2 Alasan Besar Lamaran Kerjamu Pantas Ditolak

2 Alasan Besar Lamaran Kerjamu Pantas Ditolak
2 Alasan Besar Lamaran Kerjamu Pantas Ditolak

Ikhtisar.com – Setelah menyandang gelar seorang sarjana, perjuangan masih tetap berlanjut kemasa mencari pekerjaan. Selain berbekal berupa ijazah dan semua keahlianvyang di dapatkan pada bangku kuliah anda juga wajib untuk menyiapkan mental. Tetapi sayang, banyak yang berpendapat bahwa waktu mencari kerja justru menjadi hal yang paling mengerikan. Tidak cukup untuk melamar di 1 atau 2 perusahaan, namun kadang belasan sampai puluhan perusahaan yang di coba tidak satupun yang memberikan kabar gembira. Jangan hanya bersedih apabila anda sedang mengalami hal tersebut.

Ditolak pada saat melamar pekerjaan tentu merupakan suatu pengalaman yang sangat tidak menyenangkan. Bahkan sebagian pelamar kerja dapat merasakan sakit hati setelah lamarannya tersebut ditolak. Padahal seringkali anda merasa sangat berbakat dan memiliki wawasan yang cukup untuk menjalani profesi yang telah dilamar. Tetapi sayang sekali, bukan hanya itu yang dicari oleh tim HRD saat menerima pelamar kerja. Bisa jadi, anda ditolak justru karena kurang mampu untuk menunjukkan kemampuan dan kehebatan di dalam bekerja. Berikut beberapa alasan umum yang membuat lamaran kerja anda pantas ditolak, antara lain :

Surat lamaran yang tidak cukup meyakinkan

Surat lamaran merupakan salah satu hal paling penting pada saat melamar pekerjaan. Mengirim surat lamaran menjadi tahap paling awal dalam proses melamar kerja. Surat lamaran bisa menjadi tiket yang memungkinkan anda untuk mengikuti wawancara kerja pada tahap selanjutnya. tetapi banyak dari pelamar yang justru melakukan kesalahan sejak tahap paling awal ini. Anda mungkin terjebak pada hal yang bersifat klise, tidak menarik atau mungkin tidak cukup spesifik dan bahkan tidak fokus pada surat lamaran yang dibuat.

Melamar di lowongan pekerjaan yang salah

Melamar pekerjaan tentu saja tidak boleh sembarangan. Pekerjaan yang di pilih selayaknya disesuaikan dengan pendidikan yang sudah anda tempuh dan pengalaman kerja sebelumnya. Sebagai contoh, sebagai lulusan Jurusan Ekonomi anda tentu tidak akan melamar menjadi seorang juru masak. Kecuali, bila memang mempunyai pengalaman dalam bidang memasak secara profesional sebelumnya. Untuk menentukan lowongan pekerjaan mana yang dapay dicoba harus dipikirkan secara matang. Bukan hanya sekadar pekerjaan yang anda sukai atau impikan, tetapi harus disesuaikan dengan minat, ilmu, dan juga pengalaman yang dimiliki.

Itulah dua alasan besar lamaran kerja anda pantas untuk ditolak. Membuat lamaran pekerjaan memang tidak segampang yang anda pikirkan, apabila dibuat secara asal sudah pasti akan membuat perusahaan yang dilamar tidak tertarik untuk membacanya. Oleh karena itu sebelum membuat lamaran pekerjaan anda harus mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang telah disebutkan diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang sedang mencari pekerjaan yang cocok.

Leave a Reply