21 Cara menjadi Pemimpin yang Lebih Baik (bagian pertama)

Tidak perlu Anda berpikir tentang roket atau pesawat, karena menjadi Pemimpin yang lebih baik dapat dimulai dengan Langkah-langkah Sederhana.  Apakah yang perlu Anda ketahui tentang menjadi Pemimpin Lebih Baik.  Dikutip dari inc.com, berikut beberapa cara sederhana menjadi Pemimpin yang Lebih Baik.

1.  Matikan Telepon Seluler Anda pada saat Meeting.  Coba lakukan dan rasakan perbedaan yang Anda dapatkan.  Cukup lakukan sesekali dalam sebuah Meeting.  Mematikan Hand phone Anda memberikan kesempatan untuk mendapatkan Wawasan dan Inisiatif baru dari sebuah Pertemuan.

being a better leader 12.  Tatap muka orang lain melalui mata mereka.  Lakukanlah secara konsisten, dengan tatapan yang tenang dan rileks.  Tatapan yang santai namun serius menunjukkan Anda seorang dengan Tingkat Percaya Diri yang tinggi.

3.  Berpikirlah.  Ambil satu jam waktu Anda dalam sehari untuk berpikir, atau pada akhir pekan jika kurang.  Anda cukup Cuma berpikir, Tidak Membaca, Tidak Mendengarkan, Tidak Berbicara, Tidak Makan dan Tidak Minum.  Seolah Anda tengah Bermeditasi, hal ini akan membuat Pikiran Anda makin Leluasa melakukan apa yang diinginkan.

4.  Singkirkan Inbox e-Mail Anda.  Membuka email 2 kali sehari sudah cukup, dan jika Anda terlalu takut akan hal itu, maka ini menunjukkan Anda mempunyai masalah manajemen komunikasi yang cukup serius.  Mulailah mengatur waktu yang tepat dalam menjawab email Anda, seperti Pagi dan Sore hari saja.

5.  Kurang Kosa Kata yang Mempertegas.  Kata-kata seperti “sangat”, “harus”, “mendasar”, “penting” dan lainnya, akan menguras pikiran Anda.  Cukup sampaikan dan ungkapkan keinginan Anda dengan Sederhana tanpa harus melakukan amplifikasi atau penguatan.

6.  Tanyakan pada Orang sekitar Anda, “Apa yang bisa saya bantu”.  Banyak contoh kegagalan Pemimpin, ketika berada dalam lingkungan orang-orang, tidak menyadari bahwa mereka dapat menjadi aset bagi lingkungannya.  Kegagalan terjadi karena merasa posisi pemimpin tersebut bukan untuk mereka.

7.  Tinggalkan Meja Kerja Anda.  Ketahuilah bahwa kenyataan ada diluar sana, dan cari tahulah tentang apa yang perlu Anda lakukan dan perbaiki.  Melulu bekerja dibelakang meja tidak menjadikan Anda seorang Pemimpin yang Handal, dan Visioner, karena setiap Konsep dan Ide perlu Implementasi dan Aktualisasi di Lapangan.

8.  Carilah Keheningan.  Dalam keheningan Anda akan menemukan banyak pengalaman untuk sebuah Peningkatan Kepemimpinan.  Dalam keheningan akan terdapat Ketenangan dan Damai.

9.  Pahami apa yang Anda Asumsikan.  Dalam sebuah Meeting Anda perlu tahu apa pendapat dan asumsi orang lain, sehingga setiap praduga dan pendapat Anda akan selaras dengan mereka.  Mungkin saja mereka akan berguna dan bermanfaat.

10. Ketidakpercayaan sesuatu.  Anda perlu menilai kembali Kepercayaan yang akan diberikan kepada seseorang, tidak setiap waktu.  Namun dengan berpikir ulang akan Kepercayaan yang diberikan maka membuat Kebijaksanaan dan Kedewasaan dalam Berpikir makin Matang.

ikhtisar.com

Leave a Reply