10 Langkah Memulai Bisnis Meski Tengah Bekerja Full Time

Memulai Bisnis Meski Tengah Bekerja Full Time

Memulai Bisnis Meski Tengah Bekerja Full Time

Ikhtisar.com – Banyak alasan untuk memulai sebuah bisnis, termasuk ketika Anda tidak memiliki waktu karena sedang terikat sebagai karyawan. Kebutuhan yang tinggi dan gaji yang tidak cukup, membuat Anda keluar dari pekerjaan tersebut dan kemudian memulai bisnis. Padahal sebenarnya bisnis dapat Anda mulai meskipun sedang bekerja secara penuh. Selain mendapatkan gaji tetap, Anda bisa menjadikan bisnis sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Untuk lebih jelasnya, berikut akan disampaikan beberapa langkah mudah memulai bisnis.

  1. Pikirkan pilihan dan ide

Pertama kali, Anda harus menuangkan ide ke dalam tulisan, hal tersebut mencegah banyaknya pikiran-pikiran cemerlang yang terlewatkan. Selain itu, Anda bisa menambahkannya dengan cara mencari banyak referensi usaha sampingan yang disediakan di internet maupun buku.

  1. Tentukan tujuan

Menentukan tujuan berarti serius untuk menjalankan bisnis nantinya. Tujuan yang tidak jelas akan mudah digoyahkan ketika Anda mengalami masa sibuk dalam bekerja. Misalnya, dalam 1 tahun Anda harus bisa membeli rumah, maka Anda akan lebih semangat dalam menjalani bisnis tersebut.

  1. Tentukan waktu yang Anda bisa

Anda adalah bos diri sendiri, jadi Anda yang mengetahui waktu yang kosong dan waktu yang tepat untuk melakukan bisnsi tersebut. Sebaiknya pilihan waktu tersebut efektif digunakan sehingga tidak mudah berubah haluan dan menyebabkan Anda tidak konsisten dalam menjalankan bisnis.

  1. Manfaatkan teknologi

Banyak hasil teknologi yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan bisnis. Contohnya adalah media sosial, baik melalui chatting, maupun pesan yang ada di beranda. Jika akun Anda belum banyak dikenal, maka bisa memasarkan bisnsi ke dalam forum-forum yang ada di sebuah situs.

  1. Buang kebiasaan “buang waktu”

Waktu adalah uang, jadi gunakan waktu se efektif mungkin agar bisnsi Anda dapat berjalan dengan baik. Bila perlu kurangi waktu tidur hingga Anda menemukan bisnis apa yang paling menguntungkan. Selain itu, Anda juga wajib untuk mengambil waktu yang terbuang percuma dan dialokasikan ke dalam usaha sampingan tersebut.

  1. Lakukan apa yang kamu suka

Jika Anda termasuk karyawn yang sangat sibuk, usahakan memilih bisnis yang disukai terlebih dahulu. Sebab, Anda akan menjalankannya tanpa beban dan lebih santai untuk pengerjaannya. Misalnya Anda adalah seorang pelukis, maka tekuni hal tersebut dan pasarkan melalui media sosial.

  1. Sharing dan minta pendapat teman dan keluarga

Teman dan keluarga adalah faktor yang mendukung sukses hidupmu. Sebab, mereka yang mengetahui kemampuan Anda sejauh mana dalam memulai bisnis. Mereka juga bisa mencarikan solusi terbaik bagi bisnis yang ingin Anda tekuni sebagai sampingan.

  1. Tetapkan target yang realistis

Untuk memulai sebuah bisnsi, jangan berhayal akan cepat kaya. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah harus memiliki target yang realistis. Hal tersebut juga berfungsi agar Anda tidak mudah kecewa dalam menghadapi kerugian bisnis yang dijalankan. Cobalah untuk membuat target selama 1 bulan terlebih dahulu kemudian berjenjang.

  1. Lakukan research

Sebuah bisnis yang berkembang adalah bisnis yang bisa melihat kebutuhan msyarakat dewasa ini. Misalnya dengan kehadiran banyak smartphone yang mengusung layanan touch screen, Anda bisa memulai bisnsi tempered glass atau flip cover leather.

  1. Catat setiap penjualan, pengeluaran dan keuntungan

Ketika membuat bisnis sampingan, Anda tetap harus menjalankannya secara profesional. Caranya adalah mencatat setiap penjualan, pengeluaran, dan keuntungan dalam satu catatan. Hal tersbut juga berfungsi untuk melihat seberapa besar perkembangan bisnis Anda, apakah layak untuk dilanjutkan atau tidak.

Leave a Reply