2 Cara untuk Menghancurkan Kepercayaan Atasan Anda

2 Cara untuk Menghancurkan Kepercayaan Atasan Anda

2 Cara untuk Menghancurkan Kepercayaan Atasan Anda

Bekerja dengan nyaman dan aman adalah keinginan dan bahkan kebutuhan setiap karyawan.  Profesional sejati selalu membangun citra diri atau nama baik mereka, dengan menjaga tidak hanya performa kerja namun juga hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja lainnya.  Struktur organisasi sudah pasti akan berisikan atasan dan bawahan, dan diantara hubungan ini akan banyak terjadi komunikasi dan koordinasi.  Selalu menhyenangkan untuk berbicara tentang semua hal yang dapat Anda lakukan dalam karir, tapi kadang-kadang Anda layak berfokus pada apa yang tidak harus dilakukan karena begitu sulitnya untuk memulihkan.

Ada dua cara dimana banyak orang berani merusak kepercayaan di kantor mereke yang hampir selalu fatal dampaknya. Memang tidak hanya dua ini saja, tetapi dua hal inilah yang selalu terlihat dan menjadi hal yang sering terlupakan.

  1. Melakukan dan Menempel Kebohongan dengan Berwajah Tebal

Kesalahan ini biasanya sering karena penggunaan informasi.  Anda berbagi informasi dengan bawahan, dan menyatakan bahwa ini adalah sebuah informasi confidential.  Namun entah mengapa, bawahan Anda mencoba berbagi dengan rekan mereka lainnya, karena menganggap bahwa informasi ini adalah sebuah hal yang lumrah diinformasikan.

Selanjutnya Anda mendengar informasi dari orang lain dan melakukan klarifikasi kepada bawahan apakah benar dia melakukan pembocoran informasi?.  Jika bawahan Anda berkelit dan menegaskan bahwa dia tidak berlaku hal yang dituduhkan, dan jika terbukti kemudian hari apakah Anda akan tetap menanamkan kepercayaan kepada mereka?  Inilah mengapa Kebohongan adalah pemicu pertama yang akan menghancurkan hubungan kerjasama atasan dan bawahan.

  1. Melanggar Janji secara Serius

Tim kuat terbentuk karena adanya hubungan manusia. Kepercayaan selalu mengandalkan satu sama lain dan saling mendukung. Maka komitmen antar anggota adalah sebuah fundamental dalam keberhasilan tim.  Sesulit apapun usaha Anda namun komitmen menyelesaikan sebuah pekerjaan adalah harga mati yang tidak dapat ditawar.

Komitmen adalah janji yang sangat jelas menggambarkan apakah Anda seseorang yang siap menjadi bagian integral dalam sebuah proses ataukah memang akan menjadi hambatan.  Ketika seseorang melanggar komitmen secara eksplisit /berjanji kepada Anda, atau untuk tim mereka, apakah Anda pernah bekerja dengan mereka lagi, atau memberikan mereka referensi baik kepada orang lain?

Kepercayaan adalah sesuatu yang rapuh. Dibutuhkan waktu untuk membangunnya, namun sekali rusak, akan sangat sulit untuk membangun kembali. Mengakui kesalahan Anda adalah langkah pertama yang baik untuk membangun kembali kepercayaan.

Leave a Reply