah Hukum Kepercayaan dan itulah yang harus Anda bangun dalam kepemimpinan agar efektif.

15. Hukum Kemenangan

Pemimpin adalah yang membawa timnya meraih kemenangan dan akan terus mencari cara agar timnya menang.  Dalam mendapatkan kemenangan perlu beberapa aspek yaitu:

  • Kesatuan Visi
  • Keragaman Ketrampilan
  • Dedikasi Pemimpin untuk Menang

Anda sebagai Pemimpin yang menerapkan Hukum Kemenangan tidaklah memiliki Rencana B dalam perjuangan meraih sesuatu, namun terus fokus pada Rencana A yang sudah menjadi Visi dan Misi.

16. Hukum Momentum Besar

Ketika Anda berhasrat melakukan hal besar dalam organisasi maka jangan pernah melupakan Momentum, yang mana merupakan Sahabat Terbaik seorang Pemimpin.  Momentum adalah pembuat perubahan paling ampuh. Momentum akan membuat Anda tampak lebih baik dan momentum juga membuat para pengikut berprestasi lebih baik.  Kembangkanlah Momentum yang berada disekeliling Anda dan rasakan semuanya tampak lebih mudah

17. Hukum Prioritas

Kegiatan yang Anda lakukan belum tentu menjadi Prestasi, sehingga perlu ditetapkan prioritas dalam semua aktivitasnya.  Dalam kepemimpinan Anda perlu mengatur langkah berikut:

  • Apakah yang diharapkan dari Anda ?
  • Manakah yang  memberikan Hasil Terbesar ?
  • Manakah yang memberikan Imbalan Terbesar

Hukum Prioritas ini mengedepankan Kekuatan dan Potensi terbesar Anda dan Anda perlu lakukan Pendelegasian (Delegating) kepada orang lain sehingga waktu Anda tercurah pada perihal lainnya.

18. Hukum Pengorbanan

Kepemimpinan akan berhasil setelah banyak melalui rintangan dan halangan serta banyak melalui kegagalan.  Semua kegagalan merupakan pengorbanan, dan ketika itu Anda harus siap dengan pengorbanan berikutnya.  Pengorbanan adalah Proses Berkelanjutan dan bukan suatu hal sekali bayar.  Ketika Anda siap menjadi Pemimpin maka Anda akan semakin kehilangan Hak Memikirkan Diri Sendiri dan semakin bertambahnya Tanggung Jawab.

19. Hukum Waktu yang Tepat

Kapan Anda harus memimpin sama pentingnya dengan Apa yang harus diperbuat dan Kemana harus melangkah.  Ada kemungkinan dalam setiap gerakan kepemimpinan yaitu:

  • Tindakan Keliru disaat Keliru dan ini membawa Bencana
  • Tindakan Tepat disaat yang Keliru akan membawa Pertentangan
  • Tindakan Keliru disaat yang Tepat hanya menjadi Kekeliruan
  • Tindakan Tepat dan saat yang Tepat adalah Sukses

20. Hukum Pertumbuhan yang Eksplosif

Dalam Hukum Reproduksi dijelaskan bahwa pemimpin harus dapat mengembangkan pemimpin lainnya dan ini akan berimbas besar dalam menambah pertumbuhan kepemimpinan Anda.  Anda harus memimpin para pemimpin untuk melipatgandakan Pertumbuhan Kepemimpinan.  Inilah yang disebut Matematika Pemimpin dan ini tentu lebih sulit dalam prakteknya karena para pemimpin itu adalah orang yang enerjik dan memiliki jalan sendiri.  Anda harus melakukan pemberdayaan dan pembagian kekuasaan dalam membangun Pertumbuhan Kepemimpinan yang Eksplosif.

21. Hukum Warisan

Kelanggengan suatu pemimpin tergantung dari proses Suksesi yang berjalan.  Keberhasilan Anda dalam memimpin Tim dan Prestasi Besar yang pernah diraih hanya akan sia-sia ketika itu tidak terjadi pada saat Anda meninggalkan organisasi.  Anda akan dinilai pada saat suksesi dalam kepemimpinan.

Segalanya jatuh bangun sehubungan ketergantungan pada Kepemimpinan.  Upaya apapun yang Anda lakukan dan melibatkan orang lain akan berhasil dan gagal sehubungan Kepemimpinan Anda. Ingatlah beberapa kesimpulan berikut:

  • Sumber Daya Manusia sebagai Potensi Organisasi
  • Hubungan yang menentukan Moral Organisasi
  • Struktur yang membuat Besar Kecilnya Organisasi
  • Visi sebagai Arah Organisasi
  • Kepemimpinan sebagai penentu Kesuksesan Organisasi

ikhtisar.com

Leave a Reply