10 Kumpulan Rahasia Interview Pekerjan yang akan Meluluhkan Interviewer

10 Kumpulan Rahasia Interview Pekerjan yang akan Meluluhkan Interviewer

10 Kumpulan Rahasia Interview Pekerjan yang akan Meluluhkan Interviewer

Tidak diragukan lagi bahwa interview atau wawancara adalah penentu sebuah keberhasilan mendapat pekerjaan.  Kesan pertama menjadi pembuka, dan 10 menit pertama menjadi penerus, dan ketika Anda sudah melewati beberapa pertanyaan dan mencapai 30 menit, maka Anda telah masuk dalam koridor sasaran bidik atau Kandidat Kuat untuk mengisi lowongan kerja yang ada. Terlepas dari ada tidaknya kandidat yang lebih baik, namun posisi Anda sudah tepat masuk dalam radar InterviewerRahasia dalam sesi wawancara (Interview) untuk meluluhkan hati Pewawancara (Interviewer) adalah sebagai berikut :

1.  Listen (Dengarkan)

Setiap orang lebih suka didengarkan, dibandingkan mendengarkan.  Dalam posisi Anda sebagai pencari kerja atau yang tengah diwawancara, maka pertahankan diri Anda agar bisa selalu mendengarkan dan “menyimak” sebaik mungkin apa yang diucapkan.

2.  Use Appropriate Language (Gunakan Bahasa Sederhana)

Jangan karena ingin tampak JAGO atau HEBAT, Anda menggunakan bahasa-bahasa atau istilah Asing.  Jika memang istilah tersebut harus diucapkan dalam bahasa asing, maka lakukanlah karena tidak adanya padanan kata dalam bahasa Anda. Namun jangan mendominasi percakapan dalam bahasa asing.  Dan gunakan pula pilihan kata dan kalimat sederhana.

3.  Answer Questions (Jawablah Pertanyaan)

Jawablah pertanyaan dengan sebaik mungkin dan jujur. Tidak perlu memanipulasi dan memodifikasi jawaban demi, sekali lagi, ingin terlihat HEBAT atau HANDAL.  Jika pertanyaan tidak dapat Anda jawab, maka jawablah dengan singkat, “maaf, saya tidak tahu”.

4.  Ask Questions (Bertanyalah)

Jika Anda diberikan kesempatan untuk bertanya maka tanyakanlah sesuatu yang sederhana namun strategis, misalkan, “Berapa banyak rencana pengembangan jaringan usaha dalam 5 tahun?”, “Apakah rencana produk baru dalam beberapa bulan berikutnya”?.  Pertanyaan Anda akan mencerminkan Anda sebagai kandidat yang tepat.

5.  Don’t be Desperate (Jangan Putus Asa)

Saat wawancara jika ternyata banyak hal yang membuat Anda tidak nyaman, seperti lama menunggu, atau sesi wawancara dilakukan dalam komite, dan lainnya.  Maka yakinkan diri Anda bahwa tidak ada kerugian sedikit pun meski Anda gagal dalam sesi wawancara ini.  Dengan demikian Anda tidak akan merasa gugup dan reaktif dalam wawancara.

6.  Don’t be Friendly (Jangan sok Akrab)

Jangan menjadikan sesi wawancara sebagai momen keakraban.  Anda tengah diuji apakah layak sebagai karyawan ataukah tidak.  Maka tampilkan diri Anda sebagai seorang profesional, bukan sebagai teman baru.

7.  Don’t Talk too Much (Bicara secukupnya)

Sambungan diatas tentunya Anda tidak boleh banyak bicara.  Bicaralah seperlunya dengan intonasi sedang dan tenang. Bicara yang perlu Anda ungkapkan dan diam manakala tidak perlu.

8.  Body Language (Bahasa Tubuh Tenang)

Meskipun Anda merasa tidak tenang atau tidak nyaman karena sesi wawancara tersebut, namun tetap tampilkan diri Anda sebagai sosok yang mampu mengendalikan diri.  Tunjukkan bahasa tubuh Anda sebagai seorang profesional.  Pelajari bahasa tubuh yang baik dalam percakapan atau komunikasi.

9.  Dress Well (Berpakaian yang Rapi dan Pantas)

Pakaian adalah impresi awal seorang pewawancara terhadap Anda.  Jika Anda fresh graduate, dan belum mapan untuk tampilan Jas dan Dasi, maka cukup lakukan dengan setelan Batik.  Batik sudah menjadi pakaian resmi kantoran.  Hindari penggunaan pakaian casual dalam wawancara, meski tempat tersebut menganut tata cara berpakaian yang bebas.

10.  Gestures (Gerak-gerik)

Bahasa tubuh akan mempengaruhi gerak-gerik anggota tubuh lainnya.  Kuasai diri Anda untuk satu jam atau lebih, demi perolehan karir yang lebih cemerlang.

Rahasia Interview Pekerjan yang akan Meluluhkan Interviewer sudah bukan lagi hal yang sulit dipelajari.  Bahkan pewawancara senang dengan kandidat yang memang mempersiapkan diri dalam menghadapi wawancara.

Referensi : Personality Development by Mindsparkk

Leave a Reply