10 Langkah bagi Anda untuk menuju Perubahan Karir Profesional yang Sukses

Anda tertarik pada karir baru dalam pekerjaan? Jika memang demikian, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu mengevaluasi situasi dan kondisi Anda saat ini, untuk mengeksplorasi pilihan karir dan memilih karir yang akan memuaskan untuk Anda.  Karir dalam dunia kerja haruslah menjadi Passion (Gairah, Semangat) hidup Anda, agar sejalan dalam mengejar Cita-cita dan Impian.

Berikut Sepuluh Langkah Menuju Perubahan Karir Sukses Anda:

1.  Evaluasi dan Pahami Kepuasan Kerja Anda saat ini.  Membuatlah jurnal harian terhadap situasi pekerjaan Anda saat ini dan carilah perilaku serta aktivitas berulang. Aspek manakah dari pekerjaan Anda saat ini yang disuka atau tidak disuka? Apakah ketidakpuasan tersebut berhubungan dengan Pekerjaan Anda, Budaya Perusahaan atau Orang-orang dengan siapa Anda bekerja? Penting menemukan Aspek yang terkait dengan Pekerjaan Anda saat ini sebelum memutuskan beralih Fungsi atau Peran Kerja yang baru.

2.  Berikan Penilaian terhadap Minat Anda, Nilai dan Keterampilan yang Anda Kuasai melalui beberapa Personality Test. Tinjau kembali Peran Sukses Masa Lalu, Pekerjaan-pekerjaan Sukarela, Proyek dan beberapa Pekerjaan untuk mengidentifikasi Kegiatan dan Keterampilan yang disukai. Tentukan Nilai dan Keterampilan Inti yang ditangani melalui karir Anda saat ini.

3.  Lakukan Brainstorm ide-ide untuk alternatif karir dengan berdiskusi kepada teman, keluarga, kolega dan konselor. Tidak ada salahnya Anda mencoba mengunjungi pusat-pusat pengembangan karir atau konsultan karir untuk memberikan pencerahan dan wawasan lainnya mengenai seputar pekerjaan.

4.  Lakukan beberapa Evaluasi Komparatif dari bidang-bidang pekerjaan untuk Identifikasi beberapa Target yang Anda harapkan kedepannya.  Lakukanlah dengan Penelitian yang cukup mendalam.

5.  Cari sebanyak mungkin informasi tentang bidang-bidang pekerjaan tersebut dan usahakan menjangkau kontak-kontak pribadi yang terkait demi mendapatkan informasi mengenai wawancara lebih lanjut.

6.  Bayangi para Profesional di bidang pekerjaan yang Anda inginkan untuk mengamati pekerjaan sebagai tangan pertama. Luangkan beberapa Jam dari hari kerja Anda membayangi orang-orang yang memiliki pekerjaan yang Anda minati. Anda dapat melakukan hal ini di kantor dengan mencoba berhubungan kepada orang-orang yang memiliki Job Desc sesuai harapan Anda.

7.  Mengidentifikasi kegiatan relawan dan kegiatan freelance yang terkait dengan target Anda untuk menguji misalnya Minat dan Hobi Anda yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan ekstra.

8.  Selidiki Peluang Pendidikan yang akan menjembatani latar belakang Anda ke bidang baru Anda. Pertimbangkan untuk mengambil kursus malam di Lembaga Pendidikan Lokal setempat. Luangkan waktu satu hari untuk seminar atau pada akhir pekan. Hubungi kelompok-kelompok profesional di bidang target Anda untuk memperoleh saran dan masukan.

9.  Carilah cara untuk mengembangkan keterampilan baru dalam pekerjaan Anda saat ini, yang akan membuka jalan bagi perubahan, misalnya menawarkan diri untuk menulis proposal, menawarkan diri menjadi Pengajar Kelas-kelas Training atau mengikuti Kelas Training yang Ada.

10.  Pertimbangkan Peran Alternatif dalam Industri saat ini Anda bekerja, untuk memanfaatkan pengetahuan yang industri Anda miliki, misalnya Jika saat ini Anda adalah Manajer Pemasaran untuk produk retail maka coba pertimbangkan menjadi seorang Manajer Operasional untuk beberapa waktu dalam seminggu. 

Perubahan Karir merupakan salah satu Pilihan Hidup yang mutlak menjadi Hak dan Kewajiban Anda menjalaninya sebagai Passion of Life.  Karir yang baik seiring sejalan dengan Passion Anda.  Perubahan Karir yang Sukses akan membawa Anda menikmati hidup dengan lebih baik.

Leave a Reply